‘Iedul Adha 1429: Kita bisa kompak, alhamdulillah

Sholat Iedul Adha

Sholat Iedul Adha

Berdasar pengumuman di beberapa web falak dan astronomi syar’i, saya dapatkan bahwa Saudi Arabia memutuskan bahwa tanggal 1 Dzul-Hijjah 1429 H jatuh pada Sabtu 29 Nop 2008. Ini artinya, ‘Iedul Adha akan jatuh pada hari Senin 8 Desember 2008; Saudi-Indonesia–> Serempak. Terlepas di Indonesia ada yang mau nyleneh…

Di ICOProject dot Org saya dapati, bahwa 1 Dzul Hijjah 1429 H = 29 Nop 2008 sebagai berikut (FIRST Day of Dzul-Hijjah 1429 AH in Different Countries):

Saturday 29 November 2008:

1. Malaysia
2. Indonesia
3. Saudi (After 30 Days of Thul Keadah)
4. Kuwait (Following Saudi)
5. UAE (Following Saudi)
6. Bahrain (Following Saudi)
7. Qatar (Following Saudi)
8. Iraq (Following Saudi)
9. Yemen (Following Saudi)
10. Jordan (Following Saudi)
11. Syria (Following Saudi)
12. Lebanon (Following Saudi)
13. Palestine (Following Saudi)
14. Egypt (Following Saudi)
15. Sudan (Following Saudi)
16. Tanzania (Actual Sighting of the Crescent)
17. South Africa (Actual Sighting of the Crescent)
18. UK
19. Norway
20. Trinidad and Tobago

Dan di MoonSighting dot Com: bahwa 10 Dzul Hijjah 1429 H adalah tgl 8 Des 2008, sebagai berikut (OFFICIAL Day of Eid-al-Adha in Different Countries):

December 8, 2008 (Monday):

1. Bahrain (Following Saudi)
2. Barbados (Actual sighting)
3. Egypt (Following Saudi)
4. Guyana (Actual sighting)
5. Indonesia (Govt. Announcement – Calculations)
6. Iraq (Following Saudi)
7. Jordan (Following Saudi)
8. Kuwait (Following Saudi)
9. Lebanon (Following Saudi)
10. Malaysia (Govt. Announcement – Calculations)
11. Norway (Sighting of South Africa)
12. Palestine (Following Saudi)
13. Panama (Actual sighting)
14. Qatar (Following Saudi)
15. Saudi Arabia (Official announcement)
16. South Africa (Actual sighting)
17. Sudan (Following Saudi)
18. Syria (Following Saudi)
19. Tanzania (Actual sighting)
20. Trinidad & Tobago (Following Saudi)
21. UAE (Following Saudi)
22. UK (Sighting of South Africa)
23. USA (ISNA – Following Saudi)
24. Yemen (Following Saudi)

Berdasar ini,maka Wukuf di Padang Arofah akan jatuh pada Ahad 7 Desember 2008. Dan Sholat Iedul Adha akan jatuh pada Senin 8 Desember 2008.

Selama ini, warga Muslim Indonesia, masih ada yang berpatokan bahwa sholat ‘Iedul Adha ya, ikut Saudi, sebab wukuf dipadang arofah sebagai bagian kunci ibadah haji terjadi di sana. Kapan wukuf, kita yangtidak berhaji disunnah berpuasa. Lalu sehari setelahnya kita sholat iedul adha.

Saya tidak akan mempermasalahkan, mana yang benar ikut Saudi atau lokal, sebab selama tidak ada patokan dalam berdiskusi, sampai kiamat juga tidak akan ada titik temunya…selamanya akan :

Fiihii Qoulaani

Pokok nya, tahun 1429 H, kita sholat Iedul Adha bareng…serempak…kompak…amien 19x.

Iklan

8 Tanggapan

  1. Alhamdulillah kalau ada kesamaan, cuma ada sedikit saran; selalu terlihat bahwa “korban” di kota2 besar melimpah, sementara di kota2 kecil / desa2 / daerah pelosok sangat minim. Memang sudah ada beberapa badan / LSM yang berusaha mendistribusi kan “korban” ke daerah2, tapi mereka meng-olah daging menjadi corned dan distribusinya bukan pada hari “H”.

    Suka

  2. All praise be to Allah SWT,,,

    Suka

  3. Dunia memang 1 peta.
    -Namun, dunia terbagi ke dalam zona-zona waktu setiap garis bujurnya.
    -Sehingga, mengakibatkan adanya GARIS TANGGAL MASEHI yang membelah bumi menjadi 2 (dua) bagian.
    -Ada yang sudah masuk tanggal 1 Oktober 2008 ada yang masih tanggal 30 September 2008.
    -Silahkan Abil lihat di peta Dunia.
    -GARIS TANGGAL MASEHI ini disebut sebagai: INTERNATIONAL DATE LINE (IDL).
    -Ini yang menjadi permasalahan dalam penanggalan (baik Masehi maupun Hijriyah)
    -Oleh karena itu, ditetapkanlah saat waktu Maghrib (ketika Ghurub Matahari) setiap awal bulan selalu ditandai kemunculan HILAL BULAN SABIT KECIL di satu kota.
    -Inilah yang menjadi dasar fundamental bahwa 1 kota berlakuk 1 hilal.
    -Jika kita buat peta Dunia dengan kemungkinan terlihatnya HILAL di 1 kota , maka kita bisa menyimpulkan bahwa dari 1 kota ke kota lainnya akan terbentuk deret susunan yang teratur. Artinya dari GARIS TANGGAL HIJRIYAH ke sebelah barat akan sudah bisa melihat HILAL. Namun, dari GARIS TANGGAL HIJRIYAH ke timur belum bisa melihat HILAL.
    -Daerah yang telah menlihat HILAL pada saat Maghrib di suatu kota, maka daerah tersebut sudah masuk tanggal 1 Syawal 1429 Hijriyah. Namun, daerah yang belum dapat meluhat HILAL, daerah tersebut belum masuk 1 Syawal 1429 Hijriyah.
    -Ingat, definisi HILAL adalah: Bulan Sabit awal yang hanya dapat terlihat di ufuk barat ketika matahari tenggelam dan hanya terlihat pada saat Maghrib saja.
    -BANYAK BELAJARLAH MENGENAI KAJIAN ASTRONOMI.
    -Jika menggunakan Rukyat Global, maka akan kacau penanggalan Hijriyah.
    -Misal, di kota Mekkah saat Maghrib sudah melihat hilal. Jika, menggunakan Rukyat Global, maka kota Kairo Mesir masih menunjukkan jam 17.00 Sore (waktu 1 jam sebelum Maghrib). Apakah langsung BUKA PUASA dan menyatakan bahwa di Kairo Mesir sudah 1 Syawal. Lalu, puasanya bagaimana ????????????????
    -Begitu pula di kota London Inggris (jam 15.00 waktu Ashar-> tgl Masehi = 29 September 2008), di kota Washington DC Amerika Serikat (jam 9.00 Pagi -> tgl Masehi 29 September 2008), di kota-kota Kanada (jam 8.00 Pagi -> tgl Masehi = 29 September 2008), di kota Alaska (jam 6.00 Pagi -> tgl Masehi = 29 September 2008), di Midway Island (jam 5.00 Pagi -> tgl Masehi = 29 September 2008), di Brisbine (jam 1.00 Malam -> tgl Masehi = 30 September 2008), di Tokyo Jepang (jam 0.00 Malam -> tgl Masehi = 30 September 2008), di Jakarta Indonesia (jam 22.00 Malam-> tgl Masehi = 29 September 2008 )
    -Perhatikan pula, konversi waktu dan tanggal setiap kota setiap zona waktu yang ada !!!!
    -Waktu Shalat adalah waktu kota. Matahari kita hanya ada satu. Bulan juga ada satu. Jadi, lokasi geografis tempat pengamatan juga perlu diperhitungkan.
    -Hizbut Tahrir menurut saya tidak ilmiyah. Karena konsep Rukyat Global yang tidak memperhitungkan Garis Tanggal Lunar Bulan.
    -Hizbut Tahrir telah mencampurkan antara Kalender Masehi dengan Kalender Hijriyah
    -Hendaknya kita seluruhnya mempertemukan semua ORMAS ISLAM di seluruh dunia, para ahli astronomi, dan ahli falaq hisab untuk membuat kesepakatan internasional.
    -Perbedaan tanggal Islam bukan hanya antara Hisab dan Rukyat saja, tetapi antara Hisab sendiri ada perbedaan. Hisab Muhamadiyah dengan hisah NU dengan hisab Persis dengan yg lainnya. Rukyat juga ada perbedaan. Antara Rukyat NU, Rukyat pemerintah, dengan Rukyat Hizbut Tahrir.
    -Sementara saat ini “HARUS” ikut Pemerintah Republik Indonesia. Karena di Pemerintah ada Majelis Ulama Indonesia (MUI), Menteri Agama, dan berbagai Ormas ISLAM.

    Suka

  4. Patokannya ada Pak, yaitu hadits Rasulullah berikut,

    Rasulullah SAW mengamanatkan kepada kami untuk melaksanakan manasik haji berdasarkan ru’yat. Jika kami tidak berhasil meru’yat tetapi ada dua saksi adil yang berhasil meru’yat, maka kami melaksanakan manasik haji berdasarkan kesaksian keduanya.

    (HR Abu Dawud [hadits no 2338] dan Ad-Daruquthni [Juz II/167]. Imam Ad-Daruquthni berkata,’Ini isnadnya bersambung [muttashil] dan shahih.’ Lihat Imam Syaukani, Nailul Authar, [Beirut : Dar Ibn Hazm, 2000], hal. 841, hadits no 1629)

    Artikel lengkapnya bisa dibaca di situs HATI..

    Suka

  5. sepakat dgn patokan itu, soalnya bukan itu, tetapi lebih kepada kredibilitas Majlis Qodlo ala’la di Saudi yang sering memutuskan awal Dzul-Hijjah (maaf) nyleneh…Wa Allahu A’lam…

    Suka

  6. Buat Mas Albi, saya sepakat sekali dgn ide ilmiah antum. Hanya saya koreksi ejaan ‘falaq’ yang BENAR adalah ‘falak’. terima kasih

    Suka

  7. alhamdulillah sama…saya juga lagi menunggu doa bapak-ibu dari Mekkah…..semoga semua bahagia…masyarakat Indonesia aman sejahtera…amin! pemilu lancar euy…:D

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: