Gerhana Bulan 2012

GBS 04 Juni 2012
GBS 04 Juni 2012

Selama 2012, fenomena alam berupa gerhana terjadi 5 kali. Masing dua kali baik gerhana Matahari maupun gerhana Bulan, dan sekali gerhana Venus. Gerhana Matahari hanya bisa diamati dari Indonesia wilayah timur saja, gerhana Bulan yg bisa diamati di seluruh wilayah Indonesia hanya yg tgl 4 Juni yakni gerhana Bulan Sebagian. Sementara gerhana Bulan Penumbral pada 28 Nop 2012, hanya bisa diamati dengan teleskop.

Gerhana Bulan selama 2012:

PERTAMA: Gerhana Bulan Sebagian,

Terjadi pada Senin Wage 15 Rojab 1433 H atau 4 Juni 2012 M. Gerhana Bulan Sebagian ini meliputi Asia Timur, Asia Tenggara, Australia, dan Amerika. Sementara Asia Tengah, Afrika dan Eropa tidak bisa menyaksikan momen ini, karena dari wilayah tersebut posisi bulan di bawah ufuk. Gerhana bisa disaksikan dari seluruh wilayah Indonesia. Awal gerhana dimulai pada jam 17:00 WIB dan gerhana akan berakhir pada jam 19:08 WIB.

Di Solo Raya, observasi akan dipusatkan di PPMI Assalaam. Namun, sedang dilakukan konsultasi dengan Takmir Masjid Agung Surakarta, dan bila ada idzin akan dipusatkan di Masjid Agung Surakarta; diisi pengamatan dan sholat gerhana berjamaah.

KEDUA: Gerhana Bulan Penumbra, 

Terjadi pada Rabu Legi, 15 Muharrom 1434 H atau 28 Nopember 2012 M. Awal gerhana mulai jam 19:15 WIB, dan gerhana akan berakhir pada jam 23:51 WIB. Namun, sayang sekali gerhana panumbra ini tidak bisa disaksikan dengan mata tanpa alat bantu. Gerhana hanya bisa disaksikan menggunakan teleskop.

Karena evennya cukuplama, sekitar 4 jam; maka observasi terbuka untuk umum, dipusatkan di Anjungan Observatorium PPMI Assalaam.

Fenomena alam, khususnya Gerhana yg bakal terjadi selama kurun 2012, selengkapnya dapat dilihat (dan dicetak) via alamat ini [ Fenomena_Gerhana-_2012 ]

Khusus Gerhana Venus atau Transit Venus, silahkan baca di Transit Venus ini

11 tanggapan untuk “Gerhana Bulan 2012

  1. kk boleh nanyak gak, 21 May 2011 jam 7 gerhana 3/4 bulan menutupi matahari di Sumatra. Apakah itu betul? Saya melihat di aplikasi planetarium seperti yang ada di film avatar…

    Selama 2012, fenomena alam berupa gerhana terjadi 5 kali. Masing dua kali baik gerhana Matahari maupun gerhana Bulan, dan sekali gerhana Venus. Gerhana Matahari hanya bisa diamati dari Indonesia wilayah timur saja.

    Mungkin set lokasi di Planetarium Anda belum pas, coba pastikan lintang dan bujurnya wilayah Sumatra.

    Suka

  2. Asslmww,pecinta blog ini..Hari raya tinggal 10 hari lagi saya mohon maaf bila ada komentar yg tak berkenan di hati…slamat menjumpai Mlm LlQODAR DAN ber temu pd tgl 28 Nov .insyaALLAH

    Suka

Tinggalkan komentar