Audiosonik x 5 = Jet Hipersonik

Di tulisan saya sebelumnya, saya kupas sedikit perihal mengajarkan Relativitas. Tulisan itu terilhami pertanyaan rekan di salah satu milis bahwa mengajarkan Relativitas membuat anak didik suka menghayal ke dunia yang tak terdefinisi. :))

Tema kali ini bisa lebih membantu, karena sesuai postulat ke-2 Einstein bahwa c = 300.000 km/jam hingga kini belum ada tandingnya. Maka kecepatan suara yang bisa kita buktikan lewat praktikum sederhana (insya Allah, akan saya tulis menyusul), yakni kisaran 340-350 m/s (hasil praktikum siswa MA Assalaam di Lab.), atau sekitar 1224 – 1260 km/jam menjadi modal yang dapat membantu memberikan kemudahan bagi siswa dalam menangkap maksud dua postulat Einstein dan efek dari Relativitas berikutnya.

Secara praktis, saya mengajarkan Relativitas dengan membawa fikiran anak ke dunia di luar. Saya ajak mereka menjauhi dirinya masing, lalu menjauhi bumi, lalu menjauhi tata surya, lalu menjauhi galaksi dan seterusnya. Pola ini diawali dengan menginformasikan bahwa cahaya mampu mengelilingi bumi kl 8 kali selama satu detik.

 Berapa waktu yang diperlukan Jet ini sekali mengelilingi Bumi..? (0,16 s)

Di bawah ini gambar pesawat yang sudah dimuseumkan:

Concorde British Airways (G-BOAC).

Concorde British Airways (G-BOAC).

AérospatialeBAC Concorde adalah sebuah pesawat supersonik satu di antara dua pesawat penumpang supersonik yang pernah melayani secara komersial. Concorde memiliki kecepatan jelajah 2,04 Mach dan ketinggian terbang 60.000 kaki (17.700 meter) dengan konfigurasi sayap delta dan evolusi mesin yang dilengkapi dengan afterburner awalnya dikembangkan untuk pengebom strategis Avro Vulcan. Dia merupakan pesawat masyarakat pertama yang dilengkapi dengan sistem kontrol terbang-dengan-kabel. Penerbangan komersial, dioperasikan oleh British Airways dan Air France, dimulai pada 21 Januari 1976 dan berakhir pada 24 Oktober 2003, dengan penerbangan terakhir pada 26 November tahun itu.

Era Concorde memang telah usai, tapi generasi pengganti ternyata telah disiapkan. Pesawat baru dengan jenis dan desain baru dan kecepatan juga baru. Pesawat ini bernama Jet Hipersonik dengan kecepatan 5 x kecepatan suara yaitu 6400 km/jam (berdasar hitungan di atas, sebesar 6120 km/jam – 6300 km/jam).

Para insinyur penerbangan di Inggris mengumumkan desain pesawat hipersonik yang dapat menjangkau daratan Eropa ke Australia hanya dalam waktu lima jam. Pesawat tersebut akan menjadi moda transportasi cepat melalui udara dalam dua dekade ke depan. Pesawat yang diberi nama A2 itu dikembangkan perusahaan Reaction Engines di Oxfordshire, Inggris selatan. Program pengembangan yang didukung badan antriksa eropa (ESA) melalui poyek LAPCAT (Long-Term Advanced Propulsion Concepts and Technologies) ini diharapkan siap dipakai dalam 25 tahun. “A2 didesain terbang dari bandara internasional Brussel (Belgia), terbang tanpa suara dan subsonik di atas Atlantis utara pada 0,9 mach sebelum mencapai 5 mach di sepanjang Kutub Utara, melalui Pasifik ke Australia,” kata Alan Bond, direktur Reaction Engines seperti dikutip Harian Guardian, Selasa (5/2).

hipersonik.jpg

Desain Jet Hipersonik itu, tanpa pintu jendela

Ukuran A2 sekitar dua kali lipat pesawat komersial dengan panjang 143 meter. Kapasitas penumpang 300 orang dan pesawat dapat dipacu hingga kecepatan 6.400 kilometer perjam atau lima kali kecepatan suara. Ia dapat terbang sejauh 20.000 kilometer tanpa berhenti. Pesawat tersebut berbahan bakar hidrogen. Emisinya berupa air dan nitrogen oksida sehingga ramah lingkungan. Namun, untuk mengatasi panas yang tinggi akibat gesekan dengan udara, pesawat tidak dilengkapi jendela (apa nggak gerah yaa.. eh, sumpek ya..). Sebagai gantinya, mungkin akan dipasang layar televisi untuk mengatasi kebosanan penumpang atau memberi kesan memandang ke luar jendela. Ongkos tiket untuk sekali terbang dari Brussel ke Australia diperkirakan 6.900 dollar AS sekitar Rp 63,5 juta (1 dollar = Rp 9200,-.).

Kapan yaaa … aku bisa naik jet hipersonik ini.

..yang penting belajar dulu…OK

Iklan

3 Tanggapan

  1. saya mendukung sekali dengan tulisan ini..

    Suka

  2. wah manteb tulisannya sob,,,seneng ane bacanya..

    Suka

  3. Waw.. Semoga bisa benar2 tercipta pesawat ini dan kita bisa menaikinya..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: