Kajian Ayat Kauniyah di Abu Bakar Ash-Shiddiq

Kajian Ayat Kauniyah

Kajian Ayat Kauniyah

Bertempat di masjid Abu Bakar Ash-Shiddiq Forum Komunikasi Para Takmir Masjid desa Gonilan menggelar Kajian khusus mengupas Ayat-Ayat Kauniyah, pada Selasa 20 Oktober 2015 selepas Isyaa sampai pukul 21:30 WIB. Peserta adalah para penguus Takmir Masjid se-desa Gonilan yang diketuai ust Drs. Joko Pramono. Al-hamdulillah kakaknya-adik saya diminta memberikan uraiannya. Semoga manfaat dan memberikan inspirasi… aamiiin

Seperti biasa, kajian diawali dengan pertanyaan: (Secara Hijri) Malam ini tanggal berapa? Malam ini hari apa?

Para jamaah yang semuanya para pengurus Takmir Masjid adalah garda depan kemakmuran masjid di desa Gonilan, Kartasura, kabupaten Sukoharjo ini. Jawaban atas pertanyaan pertama beragam; ada yg menjawab tanggal 20, tanggal 8, tanggal 7 dan saya jawab tanggal 6. Kok tgl 6? Ya, karena malam ini saya lihat bentuk Bulan masih cekung. Andai bukan paling tinggi mestinya tanggal 7. Lihat foto Bulan malam ini:

Bulan usia 6 hari,...

Bulan usia 6 hari,… menjelang tgl 7. Ini secara observasional.

Jawaban atas pertanyaan kedua juga beragam; ada yang menjawab hari Selasa, Selasa malam, malam Rabu, dan saya jawab Rabu malam. Kok Rabu malam? ya, karena hari dimulai pada selepas Maghrib, jadi saat Kajian ini sudah masuk hari Rabu, namun waktunya bukan lagi siang tetapi malam. Jadi Rabu malam..!

Kok bukan malam Rabu? Sebab malam Rabu mengidentifikasikan bahwa hari masih Selasa atau belum masuk Rabu krn disebut malam Rabu.

Usai quiz, saya lanjut dengan penyajian simulasi tentang betapa kecilnya kita dan betapa besar alam semesta, dan betapa Maha Agung nya Allaah SWT.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Di bagian akhir saya sarankan semua Masjid di Gonilan diverifikasi arah kiblatnya, dan dimintakan Sertifikat Arah Kiblat dari Kantor Kemenag Kab. Sukoharjo, yang BHRD nya sudah terbentuk. Dengan dimilikinya Sertifikat Arah Kiblat bagi setiap masjid, akan menambah kemantapan para jamaah dalam mendirikan shalat dan beribadah di dalamnya.

Wa Allah a’lam []

Satu Tanggapan

  1. Asalamu’alaikum. Saya baru melihat video waktu bapak di wawancarai mengenai geocentris.

    Saya ingin silaturhami dengan pakar fisika.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: