• Asal Pengunjung:

  • FB:Pakar Fisika
  • Tulisan Terbaru

  • Arsip Tulisan:

  • Komentar Terbaru

    pakarfisika di Waktu Shubuh, terlalu cep…
    Ana Wahyudi di Waktu Shubuh, terlalu cep…
    Mochammad nova hendr… di Waktu Shubuh, terlalu cep…
    udiana di Software Silsilah (Trah)
    pakarfisika di Waktu Shubuh, terlalu cep…
    Waktu subuh yang ben… di Waktu Shubuh, terlalu cep…
    Rahmadmars di Gaji DPR vs Gaji Guru
    Widodo di Waktu Shubuh, terlalu cep…
    konbud di Kapan Awal Ramadhan 1438 H dan…
    Budi Abu Ahmad di Kapan Awal Ramadhan 1438 H dan…
  • Tulisan Terlaris

  • RSS Jogja Astro Club

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • RSS Info Astronomi

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • RSS Rukyah Hilal Indonesia

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • RSS Fisika Indonesia

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • RSS Info Beasiswa

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Citra Matahari Kini:

  • Jumlah Pengunjung:

    • 2,392,030 orang
  • 50 Top Pencari:

2009: Tahun Astronomi Internasional

IYA2009

IYA2009

Tahun 2009 dipilih sebagai IYA (International Year of Astronomy, sebab di tahun ini usia Teleskop Galileo sudah 400 tahun. Tetapi tidak sesederhana itu moment ini dipilih. Terlebih dengan sebuah slogan,”Peluang Anda untuk menguak Alam Semesta”, IYA2009 melangkah pasti dengan serangkaian kegiatan ilmiah nan menyenangkan.

Mas Hanief, telah mengupas sekilas perihal IYA2009 ini, dan berikut tulisannya:

IYA2009 adalah sebuah perayaan selama setahun penuh tentang astronomi dan peran sertanya pada kebudayaan dan kehidupan masyarakat dunia. Usulan awal perayaan ini dicetuskan pada tahun 2006 oleh badan astronomi internasional yang bernama International Astronomical Union (IAU) kepada PBB. Latar belakangnya adalah sebuah peristiwa yang sangat bersejarah bagi ilmu astronomi dunia. Peristiwa tersebut terjadi tepat 400 tahun yang lalu, yaitu pada tahun 1609, ketika Galileo (1564 – 1642) menjadi orang pertama yang melakukan pengamatan langit dengan menggunakan teleskop (yang ia buat sendiri). Kemudian PBB melalui UNESCO, salah satu badan PBB yang menangani masalah pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan, mendukung ide tersebut dan pada 20 Desember 2007 menetapkan tahun 2009 sebagai Tahun Astronomi Internasional.

Tema peringatan IYA2009 ini adalah “The Universe, Yours To Discover”. Tema ini bermakna bahwa sebenarnya alam semesta (astronomi) adalah milik semua orang, bukan hanya milik astronom saja. Jadi siapapun dapat menikmati astronomi dan berperan serta dalam pengembangannya. Dan tujuan dari perayaan ini juga sangat berkaitan erat dengan itu, yaitu untuk membangun kesadaran masyarakat, terutama kaum muda, terhadap peran astronomi dan ilmu pengetahuan dalam kehidupan dan kebudayaan manusia. Karena menurut pandangan IYA2009, semua orang harus menyadari pengaruh besar yang diberikan ilmu astronomi dan ilmu alam (sains) lainnya terhadap kehidupan sehari-hari, sehingga kini dan di masa mendatang umat manusia dapat menjalani kehidupan yang lebih baik. Jadi, diharapkan kegiatan astronomi sepanjang tahun 2009 akan mengubah pandangan masyarakat sehingga apresiasi terhadap aspek inspiratif astronomi menjadi lebih besar.

Dalam IYA2009, IAU didukung oleh lebih dari 100 negara di dunia. Masing-masing negara tersebut memiliki koordinator yang akan merencanakan dan mengatur kegiatan astronomi yang akan diadakan. Kegiatan ini akan membutuhkan kerja sama antara astronom profesional dan amatir, dengan institusi ilmu pengetahuan yang peduli seperti observatorium, planetarium, universitas, sekolah, dan lembaga-lembaga lainnya.

