Dauroh I Ilmu Falak RHI Surakarta

Dauroh Ilmu Falak-1 RHI Ska

Dauroh Ilmu Falak-1 RHI Ska

Rabu, 13 okt 2010 di serambi selatan Masjid Tegalsari diadakan Dauroh Ilmu Falak yang perdana RHI Surakarta. Acara ini memang mendadak alias tidak diinfokan agak lama sebelumnya, mengingat komunitas RHI di Surakarta belum banyak dan hanya sebatas menghadirkan para pemerhati Ilmu Falak untuk difollow up berikutnya….

Istiwa A’dham di kota Solo:

Fenomena Matahari melintasi suatu kota pada saat tertentu akan tepat di atas kota tersebut. Posisi saat Matahari tepat di atas kita atau saat di titik zenith adalah saat yang bisa disebut Istiwaa A’dham (Istiwaa=Sama, A’dham=Besar). Maksudnya, posisi Matahari membuat bayangan benda tepat sama di bawahnya.

Kota Solo berada pada lintang 7,5 derajat LS, maka sekitar awal Maret dan Oktober posisi matahari akan pas di atas kota Solo. Tanggal puncaknya terjadi pada dua hari yakni 1 Maret @ 11:49 LT dan 13 Oktober @ 11:23 LT.

Dauroh Perdana:

Agenda yang sengaja disusun untuk mengumpulkan para Ahli dan praktisi Ilmu Falak di Solo Raya, adakah Dauroh Ilmu Falak. Sebagai Koordinator RHI Surakarta, saya sengaja memilih Masjid Tegalsari karena jam mataharinya dan juga nilai ilmu falak yg bersejarah masjid tersebut.

Al-hamdulillah, meski serasa mepet waktu pelaksanaanya, hadir dalam acara yang pertama kali diadakan dan akan diulang ke selanjutnya, Pimpinan Ma’had Takmirul Islam sekaligus memberi sambutan, ustadz Halim; ustadz Isfihani M.Ag, pak Dokter Amin Romas, Pak Suprapto, dan beberapa peminat Ilmu Falak di Solo yang lain.  Banyak juga yang sudah niat hadir tapi batal karena sakit dan halangan lain yg telah diagendakan sebelumnya; Pak Nashiruddin STAIN, pak Abdus Salam dari Ma’had Darusy-Syahadah, Pak Suparmana-Ma’had Al-Kahfi; pak Anis dari PDM Ska.

Acara diisi diskusi seputar waktu sholat Dhuhur, karena di salah satu majalah di Solo pernah ditanyakan. Sekaligus membuktikan kebenaran perhitungan hisab waktu dhuhur berdasarkan obsrvasi detik-detik matahari melintasi atas kota Solo. Dan hasilnya, waktu dhuhur terbukti sangat akurat. Seputar Waktu Dhuhur

Acara ini sengaja saya adakan, dan meski masih minim minat orang; saya hanya yakin sebab apa yg disampaikan ustadz Halim pd Dauroh-1, beliau sangat mendukung dan mengapresiasi ide ini, dan beliau akan sangat senang ikut di setiap event selanjutnya. Insya Alloh yang berikutnya akan kita siapkan lebih awal dan publikasi juga akan kita maksimalkan. Semoga ilmu Falak menjadi salah kebanggan ummat Islam Solo dan (masih bermimpi) menjadi salah satu materi kajian yang rutin diajarkan di Sekolah, Madrasah, dan Jamaah pengajian serta Pesantren di Solo Raya.

Berikut sebagian dokumentasi selama kegiatan berlangsung…

Sampai jumpa pada Dauroh -2 Ilmu Falak oleh RHI Surakarta…

Iklan

5 Tanggapan

  1. acara yang menarik ya.:D

    Suka

  2. Assalamua’lakum ustadz, mohon saya bisa diundang pada dauroh yad, matur nuwun

    Suka

  3. Ustadz, kita tunggu lho kabarnya hisab-ru’yah Idul adha 1431 H

    Suka

  4. […] Pertama di Masjid Tegalsari […]

    Suka

  5. […] Riyadi. 2010. Dauroh I Ilmu Falak RHI Surakarta. Blog Pak AR Guru Fisika, 23 Oktober […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: