Foto Hilal 1 Syawwal 1433 H

Foto Hilal 1 Syawwal 1433 H dari Solo

Foto Hilal 1 Syawwal 1433 H

Alhamdulillah, akhirnya hilal 1 syawwal 1433 H dapat kita abadikan dengan bantuan teknologi digital. Proses observasi hilal yang difasilitasi konsorsium Kemenkominfo-Kemenag-Bosscha-LAPAN-BMKG…dll – CASA-PPMI Assalaam; berhasil menggelar kegiatan pemantauan hilal secara live lewat jaringan Telkom Indonesia. Sabtu siang semua persiapan dilakukan, sore hari waktu Solo acara digelar di Observatorium CASA-PPMI Assalaam; dipandu petugas dari Kominfo (pak Koko) untuk kelancaran streaming. Dan… pak Menteri Agama pada Sabtu petang memutuskan bahwa 1 Syawwal 1433 H = Ahad, 19 Agustus 2012. Allah Akbar…2x

HILAL AKHIR RAMADHAN 1433 H

Saya berhasil melihat Hilal penutup Ramadhan namun gagal memotretnya pada Kamis, 16 Agustus 2012 selepas Shubuh. Pada Jum’at 17 Agustus 2012 shubuh saya mencoba melihat hilal akhir Ramadhan, namun langit timur cukup berawan dan gagal melihatnya.

Berikut Hilal Akhir Ramadhan pada Kamis, 16 Agustus 2012 dari Maroko:

Hilal Tua Ramadhan 1433 H

Hilal Tua Ramadhan 1433 H

Teman di Jerman berhasil melihat dan mengabadikan Hilal Akhir Ramadhan pada Jum;at, 17 Agustus 2012:

Hilal Tua Ramadhan 1433 H

Hilal Tua Ramadhan 1433 H

HILAL 1 SYAWWAL 1433 H:

Pemantauan Hilal Syawwal 1433 H dilakukan oleh Tim gabungan KomInfo-Kemenag RI dkk, di 22 lokasi titik pengamatan sebagai berikut:

14.  Bandung
18.  Lampung

Untuk lokasi pengamatan di Solo – Jawa Tengah; dipusatkan di Observatorium CASA-PPMI Assalaam, Pabelan Kartasura Sukoharjo – Surakarta Jawa Tengah. Di lokasi ini sudah terpasang jaringan Astinet dari Telkom Divre Solo sejak satu bulan silam untuk live Hilal Ramadhan. Selama ini koneksi berjalan sangat baik, proses live streaming yang dilakukan baik ujicoba maupun hari-H berjalan dengan tanpa halangan.

Seperti pada Rukyah Ramadhan, pada Rukyah Syawwal ini, lokasi Solo mendapatkan pengawalan dari petugas pengamatan hilal dari Kominfo yakni mas Raden Tjokro Partono, MTI.

Sekitar jam 16:30 peserta mulai berdatangan, terdiri dari Ulama dan Umara, Tokoh Masyarakat, Mahasiswa, dan masyarakat umum juga para Wartawan cetak dan Elektronik. Unsur URAIS yang hadir masing-masing dari Kemenag Surakarta, Sukoharjo, Klaten, Sragen, Karanganyar, Boyolali, dan Wonogiri. Jumlah peserta rukyat total sekitar 100 orang.

Acara rukyah hilL pada Sabtu 18 Agustus 2012 diawali sekitar selepas Ashar berupa setting peralatan, pointing teleskop ke objek Matahari, memasang peralatan foto dan webcam serta fasilitas streaming lainnya. Ada sedikit kendala di dalam Dome, sentral live streaming via webcam karena usb tidak mendeteksi, shingga harus diganti DSLR Canon yang dikoneksikan ke USB TV Tunner, dan alhamdulillah berhasil.

Di luar Dome, disiapkan satu DSLR plus Tele 200mm, yang sengaja kita arahkan ke lokasi Hilal. Sebelum dan saat Sunset, pemotretan terus dilakukan sehingga posisi Hilal benar2 terbenam di ufuk barat. Hasil foto tidak bisa kita amati citra hilalnya di view kamera, akhirnya semua file kita lihat dengan bantuan komputer/laptop, diolah kontras dan lainnya dengan bantuan aplikasi ACDSee, belum juga nampak; padahal posisi Hilal sedikit berawan, sementara celah ada.

Dengan rasa penasaran dan keyakinan akan simulasi di Starrynight yang menunjukkan posisi hilal berada pada titik yang sangat mungkin terekam kamera, maka olah foto ditingkatkan dengan pengolah foto yakni Adobe Photoshop CS5, dengan memisahkan channel red dari lainnya, akhirnya citra hilal yang melengkung seperti dalam simulator SNPro 6.4.3 itu didapatkan. Hilal berubah status, Tidak Terlihat menjadi Terlihat dari lokasi pengamaan di Solo-Jawa Tengah.

Berikut beberapa foto Hilal 1 Syawwal 1433 H yang berhasil diabadikan di Indonesia:

1. Kupan – NTT:

Hasil pengematan Hilal 1 Syyawwal 1433 H, pada Sabtu 18 Agustus 2012 dari lokasi Kupang, NTT dapat dilihat di link berikut:

http://hilal.kominfo.go.id/?q=node/195

2. Makassar:

Hasil pengematan Hilal 1 Syawwal 1433 H, pada Sabtu 18 Agustus 2012 dari lokasi Makassar, dapat dilihat di link berikut:

http://hilal1.kominfo.go.id/?q=node/196

3. RHI Solo – Jawa Tengah:

Hilal tidak dapat diamati dengan Mata dan juga dengan bantuan Binokuler dan Teleskop. Sehingga status di http://hilal.kominfo.go.id/?q=node/182 masih berupa Hilal Tidak Terlihat, juga pernyataan resmi saya saat diwawancarai Wartawan. Namun kegiatan pemotretan yang terus dilakukan selama sebelum Sunset hingga Moonset. Dan dari semua foto diurutkan dengan panduan Simulator Starrynight Pro 6.4.3, akhirnya ada foto yang mampu menampilkan citra Hilal setelah diambil channel Rednya dari foto aslinya. Dan berikut hasil prosesing foto hilal 1 Syawwal 1433 H dengan bantuan Adobe Photoshop CS5:

Foto Hilal 1 Syawwal 1433 H dari Solo

Foto Hilal 1 Syawwal 1433 H dari Solo

4. RHI Kebumen:

5. RHI Australia

Galery Observasi Hilal di Observatorium CASA-PPMI Assalaam, Sabtu 18 Agustus 2012:

Badan:

Pak AR ngaturaken SUGENG RIYADI, mugi amal ibadah shiyam tuwin qiyam ramadhan 1433 H kito dipun tampi gusti Allah…

amien 19x

Satu Tanggapan

  1. […] Selengkapnya di: Hilal-1-syawwal-1433-H […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: