Seminar Mawaris

Ustadz Mui\'in di Seminar MawarisPagi ini -Ahad, 1 Juni 2008 -saya menghadiri sebuah acara yg langka yakni Seminar tentang ilmu warisan. Seminar diselenggarakan oleh Majelis Mawaris Indonesia dengan tema: ‘Perlunya Perhitungan Harta Suami-Istri untuk Keberkahan Dunia Akhirta’. Seminar yang menghadirkan dua pembicara yakni Ustadz Abdullah Malik Akbar-penyusun VCD Mawaris dan Ustadz KH. Dr. Mu’inuddinillah Bashri, MA. bertempat di Gedung Persaudaraan Haji Indonseia – Baron Solo.

Seminar diikuti oleh peserta dari masyarakat Islam dan juga dihadiri para tamu undangan antara lain dari berbagai lembaga Islam di Solo, Assalaam salah satunya. Acara dimulai sekitar jam 08.30 WIB dan berakhir menjelang dhuhur. Usai acara, sholat dhuhur berjama’ah di Masjid setempat dan selesai sholat, saya ketemu temen yang sudah lama gak pernah ketemu…Tatang Jauhari Asfani.

Fiqh Mawaris atau yang lebih dikenal dengan “Hukum Faraid” merupakan cabang ilmu fiqh. Ilmu ini dianggap separoh bagian dari ilmu syari’ah. Dengan mempelajari buku ini dapat diketahui sumber-sumber hukumnya, sahabat yang terkenal berperan dalam perkembangan hukum ini, dan sebagainya.

Dalam hal warisan, masyarakat kita lebih menghendaki pembagian yang sama. Adil dalam konsep Islam tidak berarti sama rata. Fiqh Mawaris memaparkan sistem pembagian harta warisan yang seharusnya kita terapkan selaku umat Islam.

Seminar Mawaris di IPHI - Baron Solo

Awalnya, saya memmbayangkan bahwa acara ini akan dihadiri peserta yang sangat banyak, karena langkanya ilmu warisan/faro’idl ini. Ternyata masyarakat kita saat ini lebih suka yang ramai2 ketimbang serius berfikir. Kebanyak kita lebih suka yang berbau fisik ketimbang otak. Kebanyakan kita senang menyerahkan urusan yang pelik ini kepada orang yang lebih mampu dan kita pinginnya terima jadi. Kebanyakan kita suka hidup yang instan-langsung siap.

Syukurlah, di Seminar ini masih ada juga manusia2 peduli yang mau pikirkan ilmu langka ini. Saya angkat jempol buat Panitia yang telah ingatkan ilmu yang dikupas tuntas Al-Qur’an ini untuk kita pahami dengan lebih mudah.

Seminar ini juga penting mestinya bagi para guru Fiqh, ya disamping bisa untuk nambah point pra-sertifikasi juga bagaimana menvisualkan proses pembagian harta warisan sesuai syari’at Islam.

Sekilah pembagian harta warisan bisa dibaca di link Mawaris Pak Khotib ini.

Bagi yang tidak mau pusing dapat menghitungnya secara On line di Mawaris Online ini (IRTH).

Di program ini kita tinggal memasukkan nama2 ahli waris dan, tinggal klik, maka akan muncul hasilnya secepat cahaya (gelombang elektromagnetik)… he he

Atau kalau mau lebih mudah, gak usah online, silahkan DownLoad Software HTMLnya di DownLoad Mawaris ini (IRTH).

Kalau mau beli VCD Mawaris, silahkan hubungi no majelis Mawaris Indonesia di Solo 0271-80 70 118, atau order di email almawaris@gmail.com

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Assalamu ‘alaikum wr.wb.
    Saya tertarik sekali tentang mawaris ini, karena selain untuk pengetahuan saya pribadi juga ingin kami sebarkan ke wilayah kerja kami yaitu KUA Kec. Karangmojo Kab. Gunungkidul, DIY. Karena sepertinya saat ini sudah tidak banyak masyarakat yg menghitung warisan secara islami sehingga sering timbul permasalahan diantara ahli waris.
    Sayangnya saya coba download sofware mawaris seperti yg ditawarkan di atas, sudah tidak bisa didownload lagi.
    Jika Pak AR berkenan, mohon saya dikirimi link untuk download agar bisa kami sebarluaskan, bisa diirimkan linknya lewat email ke: adit.nr@gmail.com, agar bisa sy install di kua kami.
    Sebelum & sesudahnya kami ucapkan terima kasih.
    Wassalamu ‘alaikum..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: