Memburu Pantulan Sang Surya

Rukyatul Hilal Tua – Rabiul Akhir 1429 Hijriyah @ sunrise

Pagi ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal tua untuk menentukan akhir bulan Rabiul Akhir 1429 Hijriyah dari Pos Observasi Hilal Tua di dusun Bendo desa Ketitang kecamatan Juwiring kabupaten Klaten Jawa Tengah. Seperti biasanya saya  mencoba memburu hilal akhir bulan. Pada hari ini, Bulan Terbit jam 05:04 LT (WIB), sementara Matahari terbit jam 05:39. Saat SunRise -posisi hilal di lokasi saya melakukan observasi menurut kalkulasi program Starrynight cukup tinggi yaitu 6°56′, sehingga berdasarkan kriteria Danjon, masih memungkinkan dilakukan rukyat asal cuaca cerah.

Pelaksanaan rukyah Hilal Tua bulan ini dua kali, pertama saya lakukan di PPMI Assalaam pada Ahad, 4 Mei 2008, begitu keluar masjid sehabis sholat Shubuh, eh, sang hilal nongol dan begitu indah. Langsung menuju lokasi lapang dan dengan kamera Canon DSLR EOS Kiss N Series saya abadikan lah sang hilal tua. koleksi Hilal Tua 4 Mei atau 27 Rabiul Akhir 1429 H ada di blog CASA.

Rukyah Hilal tua kedua saya lakukan di persawahan Klaten. Seperti biasa sholat Shubuh bisa berjamaah. Usai dzikir secukupnya, lalu turun ke medan lapangan, sawah di tengah dusun Bendo desa Ketitang kec. Juwiring, kab. Klaten (7° 41′ 39.17″ S,110° 44′ 20.64″ E, GMT+7, elev=98 m) sekitar jam 05.15 – 05.35 WIB) observasi Hilal Tua dilakukan. lokasi ini tidakjauh dari PPMI Assalaam, sehingga posisi hilal masih relatif sama.

Hasilnya, nihil alias tidak tampak (NOT SEEN) karena cuaca sangat mendung dan langit timur diselimuti awan cukup tebal bahkan disertai kabut di pagi hari. Gambar di bawah adalah posisi Hilal Tua itu:

Hilal Tua yang sembunyi, pakarfisika

Hilal Tua yang sembunyi di balik awan

Kalau cuaca cerah, maka akan nampak pemandangan alam yang cukup indah yakni hilal tua yang tipis didampingi Venus dengan mag=-3.89. Gambar di bawah adalah simulasi Hilal Tua versi Starrynight Digital Download/Backyard:

Hilal Tua R-Akhir 1429 H, by SNDD -pakarfisika

Hilal Tua berdampingan dengan Venus

Senin hasil observasi dua kalu ini saya laporkan ke ICOP, dan beberapa hari kemudian Mr. Odeh akan segera mempublikasikan bersama penampilan Hilal Tua dan Muda hasil pengamatan para pelaku Falak di seantero jagad.

berkas respon dari laporan saya ke ICOP

Sampai jumpa di Rukyah Hilal Tua bulan berikutnya, yakni bulan Jumadal ‘Ula 1429 H,  penampakan Hilal hakekatnya adalah pantulan cahaya dari sang Surya alias Matahari. Maha Besar Allah yang Maha BerIlmu…[]

Iklan

3 Tanggapan

  1. Subhanallah….

    Suka

  2. pakar fisika salam kenal balik. thanks 4 ur comment in my site

    Suka

  3. Salam ustaz,
    catatan ana sepanjang di tanah air ustaz sudah ana tulis di majalah Anis. Insya Allah, bila tersiar di pasaran akan ana kirimi ke ustaz. Banyak nak bincang dengan ustaz tentang program wisata ke sana. ramai kawan2 mula teruja nak ke sana juga.
    salam manis dari ana puteri Malaysia.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: