Blog Guru…?

12th Seamolec

12th Seamolec

Kamis, 19 Feb 2009 lalu saya mengikuti sebuah acara yang cukup mentereng, minimal bagi saya yang masih kuper ini. Nama acaranya saja “Seminar Internasional”. Wouw…bagi seorang guru, acara beginian pasti menarik sekali, apalagi kontribusi cuman Rp 100 ribu. Acara berlangsung dari pagi hingga sore, semua pengantar dan penyampaian materi dalam bahasa Inggris. Hanya yang saya suka, dari sana mendapat link baru, Blog Guru…

HUT ke-12:

Acara ini merupakan puncak dari peringatan hari jadi Seameo-Seamolec yang ke 12 (12th Annivarsary). Seamoeo (Shouth East Asian Ministry of Education Organization-Organisasi Para Menteri Pendidikan se Asean), sedang Seamolec (Southeast Asian Ministers of Education Regional Open Learning Centre/Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan Asia Tenggara untuk Pendidikan Terbuka Jarak Jauh/PTJJ). International Seminar menghadirkan pembicara, masing-masing Prof. Dr. Van Phan Que dari Vietnam, Ir. Joko Luknanto dari UGM, Dr. Agus Maryono juga dari UGM, Mangasa Aritonang dari Seamolec dan Ibu Cahya Kusuma Ratih dari ITB.

Acara sepenuhnya digelar di P4TK atau Poliseni jalan Kaliurang – Sleman Yogyakarta. Acara ini merupakan kerjasama Seamolec, UGM, dan Poliseni Yogyakarta.

Pak Aritonang, dalam Seminar Internasional ICT

Pak Aritonang, dalam Seminar Internasional ICT

Acara juga diselingi penandatangan MuO antara Seamolec dan Vietnam yang bekerja sama dalam meningkatkan bahasa Vietnam bagi Orang-orang Indonesia yang berminat.

Sambutan Direktur Seamolec:

Salam hangat kepada peserta seminar….. 
 
SEAMOLEC yang didirikan pada tanggal 27 Februari 1997 oleh SEAMEO ( Organisasi Menteri – Menteri Pendidikan Asia Tanggara ) pada tahun 2009 ini akan genap 12 tahun. 
 
Sebagai Pusat Pendidikan Terbuka Jauh di Asia Tenggara, SEAMOLEC telah banyak mengembangkan berbagai program, termasuk di dalam program-program inovasi pembelajaran berbasiss ICT yang telah dimanfaatkan berbagai lembaga pendidikan dan perorangan di indonesia dan Asia Tenggara 
 
Dalam dua tahun terakhir, selain pengembangan program berbasis ICT, SEAMOLEC juga telah merintis program “Kemitraan” sekolah-sekolah di Asia Tenggara. Program ini akan terus bergulir karena mendapat respon yang positip dari berbagai sekolah yang sudah berpartisipasi dan beberapa sekolah telah mengajukan permintaan untuk berperanserta.
 
Dalam upaya menyampaikan berbagai informasi terkait perkembangan ICT dalam pembelajaran dan program kemitraan sekolah di Asia Tenggara, maka SEAMOLEC mengambil tema seminar kali ini adalah “Building Foundation for ICT-based Life Long Learning through School Partnership”. Dalam seminar tersebut juga akan dipaparkan berbagai program-program terbaru SEAMOLEC yang merupakan program inovasi ICT, satu diantaranya adalah program game technology untuk pendidikan.
 
Pada akhir seminar akan diluncurkan “Portal JENI” dan “blogguru.net” yang menyajikan berbagai informasi terkait pengembangan game technology untuk pendiidkan dan blogguru.net sebagai media yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan dan berbagi berbagai informasi diantara para guru.
 
Kami ucapkan selamat mengikuti seminar. Semoga bermanfaat bagi kita semua.
 
Terima kasih.
 
Dr. Ir. Gatot Hari Priowirjanto,
Direktur SEAMOLEC

Siang hari dilakukan sharing antar sesama Kepala Sekolah yang pernah melakukan program partnership di negara Asean dan sorenya acara ditutup.

Ini Info bagi para Kepala Sekolah di Seluruh negara Asean, silahkan kontak SEAMOLEC, dijanjikan siap untuk difasilitasi jalan-jalan bersama para guru di negara Asean. Info ini juga berlaku bagi para Guru, para Siswa, dan siapa saj ayang peduli pendidikan.

Tetapi, jer basuki mowo beo, kalau nggak ada dana disarankan minta kantor2 dinas terkait, dan yang sudah RSBI, dana bantuan yang tiap tahun itu ada pos untuk beranjangsana ke negara2 yang menjadi Sister Schoolnya.

SEAMEO-SEAMOLEC:

 SEAMEO SEAMOLEC (Southeast Asian Ministers of Education Regional Open Learning Centre/Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan Asia Tenggara untuk Pendidikan Terbuka Jarak Jauh/PTJJ) yang didirikan pada tahun 2007 merupakan Pusat Pengembangan PTJJ di Asia Tenggara, memiliki empat program utama, yaitu:
 
• Penelitian dan Pengembangan
• Pelatihan
• Layanan Konsultasi
• Informasi
yang kesemua program tersebut berbasis pada PTJJ untuk national maupun international
 
Visi SEAMOLEC adalah menjadi “Pusat Keahlian PTJJ”, sedangkan misi SEAMOLEC adalah “melayani satu juta klien selama 2008-2010” dan membantu permasalahan pendidikan yang ada di Asia Tenggara dengan pendekatan PTJJ.

Alamat Webnya: ( http:\\www.seamolec.org )

Blog Guru…?

Usai ikut acara itu saya langsung buka webnya Seamolec di http://www.seamolec.org. Di sana ternyata memuat banyak info yang sangat berkaitan erat dengan dunia guru. pantas saja ketika di seminar itu banyak datang para guru. Dan pantas saja harga seminar itu murah sekali.

Yang menarik ada blog untuk para guru. Dengan berharap bisa saling tukar link dengan sesama guru di seluruh penjuru tanah air, maka saya langsung mendafatar menjadi salah satu anggotanya yakni ikut buat blog guru itu.

Hanya, kok error ya…

Sampai sekarang pendaftaran saya belum dikonfirmasi, jadi saya nggak bisa akses ke blog yang saya daftarkan itu.

Makalah Nara Sumber:

Bagi yang berminat saya ada makalah para nara sumber Seminar Internasional, sebagai berikut:

  1. Makalah-Workshop-ICT-Dan-CV-VanQue
  2. Makalah-Workshop-ICT-Dan-CV-Aritonang
  3. Makalah-Workshop-ICT-Dan-CV-Cahya
  4. Makalah-Workshop-ICT-Dan-CV-Joko-Luknanto
  5. Makalah-Workshop-ICT-Dan-CV-Gatot-HP
  6. Makalah-Workshop-ICT-Dan-CV-Agus-Maryono

Salam Pendidikan….

Iklan

2 Tanggapan

  1. Pak Ar, cerita ini jadikan saya sendu
    kenapa ya sekolahku tak kuasa begitu?
    tapi up load materinya ditunggu

    Suka

  2. SEAMOLEC mantapp!!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: