Kelahiran Nabi SAW

kapan Rasul SAW Lahir?

Kapan Rasul SAW Lahir?

Rasulullah SAW dilahirkan di tengah keluarga Bani Hasyim di Mekkah pada hari Senin, tanggal 9 Rabiul Awal di permulaan tahun dari peristiwa Gajah atau bertepatan tanggal 20 atau 22 April 571 M. Lho bukan 12 Rabiul Awal? ya inilah hasil riset ulama ternama Muhammad Sulaiman Al-Manshurfury. Mana yag benar, tanggal 20 atau 22 April,?

 

Kapan Rasul SAW dilahirkan?

Tahun Kelahiran: Ulama sepakat bahwa kelahiran beliau adalah pada tahun Gajah, seperti pendapat Ibnul Qayyim dalam Zaadul Ma’ad,

لا خلاف أنه ولد صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بجوف مكّة ، وأن مولده كان عامَ الفيل .

“Tidak ada khilaf di antara para ulama bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lahir di kota Mekkah. Dan kelahirannya adalah di tahun gajah.”

Bulan Kelahiran: Ada yang berpendapat bahwa nabi SAW lahir bulan Rabi’ul Awwal, seperti pendapat Ibnu Hazm. Ada pula yang berpendapat beliau dilahirkan pada bulan Ramadhan, ada pula yang menyatakan pada bulan Shafar. Penelitian para ahli falak/astronom bahwa hari lahir nabi SAW bertepatan dengan bulan Rabi’ul Awwal. Dan inilah yang dinilai lebih tepat.

Hari Kelahiran: Hari kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah Senin. Dalilnya,

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (HR. Muslim no. 1162)

Tanggal Kelahiran: Ibnu Hazm berpendapat beliau lahir tanggal 8 bulan Rabi’ul Awwal. Namun ada pula yang berpendapat nabi SAW lahir pada tanggal 10 Rabi’ul Awwal. Jumhur (mayoritas) ulama berpendapat bahwa nabi SAW lahir pada tanggal 12 Rabi’ul Awwal. Sedangkan astronom/ahli falak menyatakan bahwa hari Senin, hari lahir nabi SAW bertepatan dengan tanggal 9 bulan Rabi’ul Awwal tahun Gajah. Terakhir inilah pendapat yang dinilai lebih tepat.

Lalu bagaimana dengan tanggal 12 Rabi’ul Awal? Jumhur ulama menyatakan, tanggal 12 Rabi’ul Awal justru tanggal dimana beliau meninggal dunia.

Nah, jikalau demikian mana yang mau diperingati pada tanggal 9 atau 12 Rabi’ul Awwal; tanggal lahir atau wafat beliau? –sumber: http://islamqa.info/ar/147601

Beragam pendapat ulama tentang kapan Rasul SAW dilahirkan dan diwafatkan, silakan rujuk ke banyak referensi atau salah satunya ke link Ma’had Al-Khoirot Malang ini:
http://www.alkhoirot.net/2012/03/tanggal-kelahiran-dan-wafat-nabi.html

Awal Rabi’ulAwal 1436 H

Visibilitas Hilal RabiulAwal 1436 H

Visibilitas Hilal RabiulAwal 1436 H

Saat saya tulis risalah ini, hari ini Jumu’ah, 02 Januari 2015 bertepatan dengan tanggal 11 Rabi’ul Awal 1436 H selepas jum’atan. Selepas maghrib nanti sudah masuk tanggal12 Rabi’ul Awal 1436 H. Nah, konversi tanggalan ini adalah versi hisab Wujudul Hilal dan Imkan Rukyat, karena pada saat terjadinya konjungsi pada tanggal 22 Desember 2014 jam 08:36 WIB, tinggi Hilal sore harinya sudah sekitar 3 derajat 10 menit 10 detik bila dihitung dari markas Pelabuhan Ratu, Jawa Barat Indonesia. Dan tanggal 1 Rabi’ul Awal 1436 H sesuai dengan 22 Desember 2014 selepas maghrib.

Namun, versi Rukyat murni, karena pada ketinggian Hilal di sekitar 3 derajat masih sangat suliiit dirukyat dengan teleskop canggih sekalipun. Maka, tanggal 1 Rabi’ul Awal 1436 H diistimalkan, sehingga mundur sehari dari tangal 22 Desember 2014 selepas maghrib.

Berikut Hilal Awal Rabiul Awal 1436 H yang berhasil diabadikan oleh Muhammad Farid Fofana dari France, pada tanggal 22 Des 2014 silam.

Hilal 1 Rabiul Awal 1436 H

Hilal 1 Rabiul Awal 1436 H

Versi Hisab: 12 Rabi’ul Awal 1436 H ~ Jum’at, 2 Januari 2015 selepas maghrib.

Versi Rukyat: 12 Rabi’ul Awal 1436 H ~ Sabtu, 3 Januari 2015 selepas maghrib.

Bila mengambil tanggal 9 Rabi’ul Awal untuk peringatan maulidnya, maka juga akan sama kasusnya karena awal Rabi’ul Awal 1436 H ini berbeda sesuai kriterianya.

Ini bagi yang meyakini bulan lahirnya nabi SAW pada Rabi’ul Awal. Bagi yang yakin dengan lahirnya nabi SAW pada bulan Ramadhan, atau Shafar, ….

Hemat saya, peringatan maulid nabi SAW hakikatnya adalah kita mengenal kapan beliau dilahirkan, kapan beliau diwafatkan, dan yang paling utama: mengapa beliau diutus untuk kita…

Mari kita tegakkan ajaran Rasulullah SAW …!

Mari kita hidupkan sunnah-sunnah Rasulullah SAW…!

 

 

#salam_ukhuwwah @pakarfisika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: