Rukyah Hilal Tua Shafar 1430 H

Hilal Tua RAA-30
Hilal Tua RAA-30

Selasa (24/2) pagi: Sebagai salah satu aktifitas kauniyah, saya pagi tadi melakukan observasi atau rukyah bulan sabit atau hilal paling tua di bulan Shafar 1430 H. hilal tua adalah bulan pada fase paling akhir sebagai hilal penutup bulan Shafar 1430 H ini. Pagi itu seperti biasa selepas sholat shubuh di masjid As-Syifaa dusun Bendo desa Ketitang, kec. Juwiring, kab. Klaten, saya bergegas ke persawahan untuk rukyah. Hasilnya sebagai berikut…

1. Merkurius – Jupiter – Mars

Sekitar jam 05:00 pagi saya sudah berada di lokasi Rukyah. Waktu itu posisi bulan mestinya sudah terbit, sebab Bulan hari ini terbit 04:51 WIB lalu terbit Matahari jam 05:41 WIB. Dari Bulan terbit sampai terbit Matahari saya GAGAL melihat Hilal Tua ini.

Tetapi sekitar jam 05:03 saya bisa melihat pemandangan indah, yakni Merkurius-Jupiter dan Mars sebagai berikut:

Tiada Hilal, 3 Planet pun OK...
Tiada Hilal, 3 Planet pun OK...

2. Awan Tebal

Gagal melihat Hilal, karena awan memang tebal sampai matahari terbit jam 05:41 WIB. Ini gambar jam 05:40 WIB:

Awan yg menyelimuti area Hilal berada
Awan yg menyelimuti area Hilal berada

3. Laporan ke ICOP

Berikut laporan resmi saya ke ICOP, untuk observasi hilal tua Shafar 1430 ini:

The Old Crescent of Rabi’ul Awwal 1430 AH was NOT SEEN:

1. Date of Observation    : Tuesday, 24 Pebruary 2009
2. Status        : NOT SEEN , the east-horizon was cloudy.
3. Location        : Bendo – Ketitang – Juwiring – Klaten
INDONESIA
Lattitude    : 7° 41′ S
Longitude    : 110° 44′ E
Time Zone    : GMT+7
Elevation    : 98 m
4. Moonrise        : 04:51 LT
5. Sunrise        : 05:41 LT
6. Moon alt @ Sunrise    : 10° 58′
7. Observer         : AR Sugeng Riyadi

best regards,

AR Sugeng Riyadi
Solo – Indonesia
https://pakarfisika.wordpress.com/

Tinggalkan komentar