KBM model K15

Belajarlah yg tekun, Nak..!

Belajarlah yg tekun, Nak..!

Tahun Pelajaran 2015/2016 ini saya sebagai guru IPA Fisika di MA PPMI Assalaam mendapat tugas mengajar di kelas X-3 MA. Kebetulan kelas X-3 ini semuanya santriwati. Dan hanya di kelas X-3 itu saja semester gasal dan in syaa Allah berlanjut di semester genap TP 2015/2016 ini. Jadwal saya setiap Selasa jam ke-4 dan Rabu jam ke-7 dan 8. Pesanku pada mereka,”Belajarlah dengan tekun..!”

Setiap memberi materi, saya membiasakan memberikan selingan kepada anak2 biar mereka tambah semangat begicu…:-)

Berikut salah satu selingan:

Memang kurikulum disusun dengan maksud agar kualitas tercapai secara sistematis, karena materi tersampaikan juga dengan cara runtut. Namun bila yang terjadi belum sesuai cita, maka kemungkinan ada error di sana.

Saya hanya memberikan materi seperti apa yang sudah ada dalam Perangkat Pembelajaran, seperti umumnya guru2 lah. Namun, saya ndak pernah menargetkan materi tuntas secar rigid.. Karena melihat tebalnya buku, dan satu santri ternyata punya 3 buku…wouw :p .. Sepertinya saya ndak mampu dan bukan model saya menyampaikan materi atu-atu dari buku ditransfer ke memori otak anak didik. Lalu, begimane..?

Saya pasang model sendiri: materi mereka yang membaca, lalu saya cuma membantu memberikan semangat agar mereka yang belum faham menjadi faham, yang sudah faham semakin memahami… seperti cara ngajar guru nya para guru lah :

Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Apa kelebihan model K15 ini? Nanti di akhir Tahun Pelajaran, setiap kelompok akan menelorkan karya nyata.

Itulah Kegiatan Belajar Mengajar model K15. Semoga masa depan negeri ini lahir dari para wanita yang masih suci dari percaturan ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan yang kini sedang ‘carut-marut’ ini…

Amiiin … 19x

Tinggalkan Balasan

