Buku “Ayat-ayat Semesta”

Layaknya Buku yang pernah ngetren, Ayat-ayat Cinta, kini hadir bagi para pemikir sebuah buku sains-religi, “Ayat-ayat Semesta, Sisi-sisi Al-Qur’an Yang Terlupakan“. Buku sudah berulang kali dibedah di kalangan kampus2 elit, sejak dari Jakarta sampai Surabaya bahkan pulau Bangkalan. penulis buku ini adalah Agus Purwanto, D.Sc, asal Jember – Jawa Timur. Mirip Ir. Agus Musthofa, yg juga asal Malang – Jawa Timur. Akankah Buku ini diFilmkan, juga…?

Ide awal Buku:

Fisika Teori adalah bidang abstrak dan elitis karena sampai hari ini di Indonesia, doktor dalam bidang ini baru lima belas orang. Ketika menjalani studi lanjut di kota Hiroshima dengan beasiswa dari pemerintah Jepang, penulis dapat berkonsentrasi penuh tanpa gangguan berarti dalam riset fisika teori yang penulis minati. Tetapi konsentrasi tersebut terpecah oleh beberapa faktor baik faktor agama, sosial, ekonomi, dan politik ketika kembali ke tanah air. Setiap kali penulis berusaha mencoba konsentrasi riset fisika teori selalu saja muncul pertanyaan-pertanyaan mengusik terkait dengan kondisi umat atau masyarakat yang di dalamnya penulis berada.

Kover Full Buku Ayat-ayat Semesta
Kover Full Buku Ayat-ayat Semesta

Kerja dakwah merupakan aktivitas yang melekat pada penulis sejak di bangku sekolah menengah atas awal tahun 1980-an sampai sekarang. Ketika hadir di berbagai forum pengajian dan pelatihan guru-guru fisika, penulis hampir selalu ditanya tentang kaitan antara teks-teks ayat suci Al-Qur’an dan ilmu pengetahuan khususnya fisika. Ada perasaan bersalah ketika penulis mengabaikan pertanyaan-pertanyaan tersebut lantaran konsentrasi riset. Apa peran penulis dengan ilmu yang penulis geluti pada persoalan -persoalan umat yang umumnya masih di sekitar perut dan pertanyaan-pertanyaan sangat sederhana?

Buku ini merupakan jawaban atas kegelisahan tersebut sekaligus sebagai kontribusi dan tanggung jawab penulis sebagai akademisi Muslim kepada umat lebih luas. Karena itu, semoga  dengan terbitnya buku ini pertanyaan umat tentang kaitan antara ayat-ayat Al-Qur’an dan ilmu serta wacana sains Islam terjawab. Singkat kata, semoga buku ini mampu membangkitkan kesadaran umat lebih luas bahwa sainsmerupakan bagian terpadu dari Islam yang tidak patut diabaikan. Selanjutnya umat berbondong-bondong mempelajari dan mengembangkan sains karena kebangkitan umat Islam meniscayakan penguasaan atasnya. Penulis secara pribadi berharap dapat semakin mantap mengembangkan fisika teori setelah mendapat basis pijakan nash-nash dari Kitab Suci seperti tertuang dalam buku ini.

Seklilas tentang Penulis:

Pak Agus di Jepang
Pak Agus di Jepang

Agus Purwanto, D. Sc. lahir di Jember pada tahun 1964. Menyelesaikan pendidikan S1 (1989) dan S2 (1993) di jurusan fisika Institut Teknologi Bandung (ITB), S2 (1999) dan S3 (2002) di jurusan fisika Universitas Hiroshima Jepang.

Sejak mahasiswa S1 di kalangan teman-teman Salman, penulis disapa Gus Pur. Sedangkan teman-teman penulis di jurusan fisika kerap memanggil dengan sebutan CakLaurin.

Bidang minatnya adalah neutrino, teori medan temperatur hingga, dimensi ekstra dan kelahiran jagad raya asimetrik atau baryogenesis. Penelitiannya pernah dipublikasikan di Modern Physics Letter, Progress of Theoretical Physics, Physical Review, dan Nuclear Physics. Selama kuliah S1 aktif menjadi asisten Laboratorium Fisika Dasar, mata kuliah Fisika Dasar, Fisika Matematika, Gelombang dan Mekanika Kuantum. Pernah mendirikan dan menjadi ketua kelompok diskusi Fisika Astronomi Teoritik (FiAsTe) ITB, 1987-1989. Aktif menulis di media massa seperti Kuntum, Suara Muhammadiyah, Mekatronika, Kharisma, Simponi, Surya, Republika dan Kompas.

Sejak tahun 1989 menjadi staf pengajar di jurusan fisika FMIPA Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Saat ini mengepalai Laboratorium Fisika Teori dan Filsafat Alam (LaFTiFA) ITS dan juga menjadi anggota Himpunan Fisika Indonesia dan Physical Society of Japan.

Buku-buku yang telah ditulis:

1. Pengantar Fisika Kuantum (1997)
2. Metode HIKARI: Arab Gundul, Siapa Takut? (2005)
3. Fisika Kuantum (2006)
4. Fisika Statistik (2007)

Agenda selengkapnya, ada di blog Ayat-ayat Semesta ini.

6 tanggapan untuk “Buku “Ayat-ayat Semesta”

  1. Betapa Hebatnya pak Agus ini…smoga Allah memberikan kepadaku suami dan anak yang soleh juga pinter yang berguna bagi nusa bangsa dan agama amin…. kayak pak Agus…

    Suka

  2. ass,
    tahu nomor penulisnya ga ?

    makasih,

    coba kunjungi ke blog penulisnya…saya udah kunjungi tapi belum dapat komen balik dari beliau…salam

    Suka

Tinggalkan komentar