Nama Hari atau Tanggal?

Kalau ditanya tanggal 21 April hari apa?, maka jawabnya hari Kartini (banyak yang tahu), kalau ditanya tanggal 22 April hari apa?, maka jawabnya hari Bumi (sedikit yang tahu),

Hari ternyata punya nama. Atau Tanggal yang punya nama. Lihatlah kemarin tgl 21 dan 22 April di atas. Arti sebenarnya hari menurut Wiki adalah :

Hari adalah sebuah unit waktu yang diperlukan bumi untuk berrotasi pada porosnya sendiri. Satu hari terdiri dari siang dan malam.

Satu hari bisa dibagi menjadi unit yang lebih kecil lagi:

Daftar hari dalam sepekan

Selanjutnya tanggal, ternyata data di Wiki adalah sama. Gimana ini…saya pikir perlu ada redefinisi tentang hari dan tanggal yang jelas. Sebagaimisal, hari menurut kalender masehi dan hijriyah berbeda. Hari pada masehi dimulai jam 00.01 dini hari/tengah malam, sementara hari menurut Islam adalah dimulai sesaat setalah adzan maghrib atau saat matahari terbenam.

Makanya, menurut Islam, kata nanti (diucapkan jam 5 sore untuk agenda jam 7 malam) atau tadi (agenda jam 5 sore yang diucapkan pada jam 7 malam), tidak berlaku bila pemisahnya adzan maghrib. Sebutan yang benar adalah besok dan kemarin.

Wa Allhu a’lamu…semoga saya ndak tambah bingung…dsb

Satu tanggapan untuk “Nama Hari atau Tanggal?

  1. Asalamu’alaikum,
    Soal waktu saya juga bingung…
    Saya menggunakan “Nokia 9500 Comunicator” dan ada setting system clock “Current City” dan “Remote city”, setelah saya rubah-rubah.
    ? Device time and calender entries will be changed
    by 18 haur(s) and 0 minute(s)…. ??
    Mana ada didunia ini beda jam 18 ?? bingung… 😀
    Ternyata jawabannya ternyata sederhana, rupanya Nokia menggunakan system pergantian tanggal tepat jam 12 malam.
    Wassalam.

    Suka

Tinggalkan komentar