Safari Ramadhan di VICO Kaltim

Bersama Pak Ja'iz

Bersama Pak Ja'iz

Ramadhan ke 8 s/d 13 1430 atau 29 Agustus – 2 September 2009, al-hamdulillah saya berkesempatan melakukan silaturrahim ke VICO Indonesia dalam acara ‘Safari Ramadhan’ memenuhi undangan dari Badan Dakwah Islamiyah (BDI) VICO Muara Badak Kalimantan Timur. Agenda utama adalah memberikan materi selama 4 hari-Ramadhan 1430 bagi karyawan dan masyarakat di sekitar VICO-Muara Badak Kutai Kartanegara.

Agenda utama adalah memberikan ceramah usai Dhuhur, Isyaa dan Shubuh. Pemateri selama Ramadhan adalah berasal dari berbagai daerah, termasuk saya mewakili PPMI Assalaam – Surakarta Jawa Tengah.

Sesampai di lokasi, dan mendapat schedulle, ternyata pemateri sebelumnya adalah Ustadz Didik Purwodarsono dari Yogyakarta. Sepulang beliau, saya menyusul, dan sepulang saya, segera disusul ustadz dari Surabaya. Begitu seterusnya sampai akhir Ramadhan 1430 H ini.

Mengingat mahalnya peluang ini, maka saya berusaha memberikan sesuatu yg bagi ummat, khususnya warga VICO masih langka dan juga jarang disampaikan para nara sumber lainnya, namun sebaliknya materi ini akan memberikan makna dan manfaat yg segera mudah diamalkan.

Maka saya pilih materi berupa ilmu falak, secara teori dan praktek. Meski hanya sesaat, namun dengan bantuan multimedia, alhamdulilah; materi bisa mereka terima dan seperti biasa, file2 sudah menjadi santapan untuk bisa dishare

Mendarat di Sepinggan:

Mendarat di Sepinggan Airport pada Sabtu, 29 Agustus 2009 jam 10:05 WITA. Di sana sudah stand by Pak Ja’iz dan Mas Bagus (alumni Assalaam 2000). Kedua orang ini, saya belum pernah bertemu sebelumnya. Dan setelah bersalaman langsung diantar Pak Halim dengan Nissan Serenanya ditemani mas Bagus Luhur. Pak Ja’iz baru off, dan akan masuk lagi, Senin sorenya.

Selama perjalanan, alhamdulillah saya bisa bersilaturrahim ke Auto Clingnya Pak Andjar, istirahat sejenak lalu berlanjut ke Samarinda. Singgah di Islamic Center Samarinda untuk Sholat Dhuhur. Saya terlupa dengan kompas yg di tas, maka saya putuskan untuk tidak mengecek arah Kiblat bangunan sangat mahal ini.

Usai sholat saya sempatkan untuk melihat sudut2 Masjid dan bangunan Islamic Center Samarinda ini. Luar biasa, dan memang ini adalah kebanggan ummat Islam Samarinda Kalimantan Timur. Ada Bedug yang menurut pengamatan selama ini itu terbesar.

Dari Islamic Center, mampir ke Masjid Raya Samarinda, lalu meluncur ke VICO Muara Badak.

Tiga Hari di Muara Badak – Kutai Kartanegara:

Pertama masuk VICO, lewat Gate utama langsung di’hadang’ team security, dan saya harus menukar KTP dengan Visitor Card. Baru bisa masuk, itupun setelah melalui checking ketat semua orang yang, serta Meal Card.

Selama Sabtu 29 Agustus 2009 s/d Selasa 2 September 2009; agenda full di Muara Badak. Menginap di Wisma berkapasitas 56 kamar dengan masing-masing kamar berisi dua springbed lengkap dengan AC dan kamar mandi berair panas.

Kamar ini juga dilengkapi sensor asap rokok, karena di area VICO, merokok adalah larangan. Di kamar juga ada tanda arah Kiblat. Tanda ini saya ukur, dan memang benar alias sesuai atau sudah pas…(pinter juga yg ngukur ini).

Rutinitas adalah Buka bersama di Masjid Al-Muhajirin sebagai sentral aktifitas ibadah warga muslim VICO Muara Badak, dilanjut Sholat Maghrib berjamaah, lalau makan malam di Ruang makan di Mass Hall A, sholat Tarawikh di Masjid Al-Muhajirin dilanjut ceramah atau kajian/ta’lim ba’da tarawikh, dan istirahat malam.

Sehari di VICO Mutaiara – Samarinda:

Selasa 1 September 2009 sekitar jam 07 pagi, pak Yono sudah standby dengan Nissan Serenanya untuk mengantar ke VICO Mutiara. Disamping beliau juga akan menjemput ustadz pemateri berikutnya di Sepinggan Balikpapan.

Perjalanan dari Muara Badak menuju kota Samarinda dengan melintas sungai Mahakam, dan beberapa anak sungainya, dan setelah sekitar 4 jam, yakni sekitar jam 11 siang, tibalah di VICO Mutiara.

Pak Yono langsung mencari pak Rohmat sang pengurus Masjid At-Taubah VICO Mutaiara. Dan mengantar menuju ruang transit sekaligus penginapan selama semalam di VICO Mutiara ini. Agenda siang belum ada ceramah, dan baru akan mulai Isyaa serta Shubuhnya.

Buka bersama pertama di VICO Mutiara bersama jama’ah Masjid At-Taubah VICO Mutiara, dilanjut sholat Maghrib berjamaah. Usai sholat maghrib acara rutin adalah makan malam di ruang makan. Bersama karyawan lain yg muslim maupun yang non-muslim, dengan hidangan yg tak jauh beda dari VICO Muara Badak.

Selepas makan malam, masih ada waktu sekitar 30 menit untuk bersiap melaksanakan rangkaian sholat Isyaa + Tarawikh dan kajian malam. Selama di VICO Badak, saya masih batuk berat, sehingga Imam cukup pak Fa’isol dan pak Ja’iz, namun di Mutiara ini, saya measa sudah agak mending, ya akhirnya Imam lalu memberi kajian.

Usai kajian malam, dilanjut istirahat. Namun malam itu karena di Mutiara tidak sempat memberikan dalam format multimedia, maka banyak pertanyaan dan akhirnya pak Rohmat dan Pak Herin harus bertandang ke kamar untuk sekedar mengkopi file dan bertukar pikiran sampai sekitar jam 23 waktu setempat.

Makan sahur pertama di VICO Mutiara, shubuh dan memberi kajian. Dan pagi itu pak Rohmat juga harus off berganti dengan Pak Rasyid. Sekitar jam 6 pagi wita, pak Samto sudan siap pula dengan Nissan Serenanya untuk mengantar ke Balikpapan.

Satu jam di SUCOFINDO Balikpapan:

Karena jam pesawat masih 18 sore, waktu pagi – siang transit di proyek pak Andjar di Auto-Clingnya. Tiba2 pak Agus Wahyono hadir di proyek, dan obrolan menjadi bertambah serius, namun juga lebih sering santai…

Bu Andjar bersama putrinya, sementara pak Andjar sibuk bersama ‘Koncone Wong Kesulitan’ membahas mass di lantai teratas.

Siang mendapat jatah untuk memberikan kajian ilmu falak di SUCOFINDO Balikpapan. Kajian diikuti karyawan dan karyawati yg berkantor di SUCOFINDO Balikpapan sekitar satu jam. Materi hanya sempat menjelaskan Hisab dan Rukyah Arah Kiblat. Musholla Ar-Rahman SUCOFINDO, menjadi tempat praktek mengukur kiblat; danhasilnya arah kiblat Mushollah Ar-Rahman SUCOFINDO Balikpapan sudah sesuai.

Dari SUCOFINDO berlanjut transit di rumah Pak Agus, setelah istirahat sejenak dilanjut sholat Ashar di Masjid Istiqomah Balikpapan. Dan usai ashar berjalan2 sejenak lalu menuju airport untuk check-in. Tepat setelah tanda berbuka puasa waktu Sepinggan, Mandala tujuan Yogya telah siap take off.

Jazakumulloh Ummat Islam Kaltim…Ilaa ‘lLiqoo…

Galery Safari Ramadhan 1430 H – (4 hari di Kaltim):

Iklan

3 Tanggapan

  1. mantap…sepertinya long journey yang menyenangkan pak AR

    Suka

  2. masya allah….
    tad klo pergi2 ngajak ane sih,, hohooooho

    Suka

  3. mtr nwn sdh dipromosikan .saya salut sama ustadz ! kpn bisa ketemu lg di BPN?sy tunggu

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: