Arah Kiblat Masjid Nur Huda – Miri

Arah Kiblat Masjid Nur Huda
Arah Kiblat Masjid Nur Huda

Tak seperti biasanya, kajian Selasa (23/11) malam di Masjid Nur Huda Miri Ketitang Juwiring Klaten menggunakan peralatan lengkap: Laptop, LCD dan Screen serta kompas. Malam biasanya adalah kajian rutin Tahsin dan Tajwid, namun setelah libur dua pekan (Idul Adha) maka kajian difokuskan untuk mempelajari dan mengukur arah Kiblat masjid. Dihadiri sekitar 30 peserta rutin, bertempat di serambi belakang, kajian arah kiblat berlangsung lancar. Dan arah Kiblat Masjid Nur Huda alhamdulillah sudah OK…

 

Arah Kiblat Masjid Miri, OK:

Nama resmi masjid di Miri ini adalah Nur Huda. Dibangun dua lantai, hanya lantai kedua belum difungsikan. Setelah diukur menggunakan kompas, ternyata arah kiblat masjid hanya mengalami sedikit kekurangan, yang masih bisa ditolerir untuk tidak perlu merubah shaff didalam masjid.

Setidaknya, meski sederhan, cara menentukan arah kiblat memang masih langka dipahami ummat, khususnya lapisan dusun. Dan kajian semacam ini ternyata membuat tambahan ilmu yang sebenarnya ndak begitu sulit, demikian kira2 kesan peserta.  “Wah kok ndak dulu2 ya tahu gini….”

 

4 tanggapan untuk “Arah Kiblat Masjid Nur Huda – Miri

Tinggalkan komentar