Pengajian Rutin “Baitul Hikmah” Rumdin Bupati Sukoharjo

Kupas Ilmu Falak

Kupas Ilmu Falak

Rumah Dinas, saya pernah tinggal dan para santri nyebutnya ‘Banteng Takeshi”. Namun bagi pejabat publik, rumdin pasti jadi salah satu target. Duh memang senang bisa tinggal di dalamnya: Free, Fasilitas komplit, dan terjaga ke(ny)amanannya karena tidak semua orang bisa masuk area ini. Sepertinya citra ini tidak selamanya valid. Di Sukoharjo, rumdin Bupati justru jadi ajang berkumpulnya warga minimal dua kali sebulan. Salah satunya untuk Pengajian Rutin ‘Baitul Hikmah’, dan edisi 1 Nop 2015 atas taqdir-Nya, saya berkesempatan berbagi ilmu. Semoga manfaat dan barokah… amiin 19x 🙂

Malam itu (Ahad, 1 Nopember 2015) selepas berjamaah maghrib di Masjid Agung Sukoharjo, mobil bersticker PPMI Assalaam segera meluncur ke simpang lima di pusat kota Sukoharjo. Lokasi ini menjadi salah satu simpang paling rame malam itu krn seperti malam setiap awal bulannya sejak 5 tahun silam – belum pernah terputus – selalu ada agenda istimewa, yakni Pengajian Rutin di komplek rumah dinas Bupati Sukoharjo.

MUI dipercaya Pemkab Sukoharjo untuk mengelola agenda mulia ini, dengan mendatangkan nara sumber untuk memberikan pencerahan bagi warga Sukoharjo yang hadir dalam forum Pengajian Rutin itu.

Menurut H. Ihsan Muhadi, S.Ag., salah satu anggota MUI Sukoharjo bahwa Pengajian ini tidak melihat ormas islamnya, namun melihat ummat islamnya. Semua pimpinan ormas pernah diminta memberikan ceramah di forum ini. Dan meski yang mengisi dari ormas A, namun umat islam dari ormas lainnya tetap antusias hadir untuk menimba ilmu yang disampaikan penceramah. Dan yang luar biasa, meski acara bertepatan malam hari libur (malam Ahad atau malam tanggal merah, misalnya)  para pejabat MUI dan Kemanag senantiasa setia mengawal ummat islam Sukoharjo untuk tetap mengaji di setiap tanggal 1 malam ini.

Pak Ihsan Muhadi yang juga Kasi Pontren pada Kantor Kementerian Agama dan didukung dokter H. Guntur Subiyantoro selaku Ketua PDM Sukoharjo yang menghendaki agar di malam awal Nopember 2015 ini diberikan wawasan yang sinkron dengan momen Pengukuhan Pengurus BHRD kab Sukoharjo, maka tema Pengajian diarahkan pada orientasi Ilmu Falak dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Alhamdulillah, saya berkesempatan menyampaikan 4 hal: arah kiblat, waktu shalat, awal bulan dan gerhana. Di sela pengajian, saya sampaikan quiz dan ada doorprize bagi yang bisa menjawabnya. Doorprize nya berupa alat peraga ilmu falak yakni ‘kipas ajaib’ peta langit, fase bulan dan kacamata matahari. Kacamata matahari ini sangat penting, krn tahun depan kita akan jadi ‘tuan rumah’ fenomena alam langka yakni Gerhana Matahari Total, pada Rabu pagi tgl 9 Maret 2016.

Dalam kesempatan pengajian, saya sampaikan tentang urgennya BHRD dan juga saya singgung bahwa tahun depan BHRD akan canangkan gerakan Shalat Gerhana di Sukoharjo. Minimal warga kabupaten Sukoharjo sudah persiapan sejak 1 Nop 2015.

Senang juga melihat jamaah bersemangat dan antusias, karena quiz hanya ada 4 dan waktu juga terbatas, maka tepat pukul 21:30 WIB pengajian saya tutup dengan do’a atas permintaan MC.

dan…. usai Pengajian, seluruh jamaah berjabat tangan dengan Bapak dan Ibu Bupati…. []

#dok: by Mas Zaky Abu Yassin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: