Sun @ Solstice

Sun at the northern solsticeHari ini, adalah Summer Solstice @ 06:59 WIB (Geosentris). Summer Solstice adalah saat matahari berada di titik paling Utara atau sering disebut sebagai Tropic of Cancer yaitu garis paralel 23º 27’ di Utara ekuator Bumi. Hari ini siang paling panjang di Belahan Utara dan paling pendek di Selatan. Dan perhatikan serta amati, posisi matahari akan mulai bergeser lagi ke Selatan.

Tepat tgl 21Juni, Matahari selalu muncul atau terbit di bagian utara dan bukan timur. Istilah mata anginnya Timur Laut. Tetapi tidak juga, karena timur laut itu pasnya yaa kalau 45 deg dari utara atau timur. Tetapi sudut solstice ini 23,5 deg LU saja.

Tgl 22 Juni dan seterusnya, posisi matahari terbit dan terbenam mulai bergeser ke arah selatan. Sehingga nanti pada tgl 21 September akan pas di titik timur saat terbit dan titik barat saat terbenam (di khatulistiwa).

Nah antara Juni – September, matahari sempat singgah di azimuth Ka’bah, yakni pada tgl 15 Juli 2008 jam 12:26 Waktu Mekkah atau 16:26 WIB (kira2 itu). Saat itu semua bayangan matahari dari benda vertikal pasti menuju ke titik koordinat Ka’bah alias Kiblat.  Inilah Roshdul Qiblah.

Pada hari ibu yakni 22 Desember, posisi matahari akan pada ujung selatan – solstice. 23,5 deg LS.

Mengapa ini bisa terjadi, yaa memang itu sudah menjadi takdir Ilaahi. Tetapi bagi kita yang juga adalah makhluk Ilaahi yang diberi akal untuk berfikir, ada baiknya merenungkan hikmah di balik fenomena ini. Toh, tujuannya untuk mengagungkan kuasa – Nya. Selengkapnya silahkan baca di link ini Mihaadan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: