Dauroh VI Ilmu Falak RHI-Surakarta

DIF VI RHI-Ska
DIF VI RHI-Ska

Dauroh Ilmu Falak putaran ke-6 Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Falak (LP2IF) RHI Surakarta kembali digelar di UMS pada Sabtu, 11 Juni 2011. Acara ini bertempat di Ruang Seminar Gedung G lantai 2 sayap kanan FE UMS. Kali ini RHI-Ska bekerjasama dengan LPID UMS dibawah komando Ustadz Najmuddin. Beliau memang sudah memesan untuk jadi tuan rumah saat DIF ke-V di PDM kota Ska.

Dauroh kali ini diikuti mahasiswa, dosen, guru, utusan dan pengurus PCM se Solo Raya, juga para pegiat Falak yang tergabung dalam RHI Ska. Acara dimulai jam 09.00 WIB dan berakhir jam 12.00 WIB.

Pemateri adalah Ustadz F. Muzakkin -Koord. RHI-Lamongan dengan materi kajian berupa Aplikasi Ilmu Falak untuk menentukan Gerhana.

Alhamdulillah, acara berjalan sesuai rencana; diawali sambutan dari Ketua LPID UMS, lalu Koord. RHI-Ska, dan sessi inti dipandu moderator, Ustadz Ruswa Darsono (RHI-Karanganyar).

Acara ini secara garis besar adalah teori tentang gerhana, dan praktikumnya  dilaksanakan pada saat Observasi Nasi0nal Gerhana Bulan Total di PPMI Assalaam 14-16 Juni 2011. Jadilah, teori bertemu aplikasinya…

Sebagai korwil, saya sampaikan terima kasih yang tulus kepada Kyai Najmuddin dan Crew, Bu Weni, Pak Anis, dan para Mahasiswa Kelompok Ilmu Falak UMS.

Insya Alloh kita sua lagi pada Dauroh ke-7 di Observatorium Assalaam… 🙂

Download: Materi_DIF-6-Hisab Falak Gerhana 2011-RHI-Surakarta

Putaran Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Falak RHI Surakarta:

Pertama di Masjid Tegalsari

Kedua di Masjid RSIS

Ketiga di PPMI Assalaam

Keempat di PPMI Assalaam

Kelima di PDM Kota Surakarta

Keenam di LPID – UMS

Ketujuh di PPMI Assalaam

Kedelapan di PPMI Assalaam

Kesembilan di PPMI Assalaam

Kesepuluh di PPMI Assalaam

5 tanggapan untuk “Dauroh VI Ilmu Falak RHI-Surakarta

Tinggalkan komentar