Dauroh Managemen Organisasi di Isy Karima

Selasa (2/11) saya berkesempatan memberikan siraman ilmu kepada para santri senior yang tergabung dalam OSIS dan SAPALA di Ma’had Tahfidlul Qur’an Is-Karima Karangpandan Karanganyar. Ini kali kedua diundang ke Isy-karima, setelah kali pertama saat Wisuda perdana.

REUNI:

Ternyata, Sekretaris Ma’had Isy-Karima, ustadz Irfan Mahmudi; adalah pernah menjadi murid ketika saya mengajar komputer di Madrasah Aliyah Pakem Sleman sekitar tahun 1999-2000.

Ternyata ustadz Abu Hadfie Al-Firdaus (Kepala Kesantrian) Ma’had Isy-Karima adalah alumni perdana yang ketika itu saya hadir menyaksikan haflahnya, sekitar tahun 2001.

Kini tahun 2010, silaturrahim itu mengembalikan kenangan yang membawa pada kebersamaan dalam pendidikan dan pembinaan kesantrian.

Acara utama adalah Dauroh dalam rangka Pembekalan kepada para pengurus OSIS dan SAPALA dalam hal ilmu organisasi. Maka materi yang diberikan kepada para santri adalah tentang Managemen dan Organisasi serta seluk beluk dalam penerapannya di lapangan, khsusunya bagi para pengurus OSIS dan SAPALA.

Managemen Pengelolaan Organisasi, sebuah materi yang sangat normatif, ketika awal dimintakan oleh ustadz Irfan. Namun saya menyarankan, karena objek nya adalah para santri yang notabene hidup dan besar di kalangan pesantren, maka penerapannya ilmu itu yang jauh lebih bermakna.

Maka saya sampaikan ilmu Managemen Pengelolaan Organisasi itu dalam tinjauan kehidupan santri, ketika harus berdakwah. Jadi mudah sekali memahaminya, lebih2 menerapkannya; yakni managemen sholat.

MANAGEMEN SHOLAT:

Saya hanya menjabarkan ilmu dan cara sholat, lalu penerapannya untuk kita berorganisasi. Harapannya, amal selama berorganisasi akan disinari fadlilah sholat sekaligus termotivasi lahir bathin layaknya ketika mendirikan sholat.

Sholat adalah kewajiban tanpa kecuali bagi setiap muslim dan muslimat. Sholat diawali dari kondisi suci badan dan tempat, lalu gerakan sholat dan akhir dari kegiatan sholat; seluruhnya ternyata mengajaekan kita ilmu organisasi yang luar biasa.

Organisasi harus berawal dari kesucian niat, tidak ada rasa dan kepentingan yang merugikan kebersamaan. Dan seterusnya, semua aspek dalam sholat memiliki hikmah dalam kehidupan nyata.

Acara diakhiri menjelang dhuhur, dan dilanjut materi lain selepas dhuhur sampai malam. Selamat berjuang dan berjihad para pengurus OSIS dan SAPALA Ma’had Tahfidlul Qur’an Isy-Karima….

4 tanggapan untuk “Dauroh Managemen Organisasi di Isy Karima

Tinggalkan komentar