Di Indonesia, koordinasi kegiatan IYA2009 berada di tangan Dr. Taufik Hidayat yang bekerja sebagai dosen di Program Studi Astronomi ITB dan peneliti di Observatorium Bosscha, Lembang. Dalam tim yang dipimpinnya, orang-orang dari Planetarium Jakarta dan langitselatan juga ikut ambil bagian untuk mengurusi kegiatan astronomi amatir dan sosial. Informasi lebih lengkap mengenai IYA2009 di Indonesia bisa kita temukan di situs http://bosscha.itb.ac.id/iya2009.

Tepat tanggal 1 Januari 2009, salah satu warga Jogja Astro Club sekaligus pegiat astronomi di Indonesia, Ma’rufin Sudibyo mengakhiri masa lajang. Hari itu pula jajaran aktifis JAC meluangkan waktu untuk bersilaturrahmi dan memberikan do’a atas pernikahnnya.

Tepat tanggal 1 Januari 2009, sebelum meluncur ke Kebumen; saya bersama pak Agus (driver) melaju dari Solo ke Jogja menuju Markas JAC dan RHI (kediaman Pak Mutoha Arkanuddin), di sana kita mencoba mengamati matahari, apakah ada sunspot atau tidak.

Dengan alat sederhana, kacamata matahari saya mencoba melihat matahari sekitar jam 8 pagi, lalu mencoba melihatnya pula dengan skywacther yang diarahkan ke layar; ternyata pagi itu sangat cerah danmatahari seolah mulus tanpa cacat, tanpa bintik, tanpa sun spot.

Observasi Sun Spot di Jogja Astro Club

Observasi Sun Spot di Jogja Astro Club

Selanjutnya, perjalanan menuju ke kota Kebumen. Tepat di Islamic Center Kebumen tim berhenti sejenak untuk sholat dhuhur. Sebelum melaksanakan sholat, saya mencoba untuk kembali mengamati sun spot di siang bolong itu. Cuaca di depan Masjid Amal Bhakti Pancasila Islamic Center kabupaten Kebumen cukup panas, namun matahari tetap saja indah… dan tanpa noda.

IYA2009 di Kebumen, sun-spot observation

IYA2009 di Kebumen, sun-spot observation

IYA2009 di Kebumen ini disaksikan Pak Sofwan Jannah (Dosen Ilmu Falak UII Yogyakarta dan ditemani Owwi bin Mutoha Arkanuddin)-koordinator Jogja Astro Club.

Menurut SOHO, sun spot siang itu adalah sebagai berikut:

Sun Spot versi SOHO - NASA

Sun Spot versi SOHO - NASA

Meski sangat sederhana, kita dari Jogja Astro Club, dan secara pribadi saya sudah ikut andil memeriahkan Hajatan kelas Dunia bidang Astronomi ini. Kegiatan selanjutnya adalah Observasi Gerhana Matahari Sebagian, besok 26 Januari 2009 siang-sore (insya Allah…).

Iklan

4 Tanggapan

  1. lho, iya2009 kok menyinggung masalah pernikahan juga? 🙂

    pak ar bisa aja ya, sekali jalan ke kebumen untuk silaturahmi juga bisa melakukan pengamatan matahari 🙂

    tidak lupa, nitip di sini, ucapan selamat buat pak ma’rufin yang sudah berubah statusnya 🙂

    lha wis, namanya juga hobby Mas. Pak Ma’rufin pinter, nikah pas tgl 1-1-1430 dan didownload pada 1-1-2009…salam

    Suka

  2. Assalamua’laikum. Ikut ta’aruf di sini yah pak AR…

    dengan senang hati, bang Kenuzi…salam

    Suka

  3. Pak AR rajin sekali mengamati fenomena langit…mode on : salut…kpn saya dijari secara intensif…he he he

    Lha monggo, kapan bisa ke Solo…salam

    Suka

  4. maaf pak ar baru bisa berkunjung salam taaruf

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: