Dauroh XIII Ilmu Falak RHI-Surakarta

DIF XIII - RHI Ska

DIF XIII – RHI Ska

Alhamdulillah, DIF putaran ke XIII kembali bisa terlaksana. Di medio bulan September 2015, tepatnya Senin, 30 Dzulqo’dah 1436 H bersamaan dengan tanggal 14 September 2015 M; LP2IF RHI Surakarta bekerjasama dengan Dewan Kyai PPMI Assalaam menggelar serangkaian acara untuk mengkaji ilmu falak. Acara dipusatkan di PPMI Assalaam, teori berupa Seminar dan praktikum berupa rukyah hilal.

Acara diikuti utusan Takmir Masjid sekitar PPMI Assalaam dan ummat Islam se Solo Raya peminat ilmu falak juga para guru PAI PPMI Assalaam. Acara bertujuan memberikan wacana kepada para peminat ilmu falak di Solo Raya untuk persiapan memasuki bulan Dzulhijjah 1436 H.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

DIF kali ini menghadirkan Direktur LP2IF RHI dan Anggota BHR Kemenag RI, Drs. Mutoha Arkanuddin.

DIF adalah wahana bagi ummat Islam Solo dan sekitarnya untuk mengkaji dan mengembangkan ilmu falak. Semoga dengan DIF yang rutin tiap bulan digelar di Solo ini, wawawan Ummat Islam tentang Ilmu Falak semakin tercerahkan.

Seminar Ilmu Falak:
Seminar dilaksanakan di Meeting Hall PPMI Assalaam dimulai selepas Dhuhur dan berakhir saat berkumandang adzan Ashar. Materi berupa paparan tentang cara menghisab awal Dzulhijjah 1436 H dengan markas beberap pusat rujukan : Mekkah, Pelabuhan Ratu Jawa Barat, dan Kauman Yogyakarta. Semoga dengan simulasi hisab ini para peserta bertambah wawasannya ttg peran ilmu hisab dlm penentuan taqwim hijriyah.

Dalam Seminar juga dipaparkan simulasi observasi hilal dan pemantapan tentang pemahaman hilal agar tidak terkecoh dng hilal (sabit) nya objek kain semisal planet Venus.

Seluruh materi diakhiri dengan Tanya-Jawab. Pemateri utama adalah Pak Mutoha Ar, namun krn kendala teknis akhirnya saya gantikan he he …

Praktikum Ilmu Falak:

Selepas shalat Ashar, semua peserta dipersilakan menuju Observatorium dan melanjutkan sessi kedua yakni praktikum menggunakan alat2 ilmu falak dan mencoba melihat Hilal awal Dzulhijjah.
Beberapa alat diperkenalkan, termasuk pemakaian Thedolit untuk menentukan Arah Mata Angin sejati. Juga diperagakan cara pengoperasian Digital Telescope. Disediakan juga Binokuler dan bbrp teleskop analog.

Pemateri sessi praktikum yang utama adalah saya sendiri, namun kuserahkan ke pak Mutoha Ar ..🙂

In syaa Allaah sua kembali dalam DiF putaran berikutnya.

Semoga bermanfaat. Amien….. 19x

[]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: