Impian Ilmu Falak

Ilmu Falak untuk Guru

Ilmu Falak untuk Guru

Impian kembali diwujudkan Allaah SWT. Saya memimpikan agar ilmu yg konon jadi ‘momok’ di Pesantren yakni ilmu falak dijadikan mata pelajaran bagi santri. Alhamdulillaah dengan dukungan Kepala MA Assalaam, ilmu falak mulai diajarkan kepada para santri di MA Assalaam mulai semester TP 2015/2016 ini.

Program ini diemban oleh PLP yg dikomandani ust. Kaharuddin Azka. Tahap yg dilakukan adalah dengan mempersiapkan tenaga pengajar ilmu falak. Untuk mencapai tujuan ini dilakulanlah ToT Ilmu Falak dengan mengundang 10 tenaga pengajar di lingkungan MA Assalaam.

Pada tahap perdana, ToT dilakukan selama 4 hari dengan mengambil waktu selepas Dhuhur hingga selesai, dijeda Shalat Ashar. Usai mengikuti ToT, diharapkan para guru siap menjadi Trainer ilmu falak bagi para santri.

Tulisan berikut dilaporkan oleh ust Darmawan Rhs:

Jpeg

Ilmu falak merupakan ilmu yang sangat menarik, apalagi jika sudah mengetahui betapa luas penggunaannya. Ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari lintasan benda langit seperti matahari, bulan, bintang-bintang, dan benda-benda langit lainnya dengan tujuan mengetahui posisi benda-benda langit itu serta kedudukannya dari benda-benda langit lainnya (Almanak Hisab Rukyat, BHR RI).

Q. S. Anbiya’: 33 berbunyi:

وهو الّذى خلق الليل والنّهار والشّمس والقمر كلّ فى فلك يسبحون

“Dan dialah yang menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan, masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya”.

Dan Q. S. Yaasin: 40 berbunyi:

لا الشّمس ينبغى لها أن تدرك القمر ولا الليل سابق النّهار وكلّ فى فلك يسبحون

“Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya”.

Mengetahui betapa pentingnya ilmu falak ini, maka layak bagi seorang santri lulusan pesantren untuk mengetahui dasar dari ilmu ini. Oleh karena itu, sebelum membekali para santri dengan ilmu falak, ustadz-ustadzah pun perlu menguasainya.

Jpeg

Rabu, 11 November 2015, diadakan ToT Ilmu Falak untuk Guru MA Assalaam yang bertempat di Laboratorium PPMI Assalaam. Kegiatan yang diagendakan selama empat hari ini dimulai dengan pengenalan sekaligus mempraktikkan perhitungan dan pengukuran arah kiblat. Pemateri ToT kali ini adalah Ustadz AR Sugeng Riyadi yang akrab disapa dengan PakAr Fisika.

TOT Falak MA Assalaam darmaone 2

Dalam praktiknya, para guru diharapkan dapat menggunakan instrumen pengukur arah kiblat, antara lain: kompas, GPS, dan perhitungan dalam software Excel. Dan mensimulasikan software Accurate Times serta Google Earth untuk mengetahui arah kiblat sesuai dengan lokasi yang ditentukan.

TOT Falak MA Assalaam darmaone 4

Hari kedua, Kamis, 12 November 2015. Materi yang disampaikan mengenai awal bulan. Simulasi menggunakan software Accurate Times untuk melihat visibilitas hilal seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Dari gambar tersebut dapat diketahui hilal awal bulan diamati menggunakan alat bantu (teropong) atau cukup dengan mata tanpa alat.

Visibilitas Hilal Awal Safar 1437 darmaone

Pertemuan berikutnya, Sabtu, 14 November 2015, materi yang disampaikan berkenaan dengan waktu shalat. Dijelaskan bahwa penentuan waktu shalat sudah bergeser sehingga muadzin mengumandangkan adzan berdasarkan jam digital waktu shalat yang belum tentu dikalibrasi dengan lokasi di mana masjid tersebut berada.

أَلَمْ تَرَ إِلَى رَبِّكَ كَيْفَ مَدَّ الظِّلَّ وَلَوْ شَاءَ لَجَعَلَهُ سَاكِنًا ثُمَّ جَعَلْنَا الشَّمْسَ عَلَيْهِ دَلِيلًا (الفرقان 45)

Artinya : Apakah kamu tidak memperhatikan (penciptaan) Tuhanmu, bagaimana Dia memanjangkan (dan memendekkan) bayang-bayang; dan kalau dia menghendaki niscaya Dia menjadikan tetap bayang-bayang itu, kemudian Kami jadikan matahari sebagai petunjuk atas bayang-bayang itu,(AL-Furqon 45)

ToT Guru MA Assalaam waktu shalat darmaone (4)

Oleh karena itu, para peserta diberi pemahaman bahwa waktu shalat ditentukan dari posisi matahari terhadap lokasi di mana kita berada, sebagaimana yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

waktushalat_rhi_pakarfisika

Materi terakhir dari ToT ini (Ahad, 15 November 2015) adalah penjelasan mengenai gerhana, baik itu gerhana bulan maupun gerhana matahari. dua fenomena “ajaib” yang tidak setiap bulan bisa kita amati. Salah satu gerhana bulan terakhir yang dapat terpotret dari Observatorium Assalaam adalah foto di bawah ini.

gbt-4april2015-casa-assalaam-pakarfisika

Semoga setelah terlaksananya kegiatan ini, para peserta dapat membekali anak didiknya dengan ilmu falak maupun astronomi sehingga selepas dari PPMI Assalaam memiliki kompetensi yang jarang dikuasai oleh murid di pesantren lain apalagi oleh anak seumurannya.

 

Laporan ust Darmawan Rhs: ToT Ilmu Falak bagi guru MA Assalaam

2 Tanggapan

  1. masih bingung saya mempelajari singkat tentang ilmu falak di artikel ini….sangat beruntungnya yah bisa memplajari ilmu falaq….
    PPM Assalaam dimna itu….???

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: