Antri Minyak di Kota Minyak

Itulah Indonesia…..

Saya berkesempatan berkunjung ke Kaltim tepatnya di Balikpapan. Kata teman yang sudah lama ngajar Fisika di SMA 9 Balikpapan, “Selamat Datang di Kota Minyak…”. Saya jawab…terima kasih.

Hari Sabtu jam 11.35 WITA saya tiba di bandara Sepinggan Balikpapan. Di Bandara sudah ada salah seorang pegawai Bandara yg memang menunggu kedatangan saya dan rekan, beliau adalah Pak Sukaryono. Dengan peci putih dan baju gamis putih didampingi putranya yang masih kelas 5 SD, meraka menyambut langsung dan penuh dengan keakraban.

Acara utama di Kaltim, khususnya Balikpapan ini adalah untukmelakukan tes daerah calon santri PPMI Assalaam dari kawasan Kaltim. Acara tes dimulai Sabtu siang-sore berupa tes lisan. Tes tulis dilaksanakan Ahad pagi, dan siangnya melanjutkan tes lisan yang belum selesai.

Ahad malam diajak pak dan bu Anjar MPP Kaltim dan pak dan bu Agus untuk merasakan menu sate ala rm Cairo di kompleks Balikpapan Baru. Minum saja yang baru, jus korma. Usai makan malam lalu istirahat di Wisma Bayangkara depan Rumah Sakit Pertamina.

Senin pagi jalan2 di Balikpapan dan di sana saya melihat orang yang antri minyak…kok aneh, di kota minyak malah ada antrian sekian banyak drum dan panjang juga antrian unuk mendapatkan minyak. Yaa… itulah Indonesia, kata pak Anjar menjawab pertanyaan saya,’kok aneh yaa di kota minyak ada antri minyak..?’.

Sesuatu yang cukup berkesan lagi adalah bisa mengunjungi PP Hidayatullah di kawasan gunung Tembak, dimana saya sholat dhuhur di masjid Ar-Ariyadl dilanjut sedikit ramah tamah dengan asatidz. Bertemu juga dengan ustadz Nasfi (pakai sarung meraj baju putih), salah satu kenalan Kang Muhammad Bahroni (eks. ketua Majelis Syuro Isnet).

Sebelumnya juga sempat mampir di pusat penangkaran buaya dan sempat dibelikan minyak buaya yang katanya obat kulit yang sangat mujarab.

Senin sore check in di bandara Sepinggan dan pulang ke Jawa kembali. Hanya agak macet, karena rencana pesawat ke Jogja start jam 16:30 LT ternyata ditundda sampai dua kali, akhirnya baru jam 5 sore lebih 45 menit waktu indonesia tengah tak off. Mendarat di Adi Sucipto Jogja satu jam setengah dari jam 17:45 WITA atau jam 18:15 WIB, setelah menempuh jarak 1016,54 km berdasar penggarisnya Google Earth…

Sesaat sebelum meninggalkan Balikpapan

Kenangan selama di Balikpapan:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: