Tahun Tidak Pernah Baru

Tahun Baru?

Tahun Baru?

Saya mohon maaf bila berseberangan dengan kebanyakan orang dalam memandang pergantian tahun. Sebagian kita melihat bahwa pergantian tahun itu ada karena ada tahun lama dan akan diganti tahun yang baru. Nah, saya selama ini hanya penasaran saja, orang pada begitu antusias me’raya’kan datangnya tahun baru dan perginya tahun lama. Padahal…

 

Tahun 2014 telah berlalu, dan tahun 2015 segera hadir. Kapan sih sebenarnya yang namanya tahun 2014? dan kapan pula tahun 2015?

Selama ini kita mengetahui lewat kesepakatan,bahwa tahun 2014 adalah rentang waktu antara 1/1/2014 s/d 31/12/2014. Begitu pula tahun 2015 adalah rentang waktu antara 1/1/2015 s/d 31/12/2015.

Nah, dari ini saja kita jadi mafhum judul tulisan ini, karena kalau ada tahun baru mustinya ada bulan baru plus ada pula hari baru. Dan itu musti dimeriahkan pula. Lalu mengapa hal itu tidak dilakukan..? Terlepas dari berbagai kepentingan ‘politis’, mayoritas kita tidak menyadari bahwa kita hidup ini berada dalam dimensi waktu. Waktu adalah makhluk yang ada seiring hadirnya kita dan akan membuat kita bertambah tua dan bertambah renta sampai akhirnya binasa, karena waktu tidak pernah berjalan mundur.

Salah satu cara manusia memahami keberadaan waktu, diciptakannya sebuah ‘kalender’.

Apa sih Kalender itu?

Menurut KBBI, kalender adalah daftar hari dan bulan dl setahun; penanggalan; almanak; takwim; 2 jadwal kegiatan di suatu perguruan atau lembaga.

Sampai detik ini, diperkirakan masih ada sekitar 40 jenis kalender yang dipakai umat manusia di muka Bumi ini. Ke semua kalender ini terbagai dua, yakni yang disusun secara astronomis berdasarkan pergerakan benda langit (Matahari dan Bulan), dan asal disusun meski tidak astronomis. Kalender masehi adalah kalender dengan patokan gerak Matahari.

to be continued…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: