Software Silsilah (Trah)

Software Trah
Software Trah

Kalau kita orang jawa, bahkan ternyata juga terjadi luar Indonesia, hubungan kekerabatan sangat kental dan di lingkungan kita mengenal istilah TRAH. TRAH saya sendiri tidak tahu asal kata dari bahasa apa, tetapi yang saya fahami itu adalah hubungan antar satu generasi ke generasi sebelum dan sesudahnya yang diikat oleh tali persaudaraan/ikatan keluarga. Berikut ada software yg bisa membantu menghubungkan tali keluarga atau silsilah tersebut.

Kebetulan syawwal lalu saya mendapatkan amanah untuk ngisi di salah satu acara Syawalan keluarga besar Trah dari rekan saya. Di sana saya baru tahu, bahwa acara itu pada intinya akan mengenalkan kepada yang masih muda2, agar mereka tahu siapa sanak famili darijalur bapak dan ibunya.

Nah, saat acara pembacaan daftar keluarga, saking banyaknya…yang membaca bingung; karena hanya diketik pakai MS Word. lain kalau misalnya di ketik menggunakan tabel MS Excel. Saat itu saya ingat ada satu software sederhana yang bisa membantu kita menghubungkan jalur keluarga lengkap dengan data lahir, dan sebagainya…pokoknya OK punya. Namanya Simple Family Tree, atau Pohon Silsilah Keluarga, kira – kira begitu.

Bagi yang berminat, berikut DownLoad Simple Family Tree

Pertama, setelah menjalan program, kita pilih dan buat saja satu individu, misal nama Anda lengkap dengan data pokok lalu SFT (Simpel Family Tree) akan menyimpannya dalam file, dan silahkan pilih lokasi penyimpanannya.

Menu utama data individu pertama
Menu utama data individu pertama

Kalau sudah jadi contoh tampilannya seperti ini:

Preview SFT jadi
Preview SFT jadi

Setelah itu, klik kanan data atau individu yang Anda buat pertama tadi, maka di sana ada item data yang bisa dilengkapi dan akan saling di-link-kan secara otomatis. Bisa dikasih foto lagi…

Data individu plus foto
Data individu plus foto

Menambah data pada individu tinggal klik menu yang dimau lalu isi dan akan di-link-kan, kalau data itu anak, maka akan ditanya ayah dan ibunya ..? Dan kita yang pasti tahu.

Wah pokoknya OK punya, kalau mau juga bisa dicetak.
Bagi yang berminat, berikut DownLoad Simple Family Tree

29 tanggapan untuk “Software Silsilah (Trah)

  1. Ass,thank y bung atas semua info yang di jabarkan di web ini sehingga bisa menolong masalah saya..

    OK m’Mira, You are welcome…salam

    Suka

  2. Assalamu ‘alaikum pak AR. salam kenal. mohon ijin download softwarenya… dan setelah saya coba ternyata sangat membantu saya dalam menyusun Silsilah keluarga saya hingga 5 generasi sebelum saya. Terima Kasih.
    Wassalamu ‘alaikum wr.wb

    wa’alaika…turut senang…salam

    Suka

  3. Saya mencoba buat silsilah online untuk keluarga, sendiri, ada keinginan jika ada waktu akan sy sempurnakan & membuka untuk umum..

    Lihat diosini:trah.komplemen.com, kali aja ada masukan yg membangun
    trims

    Suka

  4. Assalamu ‘alaikum pak AR. salam kenal. mohon ijin download softwarenya… dan setelah saya coba ternyata sangat membantu saya dalam menyusun Silsilah keluarga saya hingga 5 generasi sebelum saya. Terima Kasih.
    Wassalamu ‘alaikum wr.wb

    Suka

Tinggalkan komentar