Soal dan Pembahasan UAN Fisika

Jurus Belajar Fisika
Jurus Belajar Fisika

UAN tinggal menunggu dalam hitungan hari. Sebagian besar siswa merasa ‘serba bingung’, antara harap-dan-cemas. Selalu terbayang, kira-kira LULUS… atau GAGAL. Kalau LULUS, maka betapa bahagianya, bila GAGAL betapa..?!!?

Kira2 ini suasana yang terjadi di lingkungan sekolah di seluruh Indoensia, khususnya siswa kelas III SLP dan SLA.

Sabtu, 5 April 2008 lalu Pak Yohanes Surya ke Solo bertemu dengan para guru Fisika se Surakarta, saya awalnya ditawari sama kepala Sekolah saya, namun karena beliau menyebutnya pada Jum’at, maka saya menolak karena saya ada agenda khusus tiap Jum’at lebih-lebih Jum’at Pahing yang tidak bisa saya tinggalkan.

Eh, ternyata Pak Yohanes datang ke Solo pada Sabtunya. Tak mengapa karena terakhir saya masih sempat ketemu Pak Yohanes di Yogyakarta saat acara pelatihan guru Fisika di Universitas Negeri Yogyakarta. Kala itu beliau mendemokan cara memecah botol air minum (Teh Botol) cukup dengan tangan. Ilmu beliau ini saya alihkan ke anak didik saya seperti yang bisa dilihat pada halaman YouTube saya (sebagian video di sana ada yang tentang Pecah Botol).

Walau gak sempat ketemu, tapi saya lumayan dapat sesuatu untuk menghadapi UAN anak didik ntar… ya link di bawah ini, bagi para guru khususnya para siswa maupun siswi yang belum tahu, silahkan download, silahkan unduh, silahkan ambil, silahkan kopi, silahkan bawa pulang, silahkan print soal dan pembahasan UAN Fisika SMA/MA/SMK berikut juga soal-pembahasan IPA SMP/MTs:

Untuk mendapatkan soal-soal Latihan UAN silahkan download dari link berikut ini:

SMA:
Fisika : – Soal Latihan Fisika Paket 1
Pembahasan Soal Latihan Fisika Paket 1

SMP:
IPA : – Soal Latihan IPA Paket 1
Pembahasan Soal Latihan IPA Paket 1

Makasih Bu Kikit yang telah menularkan pengalamannya kepada saya sebagai guru yang pernah belajar Fisika kepada atau dari beliau…

Modal Persiapan UN:

Saya merekomendasikan untuk mempelajari Fisika dari Konsep Dasarnya. Modal ini sangat membantu dalam memahami soal. Silahkan klik gambar di bawah atau juga bisa di SINI.

Jurus Belajar Fisika

Ada juga program yang sangat membantu dari TV Edukasi tentang persiapan menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Akhir Nasional maupun ujian Akhir Sekolah, namun sangat disayangkan adalah program TV Edukasi ini belom bisa dinikmati oleh kebanyakan siswa, karena sulitnya akses ke TV Pendidikan itu. Untuk bisa melihat TVE, kita musti sediakan parabola. Memang via TVRI bisa namung hanya saat tertentu yang justru proses belajar di Sekolah sedang sibuk2nya. Setidaknya di sekolah saya, entah di sekolah lain…

Andai TV Edukasi bisa kita lihat semudah layaknya TV swasta, maka masa depan negeri ini akan beda. Apa yang kita pelajari hari ini belum ada dampaknya untuk kita kali ini, namun apa yang kita ajarkan kepada anak didik kita kali ini adalah sesuatu yang akan merubah masa depan. Akan kita apakan masa depan mereka, dengan pendidikan inilah salah satu caranya…

Saya masih mengandai-andai…lagi

Bila TV swasta yang sangat marak di negeri ini memberikan sedikit durasi tayangannya untuk pendidikan..?

Bila TV swasta yang sangat marak di negeri ini mengurangi tayangannya yang kurang bahkan tidak mendidik..?

Bila TV swasta yang sangat marak di negeri ini menampilkan informasi dari sekolah ke sekolah..?

Bila TV swasta yang sangat marak di negeri ini mengupas biografi para tokoh pendidikan dan ilmuwan…?

Kami para guru tidak menuntut ditayangkan sebagaimana TV membombardir sisi kehidupan para bintang film lewat acara2 unggulannya…’infotainment’…

Semoga kelak anak didik saya bisa mendirikan stasiun TV yang cerdas dan mencerdaskan…

amien…19x.

===sahabat saya, ust. Maryono punyai beberapa tambahan. Silakan Download / Unduh di link berikut:

Pembahasan UAN 2000: download

Pembahasan UAN 2001:  download

Pembahasan UAN 2002: download
Pembahasan UAN 2003: download
Pembahasan UAN 2004: download
Pembahasan UAN 2005: download
Iklan

69 tanggapan untuk “Soal dan Pembahasan UAN Fisika

  1. belajar fisika atau kalo perlu bila di UNASKAN sebaiknya bukan pada soal hitungan tapi sebaiknya paaki soal KONSEP fisika itu sendiri, saya tahu sendiri buku karangan Pak Yohanes Surya itu ……waduh banyak hitungannya dan njelimet. Pernah saya ikut Olimpiade Fisika tingkat SMA waduh sulitnya minta ampun untuk menunkan satu rumus soal fisika. Gimana kalo pemerintah ngasih soal FISIka itu cuma teori aja jangan pakai hitungan segala apalagi dengan cara Pak Yohanes Surya ammpuunnnn deh mungkin hanya segelintir yang bisa mengerjakannya……

    Suka

  2. Amin Ustaz. di Malaysia, fenomenanya sama. Tapi masih ada ruang khusus untuk TV Pendidikan iaitu setiap hari sekolah pagi (isnin-Khamis) di channel awam. Cuma, tayangannya masih tidak semenarik rancangan2 hedonis lain.

    Salam penghormatan dari ana di Bumi Malaysia. Masih berguntur ingatan pada Solo, Mantingan dan Yogya.

    Suka

  3. Insya Allah tat ana sampaikan salam ustadz kepada Pak Sirizar, Pak Munadi, Pak Sofwan, Pak Imam Mujahid, dll.
    ana sangat setuju dengan cita-cita ustadz dan kaum muslimin seluruh dunia yang berkeinginan mempunyai TV yang acaranya membawa kecerdasan dan keIslaman, kapan generasi penerus akan cerdas dan baik moralnya jika setiap hari cuma disuguhi cerita-cerita atau sinetron-sinetron yang tidak bertanggung jawab.
    Ingatkan pada dunia pendidikan bahwa penemu-penemu ilmu Fisika atau ilmu-ilmu yang lain adalah orang-orang Islam

    Suka

    1. ya, pak aku jg gt knp ya org-org lbh suka sinetron dari pada siaran pendidikan
      pak doain saya ya supaya saya diberi kemudahan dalam menyelesaikan soal-soal unas besok
      amin,,,,,,,,,,,,,,,,,
      karena saya ingin yg terbaik buat masuk seklah sma besok

      Suka

  4. Negeri ini sudah lupa pada betapa pentingnya pendidikan yang berbudi pekerti. Semua menjadi mahal dan didagangkan, buku sekolah tiap tahun ganti meski isinya tidak banyak yang berubah. RAPBN untuk pendidikan dikurangi, mengharapkan TV? yang benar saja, mereka lebih suka menayangkan yang ada uangnya. mereka sangat rakus dan tak peduli, mulai dari iklan, sinetron, film, politik dan lain lain didagangkan…. Untung masih ada guru, meski gajinya kecil tetapi tetap mengabdi pada pendidikan demi masa depan negeri ini.
    Salam Kenal.

    Suka

  5. Kalo tayangan pendidikan itu dipandang semenggiurkan seperti halnya infotainment dan sinetron, saya pikir pengusaha media lambat laun akan melirik ke situ. Namanya juga otak bisnis, yang dicari cuma duit..duit dan duit. Btw, Itu mataharinya gerak-gerak ya? Apa mata saya yang salah…

    Suka

  6. q butuh soal & pembhasan fisika nihhhh……………..
    kirim dong………..
    biar q tambah pinter………….

    amiiiinnnn….

    just click the link for downloading…best regards

    Suka

  7. Semoga dimudahkan segala urusan karena telah banyak membantu yang kesulitan termasuk saya….dan anak – anak saya…. Amin..

    sama-sama Ummi…salam

    Suka

  8. dengan adanya soal dan pembahasan paling tidak bisa menjadi bahan referensi dan pembanding untuk soal yang guru buat di sekolah terutama di daerah

    Suka

  9. aku yang lumayan kesulitan mengerjakan fisika di sekolah karena guru yang gak memahami sistem pembelajaran seperti apa yang murid inginkan .
    semoga dengan mengunjungi situs ini aku bisa menguasai segala hal tentang fisika .
    teman teman disini bantu saya yaaa 🙂

    Suka

  10. guru fisika di sekolahku caranya sangat rumit ! aku ngga’ paham sama sekali…. aku akan belajar terus dan mengunjungi situs ini !

    Suka

    1. Saya buka ada tulisan file is protected enter the password. Saya mau tnya passwordnya atau tidak kirimkan ke email saya soal dan pembahasan yg tidak berpassword trims.

      kok bisa, lainnya bisa buka tanpa password lho, maaf file asli dari pak Yo…salam

      Suka

  11. Salam senyum dari saya
    terimakasih banyak atas tulisannya, semoga bermanfaat untuk kita smua yang membacanya, dan menambah pengetahuan kita semua, sekilahnya bisa saling silaturahmi, silahkan kunjung ke blog saya. terimakasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s