Software Pembelajaran Fisika

Lab. Multimedia
Laboratorium Multimedia

Fisika adalah ilmu tentang alam dalam makna yang terluas. Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Fisikawan mempelajari perilaku dan sifat materi mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk segala materi (fisika partikel) hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.

Beberapa sifat yang dipelajari dalam fisika merupakan sifat yang ada dalam semua sistem materi yang ada, seperti hukum kekekalan energi. Sifat semacam ini sering disebut sebagai hukum fisika. Fisika sering disebut sebagai “ilmu paling mendasar”, karena setiap ilmu alam lainnya (biologi, kimia, geologi, dan lain-lain) mempelajari jenis sistem materi tertentu yang mematuhi hukum fisika. Misalnya, kimia adalah ilmu tentang molekul dan zat kimia yang dibentuknya. Sifat suatu zat kimia ditentukan oleh sifat molekul yang membentuknya, yang dapat dijelaskan oleh ilmu fisika seperti mekanika kuantum, termodinamika, dan elektromagnetika.

Fisika juga berkaitan erat dengan matematika. Teori fisika banyak dinyatakan dalam notasi matematis, dan matematika yang digunakan biasanya lebih rumit daripada matematika yang digunakan dalam bidang sains lainnya. Perbedaan antara fisika dan matematika adalah: fisika berkaitan dengan pemerian dunia material, sedangkan matematika berkaitan dengan pola-pola abstrak yang tak selalu berhubungan dengan dunia material. Namun, perbedaan ini tidak selalu tampak jelas. Ada wilayah luas penelitan yang beririsan antara fisika dan matematika, yakni fisika matematis, yang mengembangkan struktur matematis bagi teori-teori fisika.

Demikian definisi Fisika versi WikiPedia. Saya sangat sadar bahwa pada materi tertentu, WikiPedia belum (bukan TIDAK) layak dipakai sebagai referensi. Mengapa, karena WikiPedia adalah Ensiklopedi Bebas tanpa Batas yang dikembangkan oleh para membernya. Saya termasuk member yang sedang dan ikut mengembangkan beberapa proyek di WikiPedia. Masih sangat banyak materi yang memang belum final, sehingga menang belum layak dijadikan bahan rujukan. Untuk itu mari kita ikut melakukan sunting sampai semua materi di WikiPedia layak dijadikan referensi/rujukan.

Kembali kepada Software untuk Pembelajaran Fisika. Saya merasakan, lewat pengalaman beberapa tahun mengajarkan materi pelajaran Fisika, bahwa ternyata Pembelajaran Fisika akan lebih mudah bilamana kita memanfaatkan software. Kita bisa mengajar teori tanpa software, tetapi bila menggunakan software pemahaman siswa akan konsep yang kita sampaikan bisa lebih mendalam.

Mengapa belajar Fisika bisa tertidur..?
Mengapa belajar Fisika bisa tertidur..?

Kreasi pembelajaran dimaksudkan antara lain agar siswa tidak ngantuk dan tertidur sangat pulas. Karena memang materi Fisika sangat membutuhkan kemampuan menalar yang baik.

Bagi anak didik, cara guru menyampaikan materi lebih memberikan pengaruh besar ketimbang kesulitan materi itu sendiri. Dan ini adalah tugas para guru untuk lebih dan semakin kreatif dalam menemukan tips & trik pembelajaran Fisika yang aktif, dengan model yang kreatif, sistem penyampaian yang komukatif dan informatif, adanya pola interaktif, dengan teknik yang persuasif, dan harus memiliki nilai edukatif.

Harapannya, setelah upaya keras dilakukan, kondisi pembelajaran akan menjadi lebih baik. Ada take & give antara para siswa sebagai anak didik dan guru sebagai pengantar dan fasilitator KBM, adanya saling pengertian antara anak didik dan pendidik atau guru.

Fisika mengajarkan ketekunan
Fisika mengajarkan ketekunan

Guru, sebagai seorang pendidik sangat ingin anak didiknya menjadi anak yang terbaik, sementara para siswa sebagai anak didik juga ingin pak gurunya mampu memberikan yang terbaik bagi kemajuan masa depannya. Kondisi kelas yang serius namun tidak menegangkan, adalah keinginan para guru saat mengajar dikelas.

Lihat suasana saat ulangan, ujian sekolah, apalagi ujian nasional. Di sana masa depan ini dipertaruhkan, siapa yang serius, dia akan mendapatkan kesuksesan; sementara siapa yang malas, dia akan merasakan penyesalan yang mendalam. KBM yang kondusif lebih ditentukan oleh peran aktif seorang guru.

Begitu pula Dalam pembalajaran Fisika, banyak materi yang memerlukan peran aktif seorang guru agar bisa lebih kreatif. Diantara yang sering menyulitkan guru, adalah ketika kita akan mengajarkan materi praktikum. Keberadaan alat-alat yang sangat banyak dan bahkan mungkin kita kesulitan menemukannya, entah karena langkanya alat atau harganya yang sangat mahal; maka penggunaan software bisa menjadi solusi terbaik saat ini, dan semoga ke depan.

Sebagai seorang guru, saya berusaha menggunakan software dalam proses KBM Fisika. Diantara software pembelajaran Fisika yang selama ini saya pakai adalah sebagai berikut:

1. Besaran dan Satuan.

Saya yakin, kita semua pasti masih ingat saat pertama kali belajar Fisika, pasti bab pertama yang kita pelajari adalah materi Besaran dan Satuan. Materi ini merupakan materi dasar dalam Fisika. Bab Besaran dan Satuan selalu menempati urutan pertama, yakni selalu Bab I.

Mustahil bisa mengenal dan memahami materi Fisika bila tidak melalui materi ini. Bahkan karena terlalu seringnya materi ini diulang dan diajarkan, kadang anak didik merasa bosan meski belum memahami secara mendalam. Guru pun kadang juga asal saja menyampaikan materi ini, tidak peduli apakah siswa paham atau tidak sama sakali. Materi apapun dalam Fisika, pasti melibatkan materi dasar dan fundamental ini.

Besaran dan Satuan tidak perlu dihafal, tetapi cukup dipahami lalu untuk penerapannya; selanjutnya untuk konversi antar/lintas satuan dalam suatu besaran, software ini sangat membantu. Silahkan download di Software Konverter Satuan.

Alternatif link download juga bisa [di sini].

Konversi satuan dalam Fisika
Konversi satuan dalam Fisika

2. Play & Learn

Kinematika Gerak, Dinamika Gerak, Optik, Listrik – Magnet, Suhu & Kalor

Bermain dan Belajar, itulah nama software ini. Saya biasa pakai software ini untuk permainan dan sekaligus pembelajaran, dan juga melatih kemampuan bahasa Inggris anak didik. Software ini semua instruksinya berbahasa Inggris, sangat pas buat kelas SBI.

Terasa remeh awalnya melihat software ini, karena memang software ini didesian buat permaian anak kecil. Awalnya, saya mendapatkan software ini juga karena saat itu saya mencari game edukasi, tak taunya mendapatkan Play & Learn ini.

Dalam Play & Learn terdapat teori ringkas materi-materi dasar Fisika, dilengkapi contoh soal dalam bentuk eksperimen, jawaban dan pembahasannya, dan juga skor bila kita benar ataupun salah memilih jawaban. Meskikita pindah-pindah materi (karena bosan atau pusing pada satu materi), maka skor lama tetap dicatat dan tidak akan bisa kita kembalikan ke awal sebelum aplikasi atau software inikita restart. Kita tidak diperkenankan berlaku curang. Wouw..! hebat n keren juga nich…

Bagi yang belum punya, saya siap berbagi, dan silahkan kontak email saya. Bagi rekan2 guru yang sudah memiliki, selamat deh, betul2 menyenangkan … lengkap dengan suara alaminya dan backing-musicnya juga OK.

Play and Learn
Play and Learn

Bermain dan Belajar Fisika, benar2 seperti di Lab Fisika…

3. Software Fisika Gratis:

Kinematika, Optik, Gelombang, Relativitas

Bagi yang berminat, rekan guru maupun para siswa, silahkan klik Free Physics Software. Ada banyak pilihan software Fisika (dan lainnya) yang bisa kita manfaat sesuai kebutuhan pembelajaran kita. Bahkan bagi para guru, di sana ada peta kurikulum yang berisi 21 halaman. File ini bisa dibuka menggunakan MS Word dan bisa kita olah/edit.

4. Laboratorium Maya: (Virtual Lab)

Kalangan guru maupun siswa mesti repot kalau sudah tiba saatnya harus praktikum. Selain alatnya yang belum tentu mudah, juga mahal; Ruang kadang harus antri dengan kelas lainnya.

Nah, situs ini menyediakan layanan praktikum gratis bagi guru dan siswa.

Silahkan masuk ke Virtual Laboratory ini. Anda pilh saja, status Guru (Teacher) atau Siswa (Student), It’s Free…

Virtual Laboratory for Teacher
Virtual Laboratory for Teacher

5. Fisika Inti:

Nah, menjelang berakhirnya materi pelajaran Fisika dikelas XII SLTA, maka Fisika Modern (Radiasi benda Hitam, Teori Atom, Relativitas, Radioaktivitas) kadang menjadi kendala, hususnya dalam memahami konsep secara utuh. Semoga kehadiran software ini mampu meberikan satu jalan kemudahan. Silahkan klik di Plasma Laboratory ini. Meski harus meraba-raba, yaa itung2 buat latihan melancarkan kemampuan berbahasa Inggris kita para guru.

Khusus materi Radioaktif, di negeri kita Indonesia ini juga ada programmer (tim dari PT. Brainmatics Cipta Informatika) yang telah membuat softwarenya. Saya biasa pakai software basis Flash ini, yang tidak hanya menarik tetapi sangat ringan dan beresolusi tinggi. Kelemahnnya, software ini berlisensi, dan harus beli.

Bagi yang juga sudah punya, selamat deh…. dan berikut screenshot nya:

Screenshot Radioaktivitas Interaktif
Screenshot Radioaktivitas Interaktif

6. Oscilloscope:

Askiloskop adalah sebuah Piranti Digital yang berfungsi untuk menampilkan gelombang. Kalau kita mengenal, Mikroskop adalah alat untuk melihat yang mikro=kecil=renik, lalu Teleskop alat untuk melihat yang tele=jauh, maka Oskiloskop adalah alat untuk melihat yang oscill=bergoyang=gelombang.

Dalam Fisika kelas XII adalah materi pada Bab Listrik AC, di sana kita akan mendapatkan visualisasi bila menggunakan alat ini. Ternyata listrik PLN yang 220 dan kalau kita pegang bisa sangat berbahaya itu, ternyata bisa kita lihat wujudnya. Dia hanyalah sebuah gelombang…

Dengan Oskiloskop, kita bisa menentukan besarnya Tegangan, dan dengan Oskilskop kita juga bisa menentukan Frekuensi (jumlah getaran tiap detik) dari sebuah gelombang. Sebagai misal: Listrik PLN ternyata memiliki tegangan kisaran 220 volt, dan frekuensi kisaran 50 Hz.

Bukan hanya itu, tetapi kita yang biasa mendengarkan musik lewat apapun bentuk alatnya: Kmputer, VCD, DVD, MP3 biasa, MP4, HP, Tape atau Radio,…dsb, maka bila kabel kita colokkan ke Oskiloskop, suara musik itu bisa kita lihat bentuk geolombangnya. Bisa kita tentukan tegangannya dan bisa kita hitung frekuensinya.

Dan yang tidak kalah menarik adalah, saat kita gabungkan dua buah gelombang dengan orinetasi berbeda (horizontal + vertikal), Oskiloskop akan menampilkannya dalam bentuk Gelombang “estetis” Lissayous.

Video saat saya mengajarkan “cara kerja Oskiloskop”:

Alat (Oskiloskop) ini sangat mahal, maka Aplikasi atau software ini sangat membantu. Software Oskiloskop antara lain bisa didapat di DownLoad Oskiloskop ini.

Screenshotnya sebagai berikut:

Tampilan Layar Oskiloskop
Tampilan Layar Oskiloskop

7. Software-software Astronomi:

a. CyberSky 3.3.1

Screenshot CyberSky versi 3.3.1
Screenshot CyberSky versi 3.3.1

Software ini sangat sederhana, karena bisa dijalankan di komputer model/spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Kemampuan komputer yang kita perlukan adalah sebagai berikut.

Microsoft Windows 98, atau di atasnya.
RAM 32 MB atau lebih
Hard-disk kosong 2 MB
Resolusi monitor 800×600 atau lebih

Bagi yang ingin coba silahkan ambil / download [di sini].

Alternatif download juga bisa [di sini ]

Bagi yang ingin coba versi 4.0.3 silahkan ambil / download [di sini].

Bagi yang kesulitan mendownload, silahkan hubungi email saya.

Hanya untuk Kurikulum saat ini, pada materi apa yaa… kita bisa menerapkan software ini…?

Pada kurikulum sebelumnya, silabus Fisika kelas X atau kelas 1 SLTA pada semester 2 bagian akhir ada materi Jagad Raya, diantaranya teori terbentuknya Tata Surya. Saat itu software ini berguna.

Bagi rekan guru yang mengajar di unit Sekolah Menengah Pertama, semoga software ini masih membantu.

b. Stellarium

stellarium_pakarfisika.jpg

Software ini cukup simple juga bila dibandingkan Starrynight Pro (yang akan dikupas berikutnya), tetapi juga tetap memerlukan komputer berbasis grafis lumayan tinggi. Softare ini free dan bisa di-download di http://www.stellarium.org

Materi astronomi memang belum menjadi suatu yang dinilai penting bagi kurikulum Fisika di negeri ini. Makanya di sekolah saya bentuk kelompok astronomi, dan antusias anak didik luar biasa. Aneh memang saat Olimpiade Sains Nasional melombakan salah satunya materi Astronomi, tetapi Silabus tidak sama sekali menyebut persoalan ini. Atau saya yang kuper yaa..?

c. Starrynight

snp6.jpg

Setelah terbiasa menggunakan Stellarium dan terkagum melihat fitur yang begitu realistik, begitu mencoba dan menelusuri Software Starrynight ini, kekaguman kita akan bertambah. Tampilan antarmuka, dan fitur2nya sangat mudah dan yang pasti, “semua yang kita mau ada di sini”.

Ketika kita belajar dan mengajarkan materi Gelombang Eektromagnetik kepada anak didik, sangat penting untuk memberikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari dari manfaat Gelombang elektromagnetik ini. Sangat banyak, diantaranya adalah Satelit. Alat ini ada di mana-mana, namun yang mudah kita contohkan adalah yang ada di atas permukaan Bumi. Berapa jumlahnya, apa namanya, lalu kapan dia melintasi wilayah kita..?

Video ini menggambarkan betapa Satelit begitu banyak…

Namun, sekali lagi untuk bisa melihatnya lebih dekat, dan mengupas tuntas perihal Satelit, Starrynight adalah solusinya.

Starrynight ada dua yang biasa Saya gunakan, yakni Starrynight Digital Download atau Starrynight Backyard dan Starrynight Pro (SNP) 6. Bahkan sekarang saya mendapatkan satu lagi Starrynight Pro Plus (SNPP) 6, hanya yang ketiga ini baru saya coba sekali, lalu saya uninstall. Bedanya, kalau SNDD atau SNBY fitur dan databasenya simple atau sederhana. Sedang yang Pro amat luar biasa. Apalagi yang Pro Plus, sampai 11 GB.

Hal yang pasti, software ini membutuhkan spesifikasi komputer berbasis grafis tinggi. Bahkan ada software prasyarat yakni DirectX dan QuickTime. Software ini ada perlu serial key, dan download masternya dari http://www.starrynight.com


snby_pakarfisika.jpg

Screenshot Starrynight Backyard:

Bagi yang ingin coba silahkan ambil / download Starrynight Backyard [di sini].

Alternatif download juga [di link ini]

Sekali lagi, software ini punya pra software, yakni: DirectX dan utamanya QuickTime.

Software QuicTime 7.1.3 bisa diambil / download [ di sini ].

Kalau belum pnya juga, Software DirectX9 bisa diambil / download [ di sini ].

Setelah ke dua software pra ini terinstall baru kemudian instal kan Starrynight Backyard nya. Selamat mencoba…

Pokonya, Alam Semesta serasa di rumah sendiri…

Kadangkala, anak didik perlu diajak refreshing, belajar yang tanpa diselingi canda, membuat bosan dan cepat lelah pikiran. Misal : diajak bermain tentang teknik memcahkan botol dengan tangan:

Setelah selesai, pasti akan muncul banyak pertanyaan; kok bisa pecah..? apa rahasianya..? dan seterusnya. Saat itulah tugas pak guru untuk memberikanjawaban. Penjelasan yang diberikan kepada orang yang sedang memerlukan, akan sangat cepat dipahami.

Begitu juga saat-saat tertentu, perlu diajak menyaksikan film-film dukomentar atau sejenisnya; tetapi yang tetap mengandung unsur sains atau pendidikan. Rasanya, kita semua termasuka anak didik yang baik dan memiliki orientasi hidup ke depan; akan sangat mendambakan film-film berkualitas. Berikut contoh film astronomi yang sangat memberikan inspirasi bagi anak didik, “Deep Impact”:

Nonton Video Astronomi
Nonton Video Astronomi, malam hari

Software-software yang sudah kita koleksi, pada akhirnya perlu kita kolaborasikan dalam satu event yang melibatkan anak didik secara massal. Dalam sebuah event Astronomi, saya mencoba melakukan hal ini. Ada beberapa software bisa kita padukan untukmemberikan satu move, kepada anak didik saat itu : Starrynight, Google Earth, Video Astronomi; seperti dalam video berikut:

Masih banyak karya yang bisa kita sumbangkan untuk masa depan anak didik dan untuk kemajuan pendidikan bangsa ini…

157 tanggapan untuk “Software Pembelajaran Fisika

  1. Sangat menarik sekali jika, tentu akan lebih memudahkan siswa dalam mempelajari fisika. Terutama buat siswa kayak saya dulu, FISIKA….waduuhh…. keliatannya kok sulit banget, njlimet, bikin mumet trus malah saking mumetnya sampai tertidur….
    Buat adik2 kelas…mesti tambah semangat, Guru juga akan lebih mudah menerangkan materi.

    Suka

  2. saya kira cukup menarik dengan attachment video2 maupun gambar2,
    generally video maupun gambar lebih attractive dari pada tulisan, yang mungkin orang lebih cepat bosan (orang normal)

    Suka

  3. Memang sudah saatnya teknologi digunakan untuk memudahkan urusan….termasuk dalam pembelajaran fisika….
    Kalau pakai software, berarti kita berasumsi sekolah sdh punya teknologi pendukung…Mungkin perlu dipikirkan alat bantu mengajar bagi sekolah2 yang blm punya alat pendukung utk menggunakan software….

    Suka

  4. Bagus sekali, mas AR…
    Coba tulisan ini dikirim ke media cetak nasional. Bisa kompas, republika, media indonesia, dll. Atau dibuat versi English di website-nya.
    Biar lebih banyak lagi orang yang tertarik ke Fisika.

    Sekalian buat Club-nya Mas AR.
    Diajak jalan-jalan ke Boscha, Bandung atau Planetarium, Jakarta.

    Maju terus mas AR, terus berkarya.
    Semoga menjadi bagian dari Ilman Naafi’an.
    Amin……..

    Suka

  5. Sungguh indah nikmat Allah yang diberikan kepada umatnya, apa lagi nikmat yang diberikan serta ide yang Ustadz AR sumbangkan buat perkembangan ilmu pengetahuan di jaman serba canggih spt skrg ini,
    coba kalo boleh memutar waktu…..saya kepingin waktu dulu saya di pondok, yang ngajar fisikanya Ustadz AR heheheheheh……khan lebih enjoy belajarnya….,ok maju terus kreasi umat islam sedunia. AMIN

    Suka

  6. when i was in high school, honestly i really hated physics, hehe.. :p
    i don’t know why, but maybe because of the perception of difficulties, the killer teacher, the boring lesson and so on. but i know that physics is very important matter in this world,
    we could learn a lot of things with physics, and our daily life is full of physics,
    so i think we should thanks and appreciate with this development of “Physics Learning Software” that enable us to learn physics easier and even funner..
    i’m sure that the student, especially us the ‘Generation Y’ is more interest in that way of learning,
    wish it could be more exist and innovative!
    live the physics!! πŸ™‚

    Suka

  7. ass. salam kenal, saya guru fisika sma di sekolah swasta dan tertarik untuk menggunakan software pembelajaran play & learn kalo bapak berkenan untuk berbagi tolong kirimkan via e-mail sya software tersebut, terimakasih wass

    Suka

  8. Siiipppp……!!!!!!
    wah kerennn… tadzzzz…….
    Klo kayak gini belajar fisika yang membosankan, menjengkelkan, dan menyebalkan bisa terasa lebih menyenangkan, menarik, dan lebih mudah…..
    heeheheehehee

    Suka

  9. Assalamu’alaykum Pak Ar… hehehehee… tq dah ngunjungi blog-ku. Ngomong2 Pak Ar alumni SPA Pelemkecut juga ya ??
    Bareng Mas Zainal fanani, Mas Setyoadi dll… oke deh, kaya’nya seh qta pernah kenal di Gang Guru… Sukses buat Pak Ar.. Sukses buat Fisika… Hidup Einstein !! (eh, khan udah mati ya ??)
    Wassalamu’alaykum wr wb.

    Suka

  10. *lha katanya istri hasil nggugel juga πŸ™‚

    *dulu saya jurusan agama sih, jadi agak nggak ngeh, kaya kuwe

    *semua saran dan aplikasi lagi diujicobakan untuk putri saya yg masih sd

    Suka

  11. *katanya dulu istri hasil nggugel juga πŸ™‚

    *dulu jurusan agama si, dadi ora pati ngeh, kaya kuwe

    *semua saran lagi tak ujicoba neng putriku yg masih sd, eh, mi. kalau hasilnya ok, metode ini berarti ok. lho?

    *klambi karo kuplukmu kuwi lo sing ra nguwati…

    manjadawajada…. (apale gue kuwi)

    Suka

  12. Belum sy donlod dl..tp yg pasti sy butuh, krn sejak SMA sa jd agak ga suka sm fisika. Butuh orang-orang pecinta fisika kaya akang kalo gituh.
    Keep fight!!!
    Btw, sy link ya, insyaALLAH. Oya, pemilik zaidteen itu bukan ikhwan,,tp akhwat :mrgreen: tapi memang kurang keurus. Mau jadi penulis di zaidteen ga?

    Suka

  13. Terima kasih sudah berkunjung Pak.
    Bener2 pakar fisika.

    saya dulu senang sekali dengan pelajaran fisika. dari SMP, SMA sampai kuliah.

    Semoga blog ini memberi banyak manfaat. Supaya bangsa Indonesia juga lebih maju.

    salut dengan isi blognya Pak.

    Suka

  14. Selamat Sore
    Saya tertarik dengan Play & Learn untuk anak saya, kalau bisa minta dikirimkan ke email saya atau alamat website yang bisa saya download

    Makasih banyak sebelumnya

    Salam

    Putu Bali

    Suka

  15. Salam,

    Bagi rekan guru yang menghendaki software Lear&Paly, mohon menunggu via email masing2. Kepada para pengunjung semua, terima atas coretannya, semoga menjadikan kita lebih baik lagi.

    Wassalaam,

    Suka

  16. cara pengajaran yang bagus sekali.

    menurut saya secanggih apapun alat yang kita pakai untuk mentransfer ilmu pada anak didik, jika guru sebagai motivator dan fasilitator tidak bisa mentransfer dengan baik, sama juga mubazir.

    maju terus dunia pendidikan

    Suka

  17. Assalamu’alaykumWrWb..
    Waa..fisika?? plajaran paling susah mnurut saya..:D
    Ayoo…g boleh mikir gitu lg yaaa para siswa skolahann.kan dah ada site ini…..
    Barakallah jg,pak guru….
    Smoga ilmunya bermanfaat & jd pemberat di Yaumil Akhir nanti.Aamiin

    Suka

  18. Wah, software-nya multiguna banget.
    Sayang aku guru Bahasa Indonesia.
    Tapi, ntar aku kasih tahu sama anak-anak IPA agar bisa mengunjungi blog Anda. Kebetulan aku ngajar di kelas XII IPA.

    Tabik!

    Suka

  19. Waalaikum salam…
    Mas, makasih telah mengunjungi blogku, ternyata blog mas sangat kaya, ikut ngelink ya ke sini, kalau berkenan link juga ya blogku.
    Makasih ya Mas.

    Suka

  20. Materi dalam blog Anda luar biasa.
    Sebagai seorang guru, Anda telah menjadikan blog ini sebagai media pembelajaran.
    Menampilkan beberapa solusi mudah memahami pelajaran, apalagi semacam fisika, menjadikan blog Anda sangat bermanfaat bagi publik, khususnya siswa-siswa Anda dan orang yang membutuhkannnya.

    Siswa Anda patut bangga memiliki guru seperti Anda!

    Tabik!

    Suka

  21. Tapi saya kalo pelajaran Fisika gak pernah tidur Pak.. kalo pelajaran sejarah, iya…
    Untuk bisa punya nilai bagus di Fisika gak boleh tidur kan…
    kalo akhirnya saya masuk ke kelas IPS itu karena saya tak suka pada guru Kimia 😦

    Suka

  22. Kelas dalam dunia digital bisa diciptakan sendiri. Kelas yang tidak terikat oleh aturan-aturan lama dan membawa pemain games ini menjadi siswa Digital. Menjadi siswa digital yang bebas memilih pelajaran, memilih waktu beristirahat serta memilih kapan akan ujian dan tentunya bebas untuk terus belajar.Belajar dalam suasana kebebasan, bisa menggali potensi unik yang dititipkan Tuhan pada setiap siswa. Tidak ada guru yang marah, murid yang jahil, kelas yang ribut, sekolah yang rusak. Sebuah kelas impian dalam Games yang menarik. Bergabunglah….Kelas yang bisa diatur dalam “Klik Mouse”

    kunjungi http://www.bamboomedia.net
    Dapatkn diskon 15% untuk pembelian online gunakan kode voucher 668090

    Suka

  23. Ass.wr.wb,
    Senang mengenal Anda dan kontribusinya melalui blog ini.

    Inspiring..
    Fisika memang indah. Saya sempat mengenalnya di S1 dulu di bandung (fisika material).

    Saya skr terpleset ke area informatika…tapi rasanya pola pikir fisika masih tetap aja membekas

    Moga sy bisa mengenal Mas lbh dekat lagi.

    Wass.wr.wb

    Suka

  24. wua..unduh semua ahh.. disebar buat guru & anak2 sekolah… :d coba..jaman fi smp / sma dulu udah ada ya media pembelajaran yg sedemikian menariknya, ga bakal dapet her melulu, ehehe… thx ya pak..

    Suka

  25. wah…. bgs jga niey! kbetulan (sbnrny g’ kbetulan sih) sya trmasuk murid yg “oon” dlm fisika! hhhee…. maklum… klo pake berhitung otak sya g’ bsa diajak kompromi. o ya, trimz udah ngunjungi blog aq, met puasa.

    Suka

  26. assalamu’alaikum
    blognya sangat membantu,
    pak Ar saya mau bertanya?
    menurut bapak pemanfaatan laboratorium alam untuk praktikum fisika itu berkaitan dengan materi apa saja njeh??khususnya materi untuk SMP.
    bapak pakar fisika jadi saya hanya ingin tahu informasinnya saja.
    terimakasih
    wassalamu’alaikum

    Suka

  27. pak saya guru fisika di smp 2 banda aceh, saya udah punya software play n learn,tapi kenapa ya ga mu jalan ya di komputer? gimana cara menjalankann format DAA nya

    Suka

  28. jazakallah akhi kabir wa syukron…..
    atas kontendi blogg ini sangat bermanfaat.
    usulan……..
    kalau bisa di tambah perspektif ayat al-qur’an nya ok ok ok

    OK, thanks masukannya…

    Suka

  29. Eemmm,saya suka sekali dengan pelajaran fisika ,apalagi kalau ada uji prakteknya.Tetapi sayang saya sudah nggak sekolah lagi,mudah-mudahan apa yang ada di sini bisa bermanfaat untuk pengunjung blok ini.

    Semoga sukses selalu untuk karya-karyanya.

    Tetap semangat dan selalulah tersenyum di dalam kasih sayang Allah:smile:

    Salam damai selalu…

    wouw…jazakillah ya Ukhtii…salam

    Suka

  30. ck..ck..ck…mantabs
    blog yang bermutu, disaat orang lain bikin blog cuma buwat kece2an donk, eh blog ini udah nguprek2 tentang fisika n bisa donlot software2 canggih segala
    mantabss
    salam kenal y

    Suka

  31. saya ni dari smp nilai fisiki ku pasti banter 3-5
    intinya low……….
    mo naya ni?
    bisa di buktikan secara fisika gak, bau kasturi itu harum?
    kata orang sih harum.
    pa betul itu…..?

    betul…kata orang sih; kalau kata fisika, harum atau tidak sama saja, sebab urusan bau-abuan itu di kimia. Fisika sebatas kaji fisik nya saja, OK Mr. Junun…salam

    Suka

  32. Saya pengin download starry nightnya. Btw untuk
    Software QuicTime 7.1.3 & Software DirectX9 kalo bisa dikasih link alyernatif lainnya , soory kita tidak punya account divsharenya.
    tanks

    OK, saya sedang coba ke ziddu, Friend…salam

    Suka

  33. Sesusah-susahnya fisika—bahkan sampai membuat saya harus enyah dari ITB—saya sudah jatuh cinta.

    Terus bagi-bagi “ilmu mengajar fisika” nya ya Pak. Subhanallah, jarang saya ketemu guru fisika seperti ini πŸ™‚

    Suka

  34. Belajar fisika memang sangat menarik, apalagi jikalau dipresentasikan ke dalam multimedia terlebih lagi jika kita dapat mempraktekannya di alam terbuka pasti jauh lebih menarik lagi…….

    Suka

  35. assalamu’alaikum ustad.
    ustad dulu kita pernah ketemu di assalaam. saya dulu pernah ngajar di smk assalaam, temennya ustad zaiunul smk.
    ustad saya akan mengadakan penelitian tentang ” Pembelajaran fisika dengan pendekatan keterampilan proses melalui laboratorium real dan virtual ditinjau dari kemampuan matematika dan kemampuan fisika terhadap prestasi fisika siswa”
    disini saya kesulitan dalam membuat instrumen lab virtualnya, dimana didalamnya dituntut semua sikap ilmiah siswa bisa ditanamkan melalui lab virtual tersebut (menghipotesis,melakukan prosedur,menabulasi data, menganalisis, serta mengkomunikan)
    waktu2 ini saya sudah cari di internat yang free sofware tapi sangat sulit. klo ustad punya hasil donloadtannya ……

    Suka

  36. boleh ndak ustad saya pinjem ataupun saya kopi. syukron sebelumnya.
    wassalamu’alaikum

    silahkan unduh file saya yg di internet itu, selebihnya saya belum ada. Atau bila berminat, coba search ‘learn and play’…salam

    Suka

  37. mas salam kenal. mas punya film fiksi ilmiah dan dokumenter yang bisa dikaitkan dengan materi gerak untuk anak smp. tolong infonya ya mas. thanx for all

    Suka

    1. salam,

      Mas Hadi Wahyu,

      sebenarnya, film dimaksud sangat banyak, coba cari dan pinjam di VCD/DVD rental. Kalau yg saya punya, lebih banyak terkait astronomi yg juga saya banyak kopi dari rental itu

      wassalaam,

      Suka

  38. wah..
    assalamualaikum…
    sangat menarik sekali softwarenya..
    dapat memunculkan minat siswa dalam belajar fisika..
    bagus

    Suka

  39. Terimakasih banyak buat Pak Ar, yang dengan rela berbagi. Pak Ar yang baik, saya tertarik dengan Play & Learn, kalau PaK Ar berkenan, tolong dikirim ke emal saya. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak

    insya Alloh…salam

    Suka

  40. Pak Ustadz,

    Itu starrynightnya berarti bajakan ya..?
    halal gak tuh klo bajak2 gini..?

    Itu dari mr Morte, kalau yg SNPro saya beli langsung ke USA, resmi dari Imaginova. Serial dan usernya atas nama saya sendiri, amin semoga halal ya….salam

    Suka

  41. saya tertarik sekali dengan pembelajaran fisika berbasis IT, karena dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar. Buat teman2 yg punya software menarik untuk pembelajaran fisika, bagi-bagi ya??

    Suka

  42. saya adalah seorang guru fisika di sma
    saya ingin sekali menggunakan play and learn fisika ini
    mudah2an anda mw berbagi
    supaya qt bs bersama mencerdaskan anak bangsa
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    Suka

  43. Asslm
    very nice..
    Saya tertarik dengan Play & Learn, pengen juga yang fisika inti “Radioaktif” sayang berlisensi,.kalau bisa mohon play & learn dikirimkan ke email saya atau alamat website yang bisa saya download. ditunggu nggeh,! menarik ^_^

    Terima kasih

    karena data saya di ziddu banyak yg expired, coba saya carikan cara lain dulu…salam

    Suka

  44. pak…. makasih banyak telah share info yang berguna. saya juga seorang pengajar fisika di suatu institusi, yang bermimpi anak-anak indonesia menyukai fisika, dan menjadikannya sebagai ilmu yang menarik. saya tertarik dengan software play & learn, dapatkan anda berbagi dengansaya?. terima kasih.

    maaf, ada trouble di ziddu saya, file terhapus oleh admin/server ziddu.com… semoga bisa saya update lagi

    Suka

  45. izin ctrl+D pak πŸ˜€
    ==========================================
    “Sharing ilmu pengetahuan yang tidak ada habisnya”
    ==========================================

    Suka

  46. boleh tidak pak saya di bagi yang Play & Learn?
    perlu referensi buat skripsi nih.

    Maaf. link di Ziddu udah hilang; saya sedang coba masternya juga masih blm jalan. Mhn rekan2 yg udah pernah saya kasih link dan sukses DL, bisa share di sini. Maaf para pengunjung yg blm sempat saya balas… salam

    Suka

  47. aslm. pak, kalau berkenan minta dikirim email yang software Play and Learn. Terimakasih.

    Maaf, file saya sedang error. Tlg yg pernahsaya kirimi bisa bantu…salam

    Suka

  48. Pak makasi untuk informasi nya kami sangat membuthkan aplikasi virtual lab ini apa lagi seperti kami yang ada di papua pak sangat tertingal jauh dari daerah lain pak kalu bisa kami sangat memerlukan aplikasi virtual lab khususnya tetntang osiloskop . kira bagaimna kami bisa mendaptkan nya pak.

    silakan unduh via banyak link, salahsatunya di atas itu.

    Suka

  49. Trmksih pak informasi nya ,software ini sngat membantu bgi saya calon guru fisika biar bisa mempermudah saya belajar dan mengajarkan kepada siswa kelak,saya berminat software play & learn ,blh mnt share ke email saya pak?di endanglistani@hotmail.com

    mhn maaf, file saya di ziddu sedang trouble-hilang, semoga saya bisa adakan lagi link DL nya. Tks

    Suka

  50. Trmksih pak informasi nya ,software ini sngat membantu bgi saya calon guru fisika biar bisa mempermudah saya belajar dan mengajarkan kepada siswa kelak,saya berminat software play & learn ,kalau bpak berkenan saya minta untuk share ke email saya pak ke endanglistani@hotmail.com

    mhn maaf, file saya di ziddu sedang trouble-hilang, semoga saya bisa adakan lagi link DL nya. Tks

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s