Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1433 H / 2012 M

Imsakiyah dgn Hilal versi Hisab, Shubuh -18.

Jadwal Imsakiyah

Kembali saya menerbitkan Jadwal Imsakiyah versi MS Ecxel. Untuk 1433 H ini sengaja saya masukkan pilihan Tahun, Kota, Sudut Shubuh dan Tinggi Hilal. Harapannya, dengan model masukan ini bisa memenuhi keperluan setiap Muslim yang sangat beragam kriterianya di Indonesia ini. Ada yg aliran hisab, ada yang rukyah. Ada yg Shubuh versi Pemerintah, ada juga yang Qiblati, dst..dst

Berikut sampel tampilan Jadwal dengan kriteria Imkan Rukyah, dan sudut Shubuh -18 dengan kriteria tinggi Hilal awal bulan versi Imkan Rukyah (Pemerintah RI), maka akan tampil sampai tanggal 29 Ramadhan saja dan diawali tgl 21 Juli 2012:

Imsakiyah dgn Hilal Imkan, Shubuh -18

Imsakiyah dgn Hilal Imkan, Shubuh -18

Berikut sampel tampilan Jadwal dengan kriteria Hisab, dan sudut Shubuh -18,  dengan kriteria tinggi Hilal awal bulan versi Hisab (sampel 1 deg), maka akan tampil sampai tanggal 30 Ramadhan saja dan diawali tgl 20 Juli 2012:

Imsakiyah dgn Hilal versi Hisab, Shubuh -18.

Imsakiyah dgn Hilal versi Hisab, Shubuh -18.

Selengkapnya, silakan unduh file Jadwal Imsahiyah Ramadhan 1433 H ini:

Jadwal_Imsakiyah-Ramadhan-1433H-versi2012

Semoga bermanfaat.

Berikut link Info seputar Hisab-Rukyah Hilal menjelang dan selepas Ramadhan 1433 H atau 2012 M:

Seputar awal dan akhir : Ramadhan dan Syawwal 1433 H

14 Tanggapan

  1. alhamdulillah. Jazakumullah khoiron kepada Pak AR Sugeng Riyadi dan teman-teman yang sudah berkenan membagikan jadwal imsakiyah romadhon seperti terlampir pada judul artikel di atas. saya reblog artikel ini via blog saya.

    Suka

  2. Reblogged this on Ian Achmad Januar and commented:
    alhamdulillah. Jazakumullah khoiron katsiiron kepada Pak AR Sugeng Riyadi.

    Suka

  3. suwon pak AR nambah exist mawon pak….

    Suka

  4. luar biasa Pak AR…

    Suka

  5. Ass. Ustadz, saya mau tanya bagaimana pendapat ustadz, tentang tulisan Profesor.Dr. Thomas Djamaludin, di bloknya ; http://tdjamaludin.wordpress.com, tanggal 23 Mei 2012 yang berjudul, konsep geosentrik yang usang Menginspirasi Wujudul Hilal” yang dipakai PP Muhammadiyah. Apakah ustzd setuju? Setuju atau tidak setuju, tolong ustadz jabarkan. Syukron. Fastabiqul Kairat, http://hermansuryantoadaapahariini.wordpress.com

    insya Allh akan saya tulis secara khusus…salam

    Suka

  6. […] Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1433 H / 2012 M […]

    Suka

  7. […] Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1433 H / 2012 M […]

    Suka

  8. terimakasih saya ucapkan kepada Bapak yang telah membagikan jadwal ini, semoga Allah membalasnya dengan sebaik-baik balasan. dan saya ada pertanyaan berkaitan dengan polemik tidak tepatnya jadwal sholat subuh yang ada di indonesia, info yang saya dapat jadwal yang ada sekarang terlalu cepat sekitar 15-20 menit.bagaimanakah yang sebenarnya terjadi mengingat ini adalah hal yang sangat penting,benarkah info yang saya terima tersebut, dan apakah jadwal yang bapak susun ini sudah ada perbaikan dari jadwal sebelumnya terutama masalah waktu sholat subuh. Atas jawabannya saya saya ucapkan terimakasih.semoga Allah membalas kebaikan Bapak.

    alhamdulillah jadwal bermanfaat,
    terkait awal shubuh, justru di file jadwal itu saya sertakan option/pilihan untuk sudut shubuhnya. Lebih jelasnya silakan buka ini https://pakarfisika.wordpress.com/2009/08/23/waktu-shubuh-terlalu-cepatkah/

    Suka

  9. Trimks bngt sangat bermanfaat, yg tadix gak tau, jadi tau…

    Suka

  10. trimakasih untuk jadwal waktu holat & imsakiyah, namun ada pertanyaan mengapa bila sudut subuh diubah jadwal waktu sholat isya kok tidak ikut berubah ?

    karena sudut isya itu sudah aman… salam:)

    Suka

  11. Jadwal Shalat dan Puasa di Inggris
    SM,27 Juli 2012 dalam lanjutan judul berita”Samurai Biru Permalukan Matador” hlm 11, mewartakan”Lantaran Matahari tenggelam lebih lama dan terbit lebih cepat, atlet Olimpiade yang berpuasa di Inggris harus menahan lapar dan dahaga lebih lama dari penduduk Indonesia. Mereka berpuasa dari pukul 02.30 hingga 21.30, sekitar 19 jam (waktu setempat – pen)”
    Mencermati berita tersebut saya memohon kepada para Ahli Astronomi Muslim dan Ahli Falak dapat menjelaskan dan memberikan solusi keilmuan yang mudah dimengerti atas keadaan Atlet atau masyarakat yang tinggal di Negara-negara seperti Inggris. Saya ingat:
    Pertama Firman ALLAH dalam AlQuran:
    a) QS An Nahl (16):48 “Apa tidakkah mereka perhatikan dari sesuatu yang Allah ciptakan ? Gerakan-gerakannya (planet2) melenggang dari selatan (kanan) dan utara (kiri) bersujud untuk Allah dan mereka patuh” dan (kelihatannya Surya yang bergerak ke utara dan selatan)
    b) QS An Nahl (16):16 “ Dan ‘alamat (tanda/kompas) dan dengan bintang (Surya termasuk bintang) itu mereka mendapat petunjuk “ dan
    c) QS Al Ambiyaa’(21):31 ”Dan Kami jadikan Bumi Rawasiya untuk menguatkan mereka (Bumi2) dan Kami jadikan padanya fijaajan subula (garis-garis orbit nyerong ke kanan dan ke kiri) semoga mereka mendapat petunjuk”, dan
    d) QS Yasiin (36):37 “Dan Ayat (tanda) bagi mereka malam yang Kami hilangkan dari padanya siang, ketika itu mereka kegelapan” –(daerah yang dekat dengan kutub utara maupun selatan pada bulan2 tertentu malam-nya lebih panjang dari pada siang, juga sebaliknya siang-nya lebih panjang dari pada malam-nya)
    e) QS (2):143 ”Demikian Kami jadikan engkau UMMATAN WASATHAN (Ummat tengah / ummat yang adil) agar engkau menjadi penyaksi/pemberi bukti atas manusia dan Rasul itu penyaksi/pemberi bukti atas engkau. Tidaklah Kami menjadikan Kiblat yang engkau ada atasnya kecuali agar Kami mengetahui siapa yang mengikuti Rasul dari orang-orang yang berputar atas dua tumitnya. Bahwa/sungguh hal itu sangat berat/besar kecuali atas orang-orang yang Allah beri petunjuk. Allah tidak akan membiarkan imanmu sungguh Allah Maha Penyantun dan Maha Penyayang pada manusia”,
    f) QS Al Baqarah (2):238 “Peliharalah semua Shalat (shalawati) dan Shalat WUSTHA (tengah/adil). Dan laksanakanlah/berdirilah untuk ALLAH dengan khusyuk”
    Kedua:Menyimak tulisan”Meluruskan Arah Kiblat”, SM, 14/7/2012, oleh Ibu Anisah Budiwati, SHI, menjelaskan”Pada waktu zawal …….Semua benda di dekat Ka’bah sama sekali tidak memiliki bayangan” Ketiga: para ilmuwan membagi daerah geografis Bumi menjadi 3 yaitu:
    A. Frigid Zone, daerah dingin seluas 23.5o dari kutub Bumi di utara dan di selatan. Ketika Matahari terlihat ada di utara, daerah yang dekat kutub di utara malamnya lebih pendek dari pada siangnya dan daerah yang dekat kutub di selatan saat itu malamnya lebih panjang dari pada siangnya,
    B. Torrid Zone, daerah panas seluas 23.5o ke utara dan selatan garis equator Bumi/Katulistiwa Di daerah ini pergantian malam dan siang hamper sama panjang. Pada 21 Maret dan 22 September Surya tepat melintas di atas garis equator Bumi/Katulistiwa. Di kota Pontianak – Indonesia, terdapat Tugu Katulistiwa. Dengan pemahaman sama dengan tulisan”Meluruskan Arah Koblat”, ketika Surya melintas tepat di atas Tugu Katulistiwa sekitar 21 Maret dan 22 September berarti juga tidak memiliki bayangan ( 0 bayangan).
    C. Temperature Zone, daerah musim selain ke 2 daerah diatas seluas 43o di belahan utara dan 43o di belahan selatan
    Yang menjadi pertanyaan mungkinkah masyarakat yang berada di Frigid Zone dan temperature Zone mengacu waktu di Torrid Zone ? Jika ya, apakah keadaan ini yang menurut petunjuk ALLAH sebagai ummat yang adil ?
    Saya mengucapkan banyak terima kasih agar saya mendapat keilmuan dan menjadi orang yang yakin/merasa yakin.
    Mulyana – wiraswasta

    Suka

  12. […] JADWAL IMSAKIYAH RAMADHAN, tahun bisa diganti..! […]

    Suka

  13. pak tolong imsakiyah untuk tahun 2013 pak. trima kasih

    silakan unduh di bagian bawah link ini :
    https://pakarfisika.wordpress.com/2013/06/14/kapan-ramadhan-dan-syawal-1434-h2013-m/

    Suka

    • kalau untuk wilayah Jumrah, Kec. Rimba melintang, Kab. Rokan Hilir. Riau pak. trima kasih sebelumnya pak

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: