Moon @ Last Quarter

Observasi kawah bulanSelasa memasuki Rabu, 24 Juni memasuki 25 Juni 2008, adalah fase dimana Bulan memasuki Seperempat Akhir (Last Quarter). Malam ini saya berhasil menyaksikannya, dan bila diamati serius, Bulan layaknya Bola yang berlubang separoh bagian atasnya. Indaaaah sekali, Subhanallah…


Detik2, setelah merampungkan Penegasan Sipenwaru gelombang 2, dan setalh memastikan data terupload di Web, sejenak menikmati pemandangan indah langit di saat liburan santri. Suasana Pondok Pesantren modern Islam Assalaam Sukoharjo memang sangat sepi bila dibanding saat santri penuh dengan beragam aktifitasnya. Mereka kini sedang menikmati liburan sekolah. Dan saya yakin, santri yangtergabung dalam ekstra kurikuler Astronomi, menyempatkan melihat keindahan ciptaan-Nya (Bulan memasuki fase akhir…) ini.

Saya coba lihat di Software (freeware) Moonphase 3.1-‘the Southern Hemisphere’, karya Henrik Tingstrom (www.tingan.com), dengan setting lokasi : Solo (7°S.33 110°E.46, time zona = GMT + 07, alt= 111 meters), bagian yang gelap berada di sebalah kanan monitor/layar. Dari data di Moonphase 3.1, Bulan akan mengalami 4 fase masing-masing:

New Moon atau Bulan Baru pada tgl 3 Juni 2008,

First Quarter atau 1/4 awal pada tgl 11 Juni 2008,

Full Moon atau Bulan Purnama pada tgl 18 Juni 2008, dan

Last Quarter atau 1/4 akhir pada tgl 25 Juni 2008.

MoonRise versi moonphase 3.1 adalah @ 22:10 LT (selisih 4 menit dari SNPP 6). Foto dan Data di moonphase 3.1 adalah sebagai berikut:

Bulan di Freeware Moonphase 3.1

Citra Bulan di moonPhase 3.1 serta Data2nya

Di lokasi yang sama; Pada Selasa, tanggal 24 Juni 2008 (21 Jumadal Tsaniyah 1429 H), data Starrynight Pro Plus 6, sebagai berikut: MoonRise @ 22:06 LT, Fase bulan 69%, jarak 384.399 km (jarak bisa berubah setiap detik, meski ordenya dalam meter). Foto Bulan dari SNP 6 jam 22.54 LT:

54 LT

Gambar di SNP 6:

Pemandangan bulan sebenarnya di Alam yang sempat saya abadikan dengan Camera dan Binokuler adalah sebagai berikut: (mirip dengan yg di Simulator, eh…kebalik: Gambar di Simulator mirip dengan Karya Ilaahi…!)

Fase Bulan ke 1/4

Bulan jam 22:54 WIB, by Canon DSLR mode tv + Binokuler

Foto Bulan tanpa Bino dan mode kamera flash-off, sebagai berikut:

Bulan dari Kantor Assalaam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: