Dua hari bersama Pak Sriyatin Al-Falaky

2 hari dgn Pak Sriyatin

Pak Sriyatin

Bertempat di komplek  Ma’had Aly Baitul Hikmah Sukoharjo, diadakan satu pelatihan tentang Rukyat dan Hisab. Acara ini memiliki satu misa dari Depag Sukoharjo, yakni penbentukan BHRD Kab. Sukoharjo.

Ma’had Aly Baitul Hikmah adalah salah satu Pesantren tingkat senior yang memiliki 20 mahasantri dengan program khusus tahfidzul qur’an. Dari 20 mahasantri, tahun ini telah mengkhotamkan hafal 30 juz sebanyak 10 santri.

Acara ini bertemoat di komplek ma’had aly, karena ide acara ini adalah ketika ustdz Zuhal, selaku Mudir Ma’had Aly Baitul Hikmah bertemu dengan Ustadz Sriyatin Al-Falaky di Malang.

Dari pertemuan itu disepakati akan diadakan pelatihan untuk para pengasuh Pesantren se Sukoharjo. Dan acara ini diikuti sekiytar 50 utusan pesantren dan ormas Islam serta santri Baitul Hikmah.

Acara dikemas selama 2 hari dan menuntaskan hisab arah kiblat, waktu sholat serta simulasi rukyat hilal.

Acara diakhiri dengan foto bersama, dan bagi peserta mendapatkan ilmu serta alat khusus modifikasi ustadz Sriyati yakniu Kompas Muterpas. Kompas ini memiliki fungsi untuk menentukan arah kiblat, juga untuk kepentingan rukyat karena disertai gawang hilal,  serta menentukan mata angin.

Sambutan sekaligus menutup dari Depag Kab. Sukoharjo yang diwakiliu oleh Imam Waladi, MA (teman sekelas ketika di MA Assalaam). Menurutnya, Depag Kab. Sukoharjo akan segera mebnetuk tim BHRD yang para pengurusnya mewakili masing-masing kecamatan.

Berikut beberapa album kenangannya…

semoga acara ini bermanfaat.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Ilmu Hisab yang dipakai dan dikembangkan sampai sekarang mengarah pada keakurasian dalam penetapan dan keseragaman penyusunan kalender hijri. namun hal itu hanya sebuah hayalan karena menurut saya justru yang menjadi persoalan adalah fiqih hisabnya yang tidak sama antara perorangan atau ormas Islam. sehingga pengaplikasian dari ilmu hisab semodern apapun tidak akan pernah bisa menyatukan hujjah yang masih dipegang masing-masing kelompok. tanpa meninggalkan hal itu adalah suatu keniscayaan akan wujudnya penyatuan kalender Islam.
    walaupun demikian saya sangat berterima kasih dengan banyaknya dimuat artikel semacam ini sehingga umat tidak akan mudah terjerumus pada taqlid dan jumud.
    kalau ada informasi seputar kegiatan ilmu falak mohon beritannya bisa dikirim ke alamat email saya. wassalamuallaikum.

    insya Alloh Pak Yanis…salam

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: