Dauroh V Ilmu Falak RHI-Surakarta

Dauroh Ilmu Falak V
Dauroh Ilmu Falak V

… bahwa amal yang paling dicintai Allah adalah yang paling teratur dan terus menerus meski sedikit” (HR-Al-Bukhari). Akhirnya, putaran ke-5 Dauroh Ilmu Falak RHI Surakarta kembali terlaksana pada Ahad, 22 Mei 2011 di Balai Muhammadiyah PDM Kota Surakarta. Agenda kali ini mendapat support penuh dari Pengurus Daerah Muhammadiyah kota Surakarta sebagai Tuan Rumah. Dan saya katakan…super yasin, eh..super sukses…!

Acara ini digagas, sejak terlaksananya Dauroh Putaran ke-4 di PPMI Assalaam sebulan lalu. Pak Anis sebagai salah satu pegiat RHI di Solo berniat menjadi Tuan Rumah untuk Dauroh putaran ke-5 ini, dan saya tanggapi dengan senang hati. Rencananya dibarengkan dengan jatuhnya hari arah kiblat yang jatuh pada 28 Mei 2011. Namun karena berbagai pertimbangan, maka akhirnya diputuskan untuk dilaksanakan pada 22 Mei 2011.

Sebagai tuan rumah, ternyata PDM serius membesarkan even ini. Alhamdulillah saya sambut dengan iringan do’a, semoga semua rencana berjalan lancar.

Pak Anis punya gagasan, bahwa peserta diberi CD yang berisi software dan aplikasi ilmu falak, makalah dan juga materi2 lain terkait ilmu falak. Bukan hanya itu, juga diberikan secara khusus alat ukur kiblat yang sangat mudah digunakan di mana dan kapan saja.

Akhirnya, tibalah hari H, dan materi sudah diputuskan dalam ‘KMB’ yakni Waktu Sholat oleh Koordinator RHI Pusat dan BHR Kemenag RI- Pak Mutoha AR, dan Arah Kiblat oleh Pak Ma’rufin dari RHI dan BHR kebumen. Peserta hadir sekitar 50 orang dari RHI, Komunitas Falak, PCM, Aisyiyah, utusan Ormas Islamdan Pesantren di sekitar Solo Raya.

Saya selaku Koordinator LP2IF RHI Surakarta, menyampaikan terima kasih kepada:

Drs. K.H. Najmuddin Zuhdi, M.Ag,- selaku Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah Kota Surakarta, Pak Anis, Pak Yasin, Pak Encep, dan lain-lain yang ndak sempat saya kenal satu-satu… hanya Alloh SWT yang pantas membalas kebaikan  ini…

Sampai sua kembali di Dauroh putaran ke-6, dengan tema Gerhana (insya Alloh di UMS).

Makalah dapat diunduh di link ini:

  1. Makalah_ArahKiblat_DIF-V-RHI_Surakarta-Ma’rufin
  2. Makalah_WaktuSholat_DIF-V-RHI_Surakarta-Mutoha

Dokumentasi sebagian fotonya sebagai berikut:

Dauroh Ilmu Falak RHI Surakarta,putaran:

Pertama di Masjid Tegalsari

Kedua di Masjid RSIS

Ketiga di PPMI Assalaam

Keempat di PPMI Assalaam

Kelima di PDM Kota Surakarta

4 tanggapan untuk “Dauroh V Ilmu Falak RHI-Surakarta

Tinggalkan komentar