GBS 17 Agustus 2008 di Solo

GBS 17-08-08

GBS 17-08-08

Alhamdulillah, malam 17an : Sabtu 16 Agustus 2008 jam 20:00 WIB, acara rutin tiap tahun di PPMI Assalaam yakni Pelantikan OP3MIA resmi dibuka oleh MC. OP3MIA (Organisasi Pelajar PPMI Assalaam) yang dilantik pada malam ini adalah Putra, karena OP3MIA Putri telah dilantik pada Kamis sebelumnya di tempatyangsama yakni Lapangan Utama PPMI Assalaam Kartasura-Sukoharjo-Surakarta. Ceremonial seluruhnya berlangsung lancar dan acara berakhir tepat jam 22:00 WIB.

Selanjutnya sekitar jam 02:30 WIB pak Arif Rahman sms dengan bunyi singkat “Bulannya sudah growong”, maka seketika saya keluar ruangan dan berkemas untuk mencoba merekam proses dan aktifitas observasi Gerhana Bulan Sebagian pada Ahad 17 Agustus 2008 ini.

Beberapa instrumen yang saat itu kita pakai adalah:

1. Laptop dengan Simulasi Starrynight Pro Plus

2. Binokuler dengan tripodnya

3. Kamera Digital dan tripodnya

4. Webcam dengan tripodnya

5. Teleskop dua jenis, Refraktor 700×60 dan Reflektor-Meade Lx-50

Acara malam yang lumayan dingin ini menyenangkan, karena langit di wilayah Surakarta cukup cerah, sejak malam hingga pagi harinya. Saya tidakbanyak menjelaskan malam itu, karena semua alat dan pendukung sudah saya siapkan. Memang harapan saya semua santri dan pegawai yang minat bisa gabung untuk observasi.

Tetapi karena memang jam 23 an tadi malam, mayoritas santri dan pegawai barangkali masih terjaga, maka yang bisa,mau dan mampu untuk bangun memang sedikit. Nah, yang sedikit ini justru membuat saya leluasa.

17 Agustus 2008 jatuh pada hari Ahad, saat Tanah Air kita, Indonesia tepat berusia 63 tahun. Kok mirip dengan usia Rosulullah SAW yang dipanggil Allah pada tahun 11 H juga di usia ke 63 tahun. Cuman bedanya, Rosulullah SAW telah mampu membawa masa kecemerlangan, kita bangsa Indonesia masih harus banyak berbenah.

16 WIB

Observasi GBS di Solo, jam 03:16 WIB

Yach, Merdeka…hakekatnya adalah membangun. Membangun jiwa dan raga, membangun jasmani dan rohani, membangun Fisik dan moral untuk keutuhan dan masa depan yang lebih cerah tentunya.

Malam ini saya ditemani beberapa pegawai dan santri anggota Club Astronomi Santri PPMI Assalaam saat menyaksikan “indah”nya Gerhana Bulan Sebagian. Gerhana kBulankali ini hanya sebagian, artinya permukaan bulan tidak gelap total. Gerhana menjadi pembelajaran tersendiri bagi santri, apalagi disertai dengan penjelasan bahwa fenomena alam ini adalah kuasa Ilahi. Dan pagi itu sebelum sholat Shubuh dilaksanakan sholat gerhana Bulan (khusyuf) di masjid jami’ PPMI Assalaam dengan Imam dankhotib Ustadz Manshur al-hafidz.

Tahapan gerhana dimulai pada sekitar pukul 01.30 WIB, saat bulan memasuki bayangan penumbra (bayangan kabur) dan belum bisa dilihat mata. Posisi bulan pada saat itu berada di langit barat agak ke selatan. Selanjutnya pada pukul 02.35 WIB sampai 05.45 WIB, bulan masuk bayangan umbra (bayangan inti yang berada di bagian tengah, sangat gelap).

Begitu laptop ON, langsung kita cek koneksi wifi dan ternyata banyak hotspot yang aktif malam itu. Kita pilih yang terdekat dan terkuat. Begitu konek, maka YM langsung saya aktifkan, http://live.yahoo.com/rhi_surakarta juga, dan kita harap ada yang sama2 live lihat GBS kali ini.

Laporan dari Jogja, pak Toha mengatakan bahwa di di Jogja, pas di bawah pohon beringin ndak ada koneksi internet. Tetapi tempat nyaman karena ada panggung sisa acara tirakatan semalam. Acara meriah karena banyak yang ikut dan ditayangkan via LCD. Hanya Pak Toha kwalahan karena hanya berdua, sementara yangminat lihat banyak. Juga beliau mengatakan bahwa acara di UIN Sunan Kalijaga cukup ramai, di sana disediakn 10 buah teleskop oleh Panitia. Meski demikian Pak Toha yang penghulunya Jogja Astro Club ini sempat mengeluh ke saya, wah 10 teleskop yang bisa ngoperasikan hanya 2 orang..ya dari kita2.

Makanya mari kita belajar ilmu itu jangan hanya yng di bangku formal…

Pak Toha bisa pakai teleskop, bukan dari dosennya di IKIP Yk, tetapi dari dirinya sendiri…

Sebagai adik kelasnya, saya ikut2an…

Saat bayangan bulan masuk umbra, Bulan masih bisa dilihat dengan mata telanjang, tetapi bila dipakai bino kadang agak kesulitan menemukannya, apalagi teleskop. Tetapi setelah ketemu, bulan memang sangat indah karena sebagian besar kemerahan seolah Mars.

Karena tgl 15 Sya’ban, hari itu harusnya Bulan berbentuk purnama, dengan adanya gerhana sebagian, maka bentuknya seperti bulan sabit. tetapi aneh, kalau disebut bulan sabit atau Hilal, kok perbandingan antara altitude dan elongasinya sangat besar… Orientasi bulan hampir ke utara-selatan-sebuah Hilal yang langka. Hal ini terjadi karena sebagian permukaan bulan tertutup bayangan bumi, atau kata orang zaman dulu, sebagian bulan ‘dimakan’ Buta Kala.

Berikut Bulan yang pertama saya abadikan, memang agak terlambat, tetapi itu lebih baik daripada tidak sama sekali. Setelah Penumbra, kini Umbra segera “menelan” Bulan dimulai dari sisi atas Bulan.

39 WIB

GBS di Solo jam 02:39 WIB

Di bawah ini gambar lain dari GBS semalam. Setelah separonya sekitar jam 03:30 WIB, maka Umbra terus menyelimuti Bulan…

40 WIB, Bulan+Umbra

GBS di Solo, jam 03:40 WIB, Bulan+Umbra

Selanjutnya…pada jam 04:18, bagian Umbra sulit dilihat dengan teknik fotografi Av. Meski kenyataannya ada dan kemerahan, tetapi kalau gini kan laksana Hilal hari ke 3-4…

18 WIB, Bulan+Umbra

GBS di Solo jam 04:18 WIB, Bulan+Umbra

Observasi istirahat, berganti sholat gerhana bulan atau sholat Khusuf. Di PPMI Assalaam seluruh santri melakukan sholat khusuf (Gerhana Bulan) di masjid Assalaam dengan Imam dan khotib, ustadz Manshur al-hafidz.

Sholat dimulai selepas adzan shubuh, dan sebelum melaksanakan sholat Shubuh berjamโ€™ah. Walau GBS terjadi sejak jam 2 tadi malam, namun mengingat jumlah jam’ah yangcukup besar sekitar 2300 orang, maka dilaksanakanlah sebelum melaksanakan sholat shubuh.

Allahu maha Tinggi...Sujud mensyukuri keagungan Ilaahi, GBS

Sujud mensyukuri keagungan Ilaahi, GBS

Dalam khutbahnya, Ust. Manshur menyampaikan pesan, bahwa Gerhana adalah kejadian alami dan biasa serta selalu diulang di alam ini. Gerhana tidak ada kaitannya dengan mati atau hidupnya seseorang. Juga tidak boleh dikait-kaitkan dengan banyaknya musibah di Indonesia atau apapun namanya. Justru yang penting, kita wajib mengimani bahwa Allah telah ciptakan sebegitu banyak bintang dan benda langit lainyya. Bersyukurlah, bertobatlah, dan banyaklah berbuat baik di alam iniโ€ฆkarena tidak satupun benda di angkasa yang menentang kehendak Allah SWT.

Usai sholat Gerhana lalu sholat Shubuh, lalau usai Shubuh, GBS belum final…dan berikut liputannya:

GBS dari kota Solo jam 5 pagi lebih 21 menit

GBS dari kota Solo jam 5 pagi lebih 21 menit

Setelah bayangan umbra dilewati, proses gerhana berakhir pada pukul 05.45 WIB, karena langit sudah terang. Kontak terakhir bayangan Bumi dengan Bulan kira-kira pada pukul 06.54 WIB. Dan saat itu Bulan sudah tenggelam di ufuk barat….

Saya ingatkan bahwa kita sudah Merdeka…! Mari membangun…! Tidak kaitannya Gerhana 17 Agustus 2008 dengan 63 tahun HUT RI, 17 Agustus 2008.

GBS dan Lomba Panjat Pinang, Merdeka..!

GBS dan Lomba Panjat Pinang, Merdeka..!

Pagi harinya jam 07:00 – selesai diadakan Upacara 17 Agustus 2008 di komplek barat….

Lalu lomba2….

Iklan

6 Tanggapan

  1. Salam Kemerdekaan!,tukeran link ya pak:)

    Suka

  2. SubhanaLloh…Allohu Akbar!!

    Sayang sy melewatkan kesempatan itu ๐Ÿ˜ฅ

    Btw, pesananY yg buat koleksi (katanya-red) sdh bs diambil d blog sy pak. Di halaman ~UNDUH~ ๐Ÿ˜€

    Suka

  3. Sukses terus mas AR
    salam kangen dari jogja

    Suka

  4. […] shalat khusuf atau shalat gerhana sesuai tuntunan yang berlaku. Link Reff: GBS di awal tahun GBS 17 Agustus 2008 GBS 9 Pebruari 2009 GBS adalah Tafsir Kauniyah Tahun Baru 2010: Meniup terompet? atau Begadang? […]

    Suka

  5. […] shalat khusuf atau shalat gerhana sesuai tuntunan yang berlaku. Link Reff: GBS di awal tahun GBS 17 Agustus 2008 GBS 9 Pebruari 2009 GBS adalah Tafsir Kauniyah Tahun Baru 2010: Meniup terompet? atau Begadang? […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: