Fenomena Alam dalam Al-Qur’an

Lubang Hitam

Fenomena Alam itu Sunnatullah (credit:NASA)

Manusia yg hidup di muka Bumi pasti akan menjadi saksi atas semua kejadian di alam semesta, khususnya yang bisa teramati dan terdengar serta terasa di sekeliling indra manusia, siapapun dia; muslim maupun non-muslim. Namun, kitab suci Al-Qur’an telah menuangkannya: tersirat dan tersurat. Dari sini kita akan memahami betapa semua itu sudah diuraikan oleh Allah SWT, hanya kita yg lemah ini sering alpa.

Terinspirasi dari file yg rencana dijadikan buku namun karena kendala teknis, maka berikut saya publish di blog ini. Semoga memberikan manfaat bagi kita semua.

Daftar dan uraian ringkas  tabel Fenomena Alam berdasar urut turunnya wahyu :

  1. Semua kejadian di alam semesta (al-‘alaq), yg oleh al-Qur’an disebut dengan istilah yg sangat umum, yakni al-qolam. Al-Qolam yg pertama adalah peristiwa pembuahan sel sperma pada sel ovum, sehingga melahirkan anak manusia sang pelaku kehidupan di muka Bumi ini. Detail tafsir tentang al-Qolam silakan unduh file Tafsir Surat Al-‘Alaq_1-5  ini. Inilah fenomena alam yang secara tersurat dimuat dalam al-Qur’an.
  2. Fenomena selanjutnya…. to be continued🙂

3 Tanggapan

  1. ditunggu pak continuednya hehehehe

    Suka

  2. Asslmkumww,benar sekali…ingat ayat kursi..DIALAH Yang Maha Hidup,karena sel itupun dia yg menciptakan dari sari pati makanan yg ada dibumi. Asslmwwb

    Suka

  3. Acer Guraru Award 2012

    Salam Guraru!
    Rekan guru dan para pemerhati pendidikan Indonesia, masih ingat dengan Acer Guraru Award yang lalu? Ya, dalam upaya meningkatkan kreativitas serta partisipasi guru dalam peningkatan literasi teknologi, Acer Guru Era Baru (Guraru) kembali mengadakan Acer Guraru Award 2012.
    Acer Guraru Award adalah penghargaan tahunan dari Acer Indonesia untuk guru Indonesia yang secara konsisten mengoptimalkan penggunaan blog dan media sosial untuk berbagi seputar pendidikan serta memanfaatkannya untuk berinteraksi dengan murid dan audiens yang lebih luas. Tak hanya itu, guru tersebut juga mendorong penggunaan blog dan media sosial secara positif.
    Bagi para guru yang memiliki blog, mari daftarkan blog anda. Anda juga bisa menominasikan blog yang dikelola oleh rekan guru anda.
    Periode pendaftaran atau nominasi adalah 1 Agustus – 30 September 2012. Pendaftaran hanya dapat dilakukan di http://www.award.guraru.org.

    Untuk keterangan lebih lengkap, silakan klik Guraru Award 2012 dan daftarkan blog andalan Anda.

    Salam
    Pengelola Guraru
    http://www.guraru.org
    @guraruID

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: