Ukur Kiblat Masjid At-Taqwa, ‘kurban’ Jalan Tol

Ukur Kiblat Masjid At-Taqwa

Ukur Kiblat Masjid At-Taqwa

Rabu, 8 Mei 2013 Kepala Kemenag Kabupaten Karanganyar, H. Musta’in, SH., MH; menelpon perihal adanya Masjid yang akan dibangun sebagai kompensasi proyek Jalan Tol. Masjid itu adalah Masjid At-Taqwa, yg telah berdiri sejak 1945. Masjid ini berlokasi di dusun Jetak, Wonorejo, Gondangrejo, Karanganyar. Sebelum resmi dibangun, pengukuran arah kiblat harus dipastikan presisi, karena masjid yang baru kebetulan akan dibangun di sebelah selatan lokasi masjid lama yang akan segera jadi Jalan Tol.

Akhirnya, Rabu 15 Mei 2013; pengukuran dilakukan dengan sebelumnya diadakan pertemuan bersama pihak-pihak terkait. Hadir dalam pertemuan yang bertempat di serambi Masjid At-Taqwa adalah Kepala Kemenag Kab. Karanganyar dan perangkatnya; Kepala Desa Wonorejo, Nadzir (penerima tanah wakaf), tim pelaksana proyek jalan tol, dan para sesepuh dari Yayasan Al-Islam Surakarta sebagai pihak yang mengelola masjid At-Taqwa.

Acara adalah saling tukar informasi dan penjelasan teknis rencana relokasi masjid, agar berjalan dengan damai. Sekitar jam 10 acara pengukuran dilakukan, di dua lokasi yakni calon tanah tempat masjid baru akan dibangun, dan juga mengukur kiblat di tempat yang sementara dipakai untuk sholat sebelum masjid elesai di bangun.

Alat yang digunakan untuk pengukuran arah kiblat adalah Kompas, dan Teodholit. Namun karena cuaca mendung, maka hanya kompas yang dipakai. Saya dihadirkan hanya sebagai pembanding dari hasil ukuran yang dilakukan oleh kepala KUA Gondangrejo, H. Junaidi, M.Ag.

Pihak takmir, diminta juga untuk melakukan pengecekan dengan melihat bayang matahari sore hari ketika Jam Kiblat di lokasi. Untuk memudahkan, saya minta jam untuk dicocokkan dahulu, dan juga tongkat vertikal disiapkan dengan bantuan lot untuk menentukan presisi kevertikalannya.

Alhamdulillah, acara lancar dan semua menerima kesepakatan dengan damai… []

Satu Tanggapan

  1. Ilmu fisika sangat Banyak sekali di jelaskan dalam Alquran…. islam itu agama universal…. semuax sudah dijelaskan dalm Alquran dan Hadist … pak di tunggu kunjungannya di blog sya http://fisika-indonesia.blogspot.com terima kasih infonya sangat bermanfaat

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: