Kajian Falak di Depag Surakarta

Kajian Falak Depag Ska

Kajian Falak Depag Ska

Setelah tertunda dari rencana awal, Selasa, 24 Nopember 2009,  jam 09:00 – selesai; Pelatihan Ilmu Falak bagi Penyuluh Agama se Kodya Surakarta dan utusan Pesantren akhirnya dilaksanakan pada Selasa, 8 Desember 2009 bertempat di Aula Kantor Depag Surakarta. Seperti lazimnya kajian di tempat lain, maka pada event kali ini; materi utama adalah tetap arah kiblat; karena materi lain lebih banyak menyita waktu; sementara waktu tersedia hanya 2 jam. Acara tambahan adalah Dauroh kitab turots….

Materi pertama tentang Ilmu Falak, lalu materi kedua tentang khazanah Pesantren yakni Revitalisasi Kitab2 Kuning yang biasa disebut Moderasi Turots bagi Pesantren.

Acara diikuti sekitar 50 peserta dari Pesantren dan perwakilan Takmir Masjid di sekitar Depag Surakarta. Acara dipandu sepenuhnya oleh Ustadz Drs. Haris Muannis, setelah sebelumnya dibukan oleh Kasi PekaPontern, Ustadz Nashiruddin, M.Ag. mewakili bapak Kandepag Surakarta yang ada acara di Semarang.

Acara dimulai sekitar jam 09:00 dan berakhir sekitar jam 11:00 WIB.  Di akhir sessi, seperti biasa diberikan kesempatan bagi para peserta untuk bertanya. Pertanyaan memang beragam, sejak dari cara menentukan kiblat paling mudah sampai asal rumus segitiga bola. Pertanyaan sisa, karena mestinya hampir ditutup oleh ustadz Haris Muannis selaku moderator, tetapi ini penting kata sang penanya; yakni tentang waktu sholat shubuh yang sudah disebarkan oleh majalah qiblati.

Pertanyaan satu per satu saya jawab. Termasuk yg pungkasan, kebetulan saya membawa majalah qiblati edisi desember 2009. Alhamdulillah, semuanya puas dengan jawaban saya, semoga Alloh meridloi upaya ini….amien 19x.

Peserta pulang dan membawa oleh2 file materi dan buku praktis arah kiblat yang disusun oleh Ustadz Muslich Husein dari Pekalongan.

Acara serupa akan digelar secepatnya, dan melibatkan semua penyuluh di wilayah Depag Surakarta. Dan juga follow up dari acara ini untuk pengurs dan santri sekitar delapan Pesantren di Surakarta.

Materi selengkapnya silahkan Download di sini. Atau klik gambar di bawah ini…

Download Materi Kajian

Download Materi Kajian

Sebagian Video acara Kajian/Ta’lim Ilmu Falak di Depag Surakarta:

Iklan

3 Tanggapan

  1. wah mantap sekali acaranya pak guru :D..sukses yah

    Suka

  2. ilmu falak berarti ilmu umum yang harus disebar gratis ke masyarakat dong?

    Suka

  3. […] Agenda serupa untuk utusan Pesantren: […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: