Wisuda Santri Assalaam Angkatan IV

Wisuda Assalaam ke-IV

Wisuda Assalaam ke-IV

Senin 13 DzulQo’dah 1411 H bertepatan tanggal 27 Mei 1991 M, bertempat di Gelora Assalaam, telah digelar Wisuda dan Perpisahan Santri Kelas III MA PPMI Assalaam. Hari itu merupakan momen bersejarah yang sangat sulit saya lupakan. Hari itu saya dan teman2 diwisuda dan dilepas sebagai alumnus pertama PPMI Assalaam yang genap menjadi santri 6 tahun, dan sebagian 4 tahun. Itulah Wisuda angkatan IV…

Wisuda Terbaru:

Hari ini, Sabtu 18 April 2015 merupakan momen bagi murid2 saya untuk berbagi kebahagiaan bersama keluarga masing-masing. Sabtu (18/4) pagi – siang telah dilaksanakan prosesi Wisuda dan Pelepasan Santri Kelas VI Angkatan XXVIII PPMI Assalaam.

Dinyatakan ada 3 santriwan yang berhasil menjadi seorang hafidz (hafal di luar kepala) kitab suci Al-Qur’an 30 juz.. (bukan cuman juz 30 lho..🙂 )

Gladi Bersih Sebelum Acara Inti (foto: Darmawan Rhs)

(foto: Darmawan Rhs)

Wisuda Doeloe:

Saya termasuk yang menjadi peserta dalam prosesi wisuda tempo doeloe, yakni pada Senin 13 DzulQo’dah 1411 H bertepatan 27 Mei 1991 M. Kala itu nama acara bukan setingkat PPMI Assalaam, namun setingkat MA (Madrasah Aliyah) PPMI Assalaam.

Acara waktu itu sangat sederhana, selain prosesi wisudanya secara simbolis oleh pak Kyai, acara yang beesentuhan dengan akademik adalah pembacaan prestasi santri MA Assalaam kala itu yang mendominasi hasil perolehan nilai Ujian Akhir se Kabupaten Sukoharjo. Alhamdulillah saya masuk 10 besar. No 8 dan 9 kalau ndak salah dari luar MA PPMI Assalaam, tetapi mulai no 1 – 7 semua diraih MA Assalaam.

Tuh, saya masuk 10 besar :-)

Tuh, saya masuk 10 besar🙂

Seremonial sederhana, pakaian sederhana- baju putih, celana panjang hitam berdasi (kayak pakaian sinoman ha ha) dan undangan hanya diketik pakai mesin ketik lalu diperbanyak dengan mesin stensil.

Kebetulan saya didapuk jadi Ketua Panitia Wisuda dan Pelepasan Santri kelas III MA Assalaam kala itu… dan Allah SWT mentaqdirkan arsip surat undangan masih saya simpan. Undangan ini sebenarnya atas nama (Wali dari) Anas Sidiq. Undangan terdiri dari dua lembar, lembar pertama berisi undangan, dan lembar kedua berisi daftar susunan acara yang kala itu disebut Time Table dst…

Acara inti yakni Wisuda dan Pelepasan dilaksanakan pada malam hari di Gelora Assalaam. Usai acara inti, lalu wisudawan (atau alumni) beserta wali masing2 menuju lantai 2 gedung SMA kala itu, kini Kantor Assalaam, untuk beramah tamah dengan Pengurus Yayasan dans tafnya.

Acara malam kemudian lanjut dgn istirahat di asrama, dan pagi harinya (Selasa, 28/5/1991) diakhir kirab dan pamitan…. pulang dan ndak ke pondok lagi sebelum menjadi “manusia”.

Unsangan Wisuda Angkatan IV

Unsangan Wisuda Angkatan IV

Lampiran Undangan Wisuda Angkatan IV

Lampiran Undangan Wisuda Angkatan IV

Acara begitu khidmat, karena dilaksanakan pada malam hari dan di ruangan yang selalu digunakan untuk mendirikan Shalat lima waktu. Seperti biasa, karpet merah menjadi medan yang harus dilewati para wisudawan/wati. Melalui karpet merah ini masa depan seolah sedang menanti… meski kala itu blm tahu besok mau jadi apa… Pokoknya bersyukur bisa lulus, meraih 10 besar se-kabupaten dan disaksikan seluruh adik2 kelas…

Selamat Tinggal dan Terima Kasih Assalaam,

Selamat Tinggal dan Terima Kasih Assalaam,

Dan, bukan hanya di era kini saja. Pada zaman dahuluuuu, juga sudah ada “selfi”. Nah, kala itu saya berfoto bersama Muhammad Fadhil asal Aceh-adik kelas dan Aziz Luqman asal Magelang – teman se kelas. Kita bertiga memang ada mmemori khusus, karena sama2 menjadi pengurus OP3MIA bagian Penerangan, menjadi pembantu Ketua OP3MIA putra (kak Fatkhul Zuhdi dan tim) dan juga menjadi pembantu Ketua OP3MIA putri (kak Farida Hayati dan tim).

Selfi: Saya, Fadhil, Aziz Luqman

Selfi: Saya, Fadhil, Aziz Luqman

Malam itu, Senin 27 Mei 1991, acara yang juga ndak terlupakan adalah makan ayam bakar di lantai 2 kantor Assalaam…. lalu malamnya istirahat, dan pagi harinya Selasa (28/5/1991) acara biasa, bangun shubuh, MCK, lalu jam 07:00 menuju depan Gelora untuk kirab dan berpamitan kepada semua penghuni Ma’had dengan rute akhir pintu gerbang Ma’had…. lapas tuuuuh semua sudah jadi alumni dan menunggu kembali ke daerah asal masing-masing. Saya menunggu di depan pos satpam…

Detik-detik sebelum go home :-)

Detik-detik sebelum go home🙂

Semoga Istiqomah:

Mangayu bagiyo kebahagiaan adik2 alumni terbaru (2015) yang sebagian adalah murid2 saya baik di kelas maupun di CASA (Club Astronomi Santri Asalaam), saya berpesan satu hal saja:

Istiqomah…!

Inilah pesan yang selalu saya sampaikan ketika ada adik2 alumni minta nasehat dan saran tuk mengapai masa depan. Yaa sebab kata “Istiqomah” itu mudah diucapin namun terlalu amat angat sulit dilaksanakan… tetapi kalau kita mampu,makamasa depan dijamin cerah… maka ya itu yang saya sampaikan juga kepada mBak Fatma dan mBak Nabila usai diwisuda di Gelora pada Sabtu (18/4) saat pamitan ke Bapak dan Ibu di Lab.MIPA.

mBak Fatma adalah mantan Ketua CASA (Club Astronomi Santri Assalaam) putri. mBak Nabila adalah Ketua Perkisa OPPPMI Assalaam putri. Dua2nya aktifis ilmu2 kauniyah.

Pesan serupa juga saya sampaikan kepada para alumni baru, baik yang sempat sua maupun yang belum sempat sua. Ada mas Aziz Fajar, mas Zaky Khaitami, dll. Ada mBak Dwi, mBak Shasha, dll. Saya sebenarnya berniat mengikuti seremonial Wisuda pada Sabtu 18 April2015 pagi-siang, namun tugas mengajar pada jam yang sama serasa berat saya tinggal. Selamat atas prestasi kalian…. Semoga Allah SWT memberkati ilmu kalian…🙂 (y)

Selamat Berjihad semoga Istiqomah

Selamat Berjihad semoga Istiqomah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: