Gerhana Di Tahun 2015

GBT 4 April2015

GBT 4 April 2015

Ada fenomena tahunan yang selalu menghampiri kita di setiaptahunnya, yakni Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari. Untuk tahun 2015 ini, akan ada 4 kali fenomena gerhana, yakni GMT di bulan Maret, GBT di bulan April, GMS dan GBT di bulan September. Dari Indonesia, kita hanya kebagian GBT pada 4/4 saja.

Gerhana Bulan selama 2015 yang bisa kita saksikan dari wilayah Indonesia hanya Gerhana Bulan Total (ada yang sebut Gerhana Bulan Sebagian) pada tanggal 4 April 2015, selepas Matahari terbenam sampai sekitar pukul10 malam.

GBT terlihat di ufuk timur, sesaat setelah Bulan terbit dengan posisi sudah gerhana. Sebenarnya proses gerhana sudah terjadisejak pukul 16:03 WIB, namun posisi Bulan masih berada di bawah ufuk timur.

Gerhana Bulan Total pada tanggal 4 April 2015 ini akan nampak di sebagian besar wilayah Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia serta sebagian wilayah Australia. Pantai timur Amerika Serikat akan bisa menyaksikan gerhana sebelum Matahari terbit, sementara kawasan Asia Selatan akan mengalami gerhana setelah Matahari terbenam. Nah, kita yang di Indonesia insya Allah akan bisa menyaksikannya selepas ghurub (sunset).

Gerhana akan berlangsung selama 3 jam dan 29 menit dari awal sampai akhir. Bulan akan benar-benar terhalang (mengalami fenomena totalitas) selama sekitar 5 menit.

Simulasi GBT:

Berikut simulasi GBT pada 4 April 2015 via StarryNight Pro, bila kita saksikan dari wilayah Solo Raya:

 Semoga bermanfaat
[]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: