Event 12 Feb 2009 (Mata Angin Barat)

Mata Angin

Mata Angin

Kadang kita kesulitan untuk mengetahui posisi mata angin di sekitar kita, bahkan di tempat tinggal kita sekalipun. Bolehlah kita tanya kepada kita sendiri, sudahkan kita tahu persis mana arah barat atau arah timur atau selatan atau utara? Lebih2 mana tenggara, mana barat daya, dst. Kita mungkin bisa pakai kompas, tetapi kalau kita tidak punya atau pas kita tidak membawa..? Nah ternyata ada cara mudah untuk menentukan titik barat, lalu sikunya pasti utara/selatan.

Khusus Kamis tanggal 12 Februari 2009, saya mencoba melihat data astronomis, dan ternyata pada Kamis 12 Feb 2009 jam 07:00 WIB pagi hari, kalau kita melihat ke arah barat dan jam itu udara cerah, kita akan sempat melihat Bulan sebelum terbenam. Memang sinar matahari akan mengganggu, tetapi pengalaman saya masih bisa menyaksikan Bulan di pagi hari. Kalau sulit ya, pakai Bino.

Pada saat itu, posisi Bulan adalah tepat di arah Barat dari tempat kita (Jakarta, Solo dan yang selintang). Setelah tahu Barat, maka untuk menentukan utara atau selatan ya di cari sikunya saja. Timur pasti arah baliknya.

Berikut simulasinya:

Bulan di posisi Barat dari Jakarta

Bulan di posisi Barat dari Jakarta

Bulan saat itu pada ketinggian sekitar 12 derajat di atas horizon titik barat. Semoga tampak jelas, dan bisa membantu bagi membutuhkan.

Sekedar info:

Mata angin merupakan panduan yang digunakan untuk menentukan arah. Umum digunakan dalam navigasi, kompas dan peta. Berpandukan pada pusat mata angin, maka kita akan melihat 8 arah yaitu dengan urutan sebagai berikut (mengikuti arah jarum jam):

1. Utara (0°)
2. Timur laut (45°): Terletak di antara utara dan timur
3. Timur (90°)
4. Tenggara (135°): Terletak di antara timur dan selatan
5. Selatan (180°)
6. Barat daya (225°): Terletak di antara selatan dan barat
7. Barat (270°)
8. Barat laut (315°): Terletak di antara barat dan utara

Utara, timur, selatan dan barat merupakan empat mata angin utama. Utara dan selatan menggambarkan kutub Bumi, manakala timur dan barat menentukan arah putaran Bumi. Matahari terbit di timur dan tenggelam di barat.

Bisa juga, kalau ngajar sumpek, anak ngantuk mulu, mending di ajak ke halaman untuk apel pagi lalu lihat arah barat yg benar itu mana…? Selamat mencoba besok, lho…

Iklan

2 Tanggapan

  1. pertamaxxx..
    wah, ide yang bagus biar gak nyasar dan keder dak tau arah..

    salam kenal

    Suka

  2. wah kalo aku patokannya konsteasi bintang, itu kalo malam
    kkalo siang ya Matahari

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: