Arah Kiblat – Syar’i dan Sains

Kiblat:Syar'i-Sains
Kiblat: Syar'i-Sains

Inilah tema yang diangkat dalam Kajian Rutin Tarjih PDM Sukoharjo. Acara berlangsung Ahad, 14 Maret 2010 pagi hingga siang, bertempat di SMK Muhammadiyah Kartasura. Target membahas Arah Kiblat dan sekaligus simulasi agar mudah dipahami bagi segenap warga Muhammadiyah di Sukoharjo.

Rangkaian acara dimulai dengan kalam Ilahi, dilanjut sambutan ketua PDM oleh dr. H. Guntur Subiyantoro, dilanjut Prof. Harun selaku sesepuh, menyanyikan Himne Muhammadiyah; dan giliran saya pada acara inti mengupas tuntas Arah Kiblat ditinjau dari sisi syar’i dan sains.

Sebagai warga Muhammadiyah, mestinya bangga karena pendiri gerakan ini, KH. Ahmad Dahlan adalah salah satu tokoh pembaharu dan korektor arah kiblat masjid Agung Kauman Yogyakarta. Beliau sampai hampir meninggalkan kampungnya karena ‘ulah’nya mengubah kiblat masjid kebanggaan Kerajaan Ngayojo Hadiningrat itu… tetapi hidayah Alloh telah menyadarkan punggawa Keraton, dan misi KH. Ahmad Dahlan akhirnya diterima.

Menjelang dan memsuki 100 tahun Muhammadiyah, persoalan yg barangkali dianggap sepele ini, mestinya menjadi perhatian khusus warga MD. Dan Sukoharjo telah merintis secara nyata. Semua PCM sepakat akan mencerdaskan warganya dengan memiliki ilmu dan alat ukur kiblat, minimal kompas dan daftar jam kiblat (roshdul qiblah).

Sebagian video kajian dan sosialisasi arah kiblat:

4 tanggapan untuk “Arah Kiblat – Syar’i dan Sains

Tinggalkan komentar