Pilot Adam Air, Takbir..?

Allahu Akbar...!

Allahu Akbar...!

Kontroversi seputar kebenaran rekaman Kotak Hitam Flight Data Recorder (FDR), dan Cockpit Voice Recorder (CVR) milik pesawat AdamAir dengan nomor penerbangan KI-574 yang hilang di Selat Makassar dalam penerbangan dari Surabaya ke Manado, masih menjadi obrolan hangat. Pasalnya musibah ini memang sangat tragis karena tidak satupun korban ditemukan, kecuali serpihan sayap pesawat.

Saya secara teknis, jujur juga belum 100% percaya kepada rekaman ini. Hanya setelah mendengarkan, kode2 yang diucapkan dan terdengar dalam rekaman …kok yaa agak bisa dipercaya ya…

Lalu, kok bisa rekaman ini tersiar…?

Zaman sekarang, apa sih yang bisa ditutup-i, lha wong orang jujur saja semakin menipis kok [just tadzkiroh]

Route Adam Air dari Surabaya ke Manado, jadi jarak yang musti ditempuh kalau lurus adalah sekitar 1.600 an km, lalu FDR dan CDR ditemukan pada jarak 777 an km dari kota Manado. Ya kira2, saya gambar pakai GE seperti ini, walau ini sekedar info saja…Jarak sejauh ini memang kondisi Pesawat wajib OK, kalau perlu pesawat yang baru lah. Artinya jangan asal bisa take-off, lalu ndak jelas nantinya bisa landing atau nggak. Belum lagi bila cuaca tidak bersahabat.

Rute Adam Air memang begitu jauh

Rute Adam Air memang begitu jauh

Info seputar rekaman Kotak Hitam pesawat AdamAir dengan nomor penerbangan KI-574 yang hilang di Selat Makassar dalam penerbangan dari Surabaya ke Manado, saya dapat dari beberap sumber di bawah ini:

1. Rekaman Blackbox-adam-air-bocor-ke-publik

2. Rekaman Kotak Hitam Adam Air bisa diunduh

3. Allahu Akbar, takbir Pilot Adam Air

4. Rekaman Black Box Adam Air

Suara Rekaman itu kalau saya kita baca transkripnya, seperti ditulis Radio Klinik, sebagai berikut:

Originally Posted by Black Angel
ijinkan saya rekap pembicaraannya….
(WARNING sound) : PULL…
Voice on DHI 574 cockpit : ini —-
ATC : trigana 161, the surface conditions, wind 290 degrees 07 knots, current visibility about 2 until 3 kilo mike, request descent?
in the background (Adam’s pilot chatting: —- —– headingnya…..ini posisinya dia, di sono…. iya 21 mile) .
TGN 161 : say again sir?
ATC : trigana 161, visibility 2 until 3 kilo mike, surface wind 290 degrees 07 knots, runway in use runway 13, confirm ready for approach or make holding waiting for weather improvement?
TGN 161 : affirmative, we are make holding
ATC : roger, trigana 161, now fly heading… ee… two six zero expect holding on one five miles mike kilo sierra, radial three one zero mike kilo sierra…
in the background (Adam’s pilot chatting: —- —– —–, ujung pandang…. bos…. ujung pandang jelas?)
Voice on DHI 574 cockpit : aiyyah…. cuaca di mike kilo sierra (means…. Makassar… ampun deh)
TGN 161 : —-heading 260, 15 miles holding, trigana 161
Voice on DHI 574 cockpit : loh, ini DMEnya nih yah…
iya makanya juga ngaconya disitu
nah, ini mike kilo sierra
yah…
ATC : adam 574 confirm maintain heading 070 or tracking to DIOLA?
DHI 574 : affirm
mach 74 maintaining 070…
Voice on DHI 574 cockpit : Bearing 074
anginnya dah mulai normal lagi
iyah….
ATC : Syahrizal confirm? (ATC asking for pilot’s name)
selamat tahun baru mas….
DHI 574 : Gatu
ok dicopy, disampaikan nanti, Insyaallah….
Voice on DHI 574 cockpit : —- koq DMEmu beda sama DME gambarnya ini
iyah…
ngaco dia tuh brarti
dah ngaco dah emang …dah ngaco
udah mulai gambar bambu ini
udah, kita percaya ama ini aja deh…
hehehe… iyalah….
—- cewe-cewe
makanya, terlalu jauh banget
—-
___noise___
salah lagi ini dia….
—-
iya nih
coba.. tolong confirm posisi aja, confirm on radial sekian.. 124 DME gitu
(on the background, FO calling ATC)
ATC : go ahead
—- : —- —-
DHI 574 : roger… adam 574 position is 125 miles mike kilo sierra, crossing radial 307 mike kilo sierra
Voice on DHI 574 cockpit : ok….. that’s confirm… that’s confirm
affirm
iya khan.. ngaco
ngaco FIDSnya udah —-, FMSnya…
FMS telah mengacaukan dirinya sendiri… UEDANN opo…
oi terbangnya melanglang buana eh….
TGN 161 : trigana 161, maintain visibility now
ATC : standby one
Voice on DHI 574 cockpit : ini aja kep yah
coba ini.. apa.. ee.. gw pake ini aja deh untuk navnya, pake —- audio altitude
yes
yah ini aja
TGN 161 : Trigana 161 request visibility now?
ATC : standby one
TGN 161 : standby
Voice on DHI 574 cockpit : masuk ke….
fail aja
fail?
yah, vault aja nih
—-
ntar attitude (or) altitude aja nih
ada semua —- cable? (probably AM/Air Mechanic try to repair something on cockpit)
attitude (or) altitude? nggak..
yang laen…
ATC : trigana 161 the visibility 2 until 3 kilo mike and runway change, 290 degrees 08 knots
Voice on DHI 574 cockpit : (Adam’s AM: klo angin dan headingnya saja, masukin ini …)
TGN 161 : copied, trigana 161
Voice on DHI 574 cockpit : —- SELCAL dan altitude
masukin ini
heading brapa nih kep? (FO asking)
zero… zero seven nine yah (captain)
iya
masukin ini keatas
TGN 161 : trigana 161, request ILS.. visual at runway 13
ATC : trigana 161, ee.. roger make left turn now heading on zero zero one descent two thousand feet, clear ILS approach runway 13
Voice on DHI 574 cockpit : ini kep?
taro NAV lagi….
TGN 161 : trigana 161, ….descent to two thousand confirm?
(in the background, warning sound ….—-….)
ATC : affirm
Voice on DHI 574 cockpit : taro NAV lagi, taro NAV lagi….
TGN 161 : descent to two thousand, trigana 161
Voice on DHI 574 cockpit : yes?
taro NAV lagi (in the background, WARNING sound …. —- …. WARNING alarm)
taro NAV lagi
NAV!…… ok kep?
JANGAN DIBELOKIN Nih… kita —- —–
captain, captain, captain…
(WARNING sign…. ticking….)
aduh kep, kep, kep….
ya, ya…
Allahuakbar……. Allahuakbar…….. Allahuakbar…….. Allahuakbar……..
DHI 574 : Mayday…..
Voice on DHI 574 cockpit : argh…
Allahuakbar….
DHI 574 : MAYDAY… MAYDAY…!!
Voice on DHI 574 cockpit : Allahuakbar….
allahuakbar….
(…sounds like windshield kracking…)
argh…
allahuakbar….

NB :
– DHI …. ICAO Code for Adam Air, such as GIA (Indonesia), MNA (Merpati), TGN (Trigana), LNI (Lion)
– Mike kilo sierra = MKS …. Alat bantu navigasi (VOR) di Ujung Pandang
– ATC …. Air Traffic Controller. Dalam percakapan ini adalah suara dari Ujung Pandang Approach (UPG APP).
– DME = Distance Measuring Equipment….. alat bantu penentu jarak ke station tertentu.
– DIOLA…. DR/Dead Reckoning point. Koordinat pada titik tertentu di bumi (used for navigation).
– FO = First Officer…. Copilot.
– FMS = Flight Management System…. Komputer di cockpit yang berfungsi mengatur penerbangan dari pesawat tsb.

Gelombang rekaman yang saya ambil lewat AudaCity, adalah seperti ini:

gelombang rekaman itu

gelombang rekaman itu

Saat suara takbir mulai bersahutan, maka gelombang suara menjadi tinggi di bagian akhir gambar tersebut. Awalnya didonimasi rekaman kokpit saja. Baru pada akhirnya, suara reflek mulai nampak dan gelombang memang meninggi.

Rekaman suara itu dapat didownload atau diunduh di link ini:

Download Rekaman BlackBox Adam Air di RapidShare

atau alamatnya: http://rapidshare.com/files/133783829/Rekaman_Adam_Air.mp3.html

alternatif juga bisa di sini:

Download Rekaman BlackBox Adam Air di Ziddu

atau alamatnya: http://www.ziddu.com/download/1820342/Rekaman_Adam_Air_Pakarfisika.mp3.html

Kalau mau hanya saat takbir saja di:

Download Rekaman Takbir Pilot Adam Air

atau alamatnya ini: http://www.ziddu.com/download/1820784/Rekaman_Adam_Air_Takbir_pakarfisika.mp3.html

Versi Video via Youtube yang bisa didengar tanpa perlu mendownload, silahkan klik video-Audio ini:

Kalau error juga, silahkan masuk ke YouTube, lalu kopi-paste kan alamat ini:

http://www.youtube.com/watch?v=qESY8q99ClE

Iklan

11 Tanggapan

  1. hai salam kenal juga pak Sugeng ,blognya mantap nian
    kayaknya saya ketemu sama ahli fisika nih

    Suka

  2. hai salam kenal juga pak Sugeng, blognya mantap nian
    kayaknya saya ketemu sama ahli fisika nih…

    Suka

  3. wah masak rekaman black box bisa dipalsu… lagian kalo maw malsu bwad apa iah?

    Suka

  4. wallahu’alam…

    Suka

  5. Sebenarnya sy ga mau dengar tentang percakapan terakhir pilot & co pilotnya karena sy ga kuat bayangin yang terjadi saat itu dan semua memang sdh digariskan oleh yang maha kuasa…..Allahu Akbar Allahu akbar Allahu akbar………..orang2 KNKT kelihatannya jg harus diperiksa oleh KPK nih……sy jg yakin percakapan ini ga ada yg di rekayasa…….semoga mereka smua selalu dlm ampunan Allah, Allahu akbar………buat keluarga yg ditinggalkan mungkin ini adalah jawaban dr semua tanda tanya yg selama ini saudara tngg ….dan kita hanya bisa mendoakan semoga amal dan ibadahnya diterima.Amin……dan buat maskapai adam air sy acungkan jari tengah….

    Suka

  6. hmmm…rasanya sungguh tega sekali ya yang mengatakan itu rekaman palsu??, nggak mungkin itu rekayasa sudah jelas-jelas itu kondisi sebenarnya dalam ruang pilot pesawat dan terdengar dengan jelas deru mesin pesawat tsb. dan komunikasi pilot dengan ATC. masa mau ngarang-ngarang situasi didalam pesawat persis seperti aslinya..nggak ada kerjaan banget. kalau pun itu palsu mengapa melarang disebarkan? heheh makin penasaran kan orang dan kl ketahuan itu asli akan malu tuh yg bilang palsu(dah jelas-jelas asli) …. sudah biasa dinegara kita keburukan ditutup-tutupi tapi begitu sudah ada efek akibatnya atau ketahuan, baru….cari kambing hitamnya(biasanya kalau mo lebaran haji banyak keluar tuh..heeh nggak usah dicari lagi) …saya hanya biasa mendoakan semoga para crew pesawat beserta para penumpangya diterima amal dan ibadah disisi-Nya aminnn..jodoh, hidup dan mati sudah ada yang mengaturnya…..

    Suka

  7. Saya juga masih bingung dengan kasus tersebut. Sepertinya kebenaran masih terlihat samar-samar.

    Suka

  8. Trus klo ini rekaman palsu mana dong rekaman aslinya? Apakah setiap kejadian kecelakaan hanya orang2 tertentu yg boleh tau aja? Apakah semua hanya akan menjadi cerita yg tersembunyi dan menjadikan masyarakat menjadi berdosa karena telah berburuk sangka? Pokonya saya dukung anda mas, anda telah memperjuangkan apa yg selama ini masyarakat korban ADAM AIR inginkan.
    Terima kasih…

    Suka

  9. Miris…

    Tapi marilah kita mengatakan Innalillahi… Wa inna ilaihi roji’uun..

    Sebuah luka lama yg hmpir saja kering, kini kmbali menganga, dan smkin terluka tatkala dikatakan rekaman itu hanyalah dusta. (menahan nafas) Sudahlah, yang pergi tak kan kembali. Hanya bisa brd0a yg trbaik untk mrka yg tlah prgi mninggalkn smga Allah mgmpuni sgla kslhn &d0sa mrka srta mnrm sgla amal kbjikan mreka teriring doa smg klrga yg dtngglkan tabah &ikhlas dan ALLAH melimpahkan pahala atas kesabaran mereka.amiin …

    Suka

  10. salah satu guru SMA Plus Negeri 17 Palembang tempat saya bertugas yang anaknya jadi pramugari korban adam air, percaya kalau pilot ga ada salahnya dalam hal ini. sampai saat ini istrinya masih terus menangis jika ditanya soal putri mereka. termasuk waktu kami mewawancarai untuk majalah sekolah, setelah 2 tahun kejadian.

    semoga amal ibadah para korban diterima Tuhan penguasa jagat ini.

    Suka

  11. Pesawatnya jauh bener ngilangnya 😮

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: