Atlantis siap diluncur

atlantis_pakarfisika.jpg

 Atlantis, saat landing pada misi terakhir

Badan Ruang Antariksa Amerika Serikat (NASA) tetap bertahan dengan rencananya untuk meluncurkan pesawat ulang-alik ruang angkasa Atlantis.
Menurut para prakirawan cuaca, terdapat kemungkinan hingga 70 persen peluang cuaca hujan, berawan disertai petir pada jadwal peluncuran Atlantis. Perjalanan Atlantis yang bermisikan pengiriman lab ilmiah Eropa Columbus ke stasiun ruang angkasa internasional telah 2 bulan ditunda.

Kerusakan pada sensor bahan bakar mengakibatkan Atlantis dilarang untuk diluncurkan pada Desember 2007. Para teknisi telah bekerja siang-malam dan selama masa liburan untuk memperbaiki kerusakan sensor yang diakibatkan oleh gangguan konektor pada tangki eksternal bahan bakar Atlantis.
Walaupun yakin terhadap hasil perbaikannya, NASA mengakui akan memonitor lebih seksama sensor bahan bakar pada saat proses pengisian bahan bakar Atlantis berlangsung. NASA menjelaskan sedikitnya 3 dari 4 sensor bahan bakar harus beroperasi dengan normal saat tangki Atlantis terisi bahan bakar sehingga pesawat ulang-alik ini dapat diluncurkan. Sensor bahan bakar merupakan sistem keamanan penting untuk menjamin agar mesin utama tidak beroperasi di saat tangki bahan bakar secara tidak diduga kosong selama Atlantis meluncur ke orbit dalam waktu delapan setengah menit.
Columbus yang bernilai 2 miliar dolar AS merupakan lab berteknologi tinggi dan kontribusi utama Badan Ruang Angkasa Eropa bagi stasiun ruang antariksa internasional. Dalam proses produksinya yang memakan waktu 23 tahun, lab Columbus telah mengalami beberapa kali desain ulang serta sejumlah penundaan peluncuran.
Selain mengantarkan Columbus dalam misinya, Atlantis juga akan mengirim seorang penghuni baru stasiun ruang antariksa internasional, yaitu seorang jenderal Angkatan Udara Prancis yang akan menggantikan misi astronot NASA Daniel Tani serta mengoperasikan Colombus. Daniel Tani akan kembali ke Bumi dengan menumpangi Atlantis untuk mengakhiri misinya selama hampir empat setengah bulan di stasiun ruang antariksa internasional.
NASA berupaya keras untuk meluncurkan Atlantis secepat mungkin untuk mempertahankan rencana meluncurkan 6 pesawat ulang-alik pada tahun 2008. Pada tahun 2010, NASA dihadapkan pada tenggat waktu untuk menyelesaikan misi di stasiun ruang angka internasional dan memensiunkan misi pesawat ulang- aliknya.

kompas dot com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: