Bulan Sabit: Penutup 1432 – Pembuka 1433

Hilal adalah bulan sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi (ijtimak, bulan baru) pada arah dekat matahari terbenam yang menjadi acuan permulaan bulan dalam kalender Islam. Hilal saya amati pada hari ke-27 dan 28 untuk mengetahui akhir lunasi Bulan, lalu pada setiap 29 dan 30 untuk menentukan apakah hari berikutnya sudah terjadi pergantian bulan atau belum. Hilal akhir 1432 dan pembuka 1433 adalah sbb:

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

HILAL PENUTUP:

Tahun baru 1433 H di ambang pintu, tahun 1432 H sudah mulai berpamitan. Selamat jalan 1432 H, semoga meninggalkan kenangan yang bermanfaat dan barokah. Dan alhamdulillah, saya mengabadikan hilal penanda kepergiaan tahun 1432 H sebagai berikut:

Dokumentasi hilal ini saya lakukan, karena saya memiliki hobi melihat fenomena lam dan juga ingin berbagi kepada sahabat yg belum sempat melihatnya. Sebab salah satu sifat fenomena alam itu tidak terulang lagi.

Foto ini saya ambil dengan kamera Digital SLR Canon dengan lensa 200 mm. Lokasi di persawahan depan rumah dan depan SD IT Amanah, dusun Bendo desa Ketitang kecamatan Juwiring kabupaten Klaten – ID.

Saya selalu mengadakan kegiatan ini rutin setiap akhir bulan, karena saya punya kewajiban melaporkan hasil observasi ini ke ICOProjet.Org.

HILALPEMBUKA:

Hilal pembuka tahun 1433 H, baruakan saya lakukan pada Jum;at dan Sabtu (26/11). Selanjutnya akan segera saya update lagi…

Update:

Pada Jum’at (25/11); hilal mustahil terlihat meski dengan alat secanggih apapun saat ini, karena ketinggian masih di bawah 2 derajat.

Pada Sabtu (26/11); saya bersama sekitar 60 peserta lainnya di Observatorium PPMI Assalaam – Surakarta; berhasil menyaksikan hilal pembuka Tahun 1433 H.

Senang juga, karena tanpa menggunakan teleskop, anak asuh di Club Astronomi Santri Assalaam yang putri berhasil melihatnya dengan mata tanpa alat sekitar 15 menit pasca Sunset.

Setelah itu, semuanya bisa melihat dengan kesan semua sama, baik posisi dan bentuk dari sang Hilal itu.

Citra Hilal pembuka Tahun 1433 H

Citra Hilal pembuka Tahun 1433 H

Hilal di atas, dipotret dengan DSLR Canon + Teleskop Vixen ED81S (625 mm)

4 Tanggapan

  1. Bapak rupanya senang fotografi ya.

    Izin baca ya pak.

    Suka

  2. silahkan Pak Odi

    Suka

  3. Pak jadi menurut pengamatan bapak tanggal 1 Muharrom 1433H jatuhnya kapan nih, soalnya kan ada hubungannya dengan puasa Asyuro tgl 10 Muharrom.
    Jazaakallohu khoiro atas infonya.

    Menurut saya, tanggal 1 Muharrom 1433 H, jatuh pada 27 Nop 2012. Karena saya menggunakan kriteria hilal harus terlihat dan ada bukti nyatanya berupa foto atau sejenisnya. Dan saya sudah laporkan hasil observasi saya ke :
    http://icoproject.org/icop/muh33.html

    salam…

    Suka

Tinggalkan Balasan

