PTK Fisika : Juara Lomba Riset KBM di Assalaam

Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian Tindakan Kelas

Berawal dari iseng lalu coba agak serius lalu sangat serius karena ada lomba. Dan atas taqdir-Nya yg awalnya iseng justru membuahkan karya. Kala itu ada program dari lembaga berupa Lomba Penelitian KBM internal bagi para Guru. Saya ikut karena memang saya suka dunia riset, apapun materi dan objeknya. Alhamdulillah, dinobatkan jadi pemenang dan dapat hadiah. Kini lomba itu belum digalakkan, semoga ke depan kembali digelar. Guru yang berkarya in syaa Allaah bisa diguGu dan ditiRu🙂

Bicara dunia guru, belakangan sedang inn. Ada UU gudos, Sertifikasi, Impassing, UKG, Pelatihan, PLPG, dan seabrek nomenklatur keren yg saya pribadi ndak dong :p

Namun sejauh yg saya amati, rasanya dunia guru masih terlalu miskin karya dan hasil riset. Padahal bila gurunya.kreatif dan punya karya, para siswanya akan mudah menirunya.

Di sisi lain, tugas seorang guru memang terlalu berat. Dari harus menyiapkan Perangkat Pembelajaran hingga mengajarkan ilmu mengejar kurikulum, lalu melakukan evaluasi dan analisis hasil KBM, dan seterusnya dan sebagainya… Idealnya seorang guru ya hanya menyiapkan materi ajar dan fokus mengevaluasi kbm. Bukan semestinya seorang guru dibebani pembuatan perangkat pembelajaran dengan dalih tertib administrasi…!

Perangkat Pembelajaran idealnya cukup disiapkan oleh tim dan guru tinggal menjakankan saja. Dan model beginian sudah diterapkan di Singapura, di salah satu sekolah swasta. Dan hasilnya, kbm berjalan optimal, para guru dan siswa saling bekerja dan belajar maksimal sehingga mampu meraih prestasi yang secara nasional justru mengalahkan sekolah negeri.

Nah kembali ke karya guru. Sangat banyak bila mau berkarya. Salah satunya adalah PTK. Dengan membiasakan diri dalam nuansa riset, semua proses KBM dicoba untuk didata, lalu diolah dan dianalisa, maka tanpa disadari semua yang pernah dilakukan dan seolah dianggap biasa saja, akan memunculkan temuan2 baru yang dapat diaplikasikan dalam meningkatkan kualitas kbm.

Semester akhir tahun lalu, saya mencoba melakukan proses kbm dgn instruksi verbal. Instruksi ini saya berikan merata dan berulang kali selama satu semester. Instruksi verbal berupa perintah bahwa pada saat semester soal yg dikerjakan hanya hanya berkode. Kode adalah nomor beruoa teks yg menandakan nomor soal yang disipkan di bagian soal yg harus dikerjakan. Soal yang tidak berkode tidak dikerjakan.

Hasilnya untuk kelas putra, 34% mengerjakan dengan benar sesuai instruksi verbal, 66% mengerjakan tidak sesuai instruksi verbal. Untuk kelas putri, hasilnya 77% mengerjakan sesuai instruksi verbal dan sisanya tidak sesuai. Ternyata, perhatian kepada perintah guru pada kelas putri lebih besar.

Riset kecil2 an yang lain juga ada dan dari hasilnya kita bisa menyempurnakan cara mengajar dan mendidik kita sebagai guru agar hasil bisa lebih optimal.

Tahun Pelajaran ini saya juga sedang melakukan riset KBM yg saya namakan “Belajar dari Keyakinan”. Riset akan saya lakukan selama KBM di kelas X, XI dan XII. Utamanya perlakuan di kelas X, lalu uji mental di kelas XI dan uji keyakinan di kelas XII. Hasil baru akan saya releas selepas mereka lulus kelak.Semoga tidak ada aral melintang… In syaa Allaah🙂

Tahun 2009 alias 6 tahun silam saya pernah posting begini, “Sebelum ada program Sertifikasi, saya pernah melakukan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch) di sekolah saya. Kala itu bagi saya iseng saja meneliti KBM yang saya lakukan. Sama sekali tidak pernah berharap kelak untuk ‘modal’ menggapai sertifikasi, sebab saya memang guru dan saya bangga jadi guru. Sekedar share, berikut Laporan Penelitian Tindakan Kelas yg pernah saya lakukan kala itu”.

Selengkapnya silakan kunjungi url berikut:

PTK-Pembelajaran-Fisika/

Link Academia dot Edu berikut by Eka Puspitasari adalah link lain yg berisi Proposal PTK:

Proposal_PTK Pembelajaran Fisika

3 Tanggapan

  1. Assalaamualaykum Ustadz, lama tak bersua..
    masyaAllah tabarokallah salut sama njenengan🙂

    Suka

  2. Amin ya Robb, insyaAllah sawfa naltaqi bi idznillah

    Suka

Tinggalkan Balasan

