Ceramah Ramadhan: Syaithon ‘Protes’

Jin adalah suatu makhluk yang hidup di alam tersendiri yang bukan alam manusia dan bukan pula alam malaikat. Jin bisa melihat manusia tetapi manusia tidak dapat melihat jin (dalam wujud aslinya) kecuali Nabi. Allah berfirman: “Sesungguhnya ia dan kawan-kawannya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka.” (Qs. Al-A’raf: 27)

Jin diciptakan oleh Allah dari api. Allah berfirman:

Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.” (Qs. Al-Hijr: 27)

Sedangkan syaithon ialah jin yang durhaka. Dinamakan syaithon karena durhaka dan memberontak kepada perintah Allah Ta’ala. Dan Iblis adalah biangnya syaithoan. Namun apakah iblis ini merupakan cikal bakal (nenek moyang) jin?

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan bahwa: “Iblis merupakan cikal bakal jin.” (Majmu’ Fatawa Ibnu Taimiyah jid. IV)

Yang jelas, Al-Qur’an al-Karim mengatakan:

Maka sujudlah mereka kecuali iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Rabbnya.” (Qs. Al-Kahfi: 50)

Istilah syaithon juga kadang disebutkan untuk memberikan sifat kepada manusia dan jin yang durhaka dan suka mengganggu manusia lain.

Allah berfirman:

Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.” (Qs. An-Nas: 4-6)

Ringkasan dari buku ‘Alam al-Jin wasy Syayathin, karya Syaikh Dr. Umar Sulaiman al-Asyqar, hal. 11-18.

Syaithon ‘Protes’ pada Alloh…?

Sambil dibelenggu (karena bulan puasa) setan ngobrol sesama setan yang lain “Tan, kita minta pensiun aja yok sama Tuhan!..” “Emang knapa”, yg lain menyaut. “Habis walau kita dibelenggu seperti ini, lihat tuh ternyata manusia masih saja melakukan perbuatan dosa!” katanya. “Iya ya, mereka yang enak kita yang disalahin..i!”
Karena setan-setan merasa “didiskriditkan” mereka akhirnya mohon kepada Tuhan. “Ya Tuhan hamba minta pensiun dini saja”, kata para Setan.
Tuhan: “Kenapa kamu minta pensiun padahal kamu yang minta utk selalu menggoda manusia?”
Setan: “Hamba minta ampun ya Tuhan, amit amit skrg kelakuan manusia sudah melebihi Iblis, hamba kuatir justru hamba yang tergoda oleh manusia….
Makanya hamba minta pensiun dini aja…”
Manusia berzina, yang enak dia, yang di salahkan hamba. Manusia korupsi, dia yang menikmati, katanya digoda hamba. Yang paling menyedihkan bagi hamba, Tuhan… setiap musim haji hamba di lempari batu oleh berjuta-juta manusia di sana, padahal yang melempari itu kawan hamba juga. Minta ampun!! .. Ya Tuhan, hamba tak menyesal pensiun dini…..!!!

dari FB Pak Mutoha

3 Tanggapan

  1. Hmmm… Syaiton aja minder sama manusia sekarang ya. Mudah2an kita tidak termasuk golongan yang membuat para syaiton jadi minder sama manusia.😀
    🙂 Salam,

    Mochammad
    http://mochammad4s.wordpress.com
    http://piguranyapakuban.deviantart.com

    Suka

  2. saya unduh ya tadz, materinya bagus untuk di tempel di mading masjid. syukron.

    Suka

  3. article yang sangat bermanfaat…………..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: