Rektor UNY meninggal dunia

Rektor UNY 2006-2010

Rektor UNY 2006-2010

Pagi ini, saat saya mulai menjalankan ibadah puasa Ramadahn 1429 H hari pertama; ada sebuah sms masuk: Prof. Sugeng Mardiyono, M.App.Sc, Ph.D, Rektor UNY periode 2006-2010 telahmeninggal dunia, di RS Panti Rapih Yogyakarta sebab sakit beberapa saat. Menurut PR 1 Dr. Rohmat Wahab, M.Pd., beliau semalam sempat muntah darah. Prof. Sugeng Mardiyono, M.App.Sc., Ph.D., adalah salah satu tokoh Pendidikan yang telah mendahului kita semua…

Selama saya nyantri di UNY yang kala itu bernama IKIP Yogyakarta, beliau masih bergelar Drs. (S-1), dan saat saya menjelang wisuda (5 tahun berikutnya), beliau sudah mengantongi M.App.Sc., dari Australia. Akhirnya saat saya sudah mengabdi di dunia pendidikan beberapa saat, beliau sudah mencapai puncaknya, bergelar Ph.D.

Beliau adalah sosok Pendidik yang sangat dikagumi di kalangan guru-guru, khususnya Matematika. Bahkan saya sebagai guru fisika saja turut mengagumi beliau. Kebetulan seorang rekan guru yang dulu, adalah guru saya selama saya sekolah, Drs. M. Damar (guru geometri MA PPMI Assalaam), yangnerupakan salah satu family Prof. Sugeng M, menceritakan bahwa Pak Sugeng itu orang nya tekun, ulet, dan pantang menyerah.

Prof. Sugeng Mardiyono danSultan

Prof. Sugeng Mardiyono di kiri Sri Sultan

Beliau  memiliki biodata sebagai berikut:
 
Prof. Sugeng Mardiyono, Ph.D.

Dosen Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Uiversitas Negeri Yogyakarta.

Lahir di Boyolali, 10 Mei 1950

Pendidikan Sarjana muda di FKIE tahun 1974, S1 Pendidikan Matematika IKIP Yogyakarta, S2 Matematika di Australia tahun 1990, S3 Matematika di Australia tahun 1996.

Alamat   :   Jl. Dirgantara III/25, Yogyakarta.
Telepon   :   (0274) 510570.

Prof. Sugeng Mardiyono, adalah seorang Rektor yang berani mengambil inisiatif dan keputusan untuk memberikan Penganugrahan Dr.H.C kepada Ary Ginanjar Agustian. 

Pimpinan ESQ Leadership Centre, Ary Ginanjar Agustian, menerima gelar doktor honoris causa (Dr. H.C.) dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Dalam rapat senat terbuka UNY, Senin (17/12) dipimpin Rektor UNY Prof. Sugeng Mardiyono, Ph.D., Ary Ginanjar Agustian dinilai berprestasi menyebarkan pembentukan karakter bangsa melalui ESQ, yakni keterpaduan antara kecerdasan akademik (IQ), kecerdasan emosi (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ).

Saya mengucapkan selamat atas penganugrahan ini. Semoga cita-cita pembentukan karakter bangsa menuju Indonesia Emas 2020 diridhoi oleh Allah SWT.” pesan beliau.

 

UNY berkabung…

Selamat jalan Pak Sugeng….

Sugeng tindak pak Sugeng….

Semoga amal Bapak selama di dunia, mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT. Bulan Ramadhan adalah moment suci bagi kepulangan Bapak menghadap Ilaahiy Robiy.

Iklan

2 Tanggapan

  1. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun
    turut berbela sungkowo atas meninggalnya pak sugeng mardiyana semoga arwah beliau di terima di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkannya selalu tabah menghadapi dan iklas serta bertambah imannya. Amin

    Suka

  2. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun
    turut berbela sungkawa pula…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: