InOMN 2010 di Assalaam

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Rukyah Bulan di Solo
Rukyah Bulan di Solo

International Observe the Moon Night (Pengamatan Bulan Malam Hari) serempak di seluruh muka Bumi, juga saya gelar di Surakarta. Acara di ikuti oleh seluruh warga CASA dilaksanakan di depan Assalaam Center.  Kita akan melihat dan memotret sang Rembulan malam ini….

InOMN di Solo:

Pengamatan Bulan, Sabtu 18 Sept 2010 @ 17:29 – 23:00 WIB

Lokasi: PPMI Assalaam, depan Assalaam Center

Peserta : Warga CASA dan Umum

Alat: Binokuler, Teleskop, Kamera Digital, Layar LCD, Laptop dan Software Astronomi.

Wajah Bulan:

1. Wajah Bulan 18 Sept 2010 dari Solo, versi StarryNight, adalah sebagai berikut:

Wajah Bulan - SNDD
Wajah Bulan – SNDD

2. Wajah Bulan 18 Sept 2010 dari Solo, versi jepretan Kamera, adalah sebagai berikut:

Ceremonial InOMN 2010:

Selepas sholat Isya’a anak baru bisa berkemas, itupun setelah makan malam. Karena setiap Sabtu selepas Maghrib anak2 wajib ngaji tafsir di Masjid sampai Isyaa. Sekitar jam 21: 00 semua persiapan mulai beres, tinggal mulai acara.

Nah, langit malam di kota Solo, hingga jam 21:12 LT masih tetap mendung, semua wajah langit tidak nampak bintang meski sebuah. Wajah Bulan pun sesekali remang2, sedikit tambah terang di balik gerakan awan yang tebal dan tipisnya tidak merata.

Acara akhirnya diisi penjelasan seputar Bulan; sejarahnya, kondisinya, serta fase2nya. Anak2 juga mendapat penjelasan tentang apa itu InOMN, dan dimana saja acara ini diadakan. Semuanya sengaja saya sampaikan, mengingat sebagai guru, siapa tahu bisa jadi point kalau2 saya minat sertifikasi.

Di akhir sessi, dilakukan praktikum pengamatan Bulan dengan Kamera Digital SLR+Tele, Kamera Digital SLR+Sky-Watcher, dan Bino serta mata telanjang. Sampai sekitar jam 22:30, wajah Bulan tetap malu2 di balik tebalnya awan di langit. Akhirnya acara disudahi dan foto bersama para pengurusnya.

Galery InOMN 2010:


3 tanggapan untuk “InOMN 2010 di Assalaam

Tinggalkan komentar