Hilal 1 Ramadhan 1432 H

Bayi Hilal Ramadhan 1432 H

Bayi Hilal Ramadhan 1432 H

Meski postingan ini agak terlambat, namun saya berharap bisa memberikan makna bagi Ummat Islam selama melaksanakan ibadah Ramadhan 1432 H ini. Secara resmi Pemerintah RI melalui Menteri Agama RI, setelah mendengarkan laporan hasil Rukyah Hilal di tiga tempat (Gresik, Makassar dan Madura-mestinya juga Jember) dan ditetapkan 1 Agustus 2011 sebagai 1 Ramadhan 1432 H.

Saya masih menunggu dan mencari foto Hilal tanggal 1 Ramadhan 1432 H di Indonesia.

Berikut Foto Hilal tanggal 1 Ramadhan 1432 H, yang diabadikan pada tanggal 31 Juli 2011 di beberapa negara: Afrika, Iran, Yordania, dan USA.

Hilal yang diambil oleh Odeh, yang berwarna abu-abu itu; diambil dengan CCD sekitar jam 13.00 siang. Melihat hasil ini, saya menyesal, saat siang di Solo sangat cerah (sudah saya rencanakan tapi kok ya lupa) namun sayang tidak sempat merekam hilal via CCD. Padahal, metode ini sudah lama digaungkan Mr. Odeh untuk dipraktikkan sebagai model baru pengabadian foto Hilal. Terlalu konsentrasi melihat dan memotret sunspot siang itu….😦

Hilal arstistik adalah diambil oleh sang pakar falak-photography dari Iran mr. Alireza Mehrani.

Hilal tanggal 1 Agustus 2011, memang di USA saat itu sudah maju sehari ketimbang lainnya (sama dengan 31 Juli 2011 waktu Indonesia).

Selamat berpuasa, selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan 1432 H ini…

update data on August 7, 2011 @13:35 LT:

HILAL 1 RAMADHAN 1432 H dari INDONESIA:

1. Laporan Koord. RHI Gresik:
Kondisi horison/ufuk barat cukup cerah, walaupun ada awan-awan tipis. Menurut perhitungan, matahari terbenam di ufuk barat pukul 17:31:17, akan tetapi pada pukul 17:28:45 WIB matahari sudah tidak terlihat karena tenggelam di balik awan yang menutupi horison barat. Arah utara theodolit dikalibrasi dengan matahari beberapa jam sebelum terbenam.

Hilal awal Romadlon 1432 H. terlihat dari bukit Condrodipo Gresik Jawa Timur dengan mata telanjang oleh:
1. M. Sholahuddin
2. H. Inwanuddin
3. Syamsul Fuad
4. Muhyiddin Hasan Basri

Keempat orang yang “mengklaim” melihat hila tersebut adalah anggota tim rukyat LFNU Gresik. Hilal terlihat oleh mereka pada pukul 17:32:36 WIB sampai pukul 17:35:51, yakni 2 menit setelah sunset. Namun demikian dari pengamatan dengan theodolite yang kami integrasikan dengan laptop melalui kamera BENQ DC E800, kami baru mendeteksi adanya seberkas cahaya tipis dari hilal saat detik-detik akhir menjelang terbenamnya bulan, tepatnya pada pukul 17:51:04 WIB.

Karena sebagian dari perukyat ada yang melihat hilal maka sebelum jam 18:00 WIB. sidang penyumpahan saksi yang diajukan oleh Kepala Kemenag Gresik Drs. Agus Thohir dilaksanakan di lokasi rukyat dan sidang dipimpin oleh Drs, Nurul Huda, selaku hakim Pengadilan Agama Gresik.

Saat sidang berlangsung, kami terus mengamati hilal dengan theodolit sampai pukul 18:00 WIB.

Ibnu Zahid Abdo El-Moeid
Koor. RHI Gresik, Jatim

Foto Hilal 1 Ramadhan 1432 H, di POB Condrodipo Gresik:

Hilal 1 Ramadhan 1432 H dari gresik

Hilal 1 Ramadhan 1432 H dari gresik

Bagi yg tidak bisa melihat tanda-tanda atau potongan Hilal…. ini yang disebut KLAIM.

2. Laporan dari Bangkalan Madura

Komentar Pak Mutoha AR, atas Video Streaming hasil rekaman Rukah Hilal di Bangkalan Madura:

Kalau ini “klaim” hilal Ramadhan 1432H hasil rekaman Tim Kominfo-ITB di Bangkalan Madura pada 31/7 lalu. Saya sebut “klaim” karena setiap bukti memang merlukan analisa lebih lanjut, apalagi gambarnya kurang jelas. Apakah ia betul2 hilal atau obyek lain yang menyerupai hilal misalnya awan dsb. Analisa diperlukan untuk mencocokkan ukuran lengkungan hilal terhadap perangkat yang digunakan apakah sudah sesuai. Juga gerak obyek yg di “klaim” sebagai hilal apakah sudah sesuai dengan gerak teleskop yg konon menggunakan tracking (mengikuti obyek) dsb. Sains memang harus “skeptis” to.. (Perhatikan mulai 17:47:20 di atas tulisan Bangkalan-Madura)

Maaf, video saya capture jadi foto sbb:

Hilal 1 Ramadhan 1432 H dari Madura

Hilal 1 Ramadhan 1432 H dari Madura

Bisa jadiitu hilalnya, tetapi kok merah, dan ndak di tengah; atau silahkan bandingkan dengan foto2 yang dari luar negeri di atas.

Wa Alloh A’lam []

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: