Hilal 1 Muharram 1429 H

Hilal 1 Muharram 1429 H adalah penanda bagi dimulainya bulan pertama sekaligus tahun 1429 H dalam kelander Islam.

Saya merasa bahagia manakala berhasil melihat Hilal Awal Tahun 1429 H ini. Maka saya siapkan sebuah binokuler, sebuah Digital Camera dan sebuah Digital Camera dengan digital Zooming. Hilal seperti apa sih? Berikut Hilal1 Muharram 1429 H, yang berhasil diabadikan oleh Koord. JAC di Pantai Parangkusumo Jogjakarta, Rabu 9 Januari 2008 jam 6 sore lewat 27 menit.

hilal_muh29_jac.jpg

Ini hasil karya Pak Toha MMC dari RHI-JAC

Rabu 9 Januari 2008 saat sunset atau matahari terbenam merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Muharram 1429 Hijriyah. Di tempat saya, Bendo Ketitang Juwiring Klaten – Jawa Tengah, saya mencoba memburu hilal awal tahu 1429 Hijriyah ini.

Rukyah tidak dilaksanakan pada hari pertama terjadinya ijtimak: Selasa, (8/1) karena posisi hilal di lokasi ini menurut kalkulasi program Starrynight Pro Plus 6, masih di bawah ufuk yaitu minus 1°7′ sehingga mustahil dilakukan rukyat. 

Sementara pada H+1 ijtimak yakni Rabu (9/1) posisi hilal cukup tinggi yaitu 9° 50′ saat matahari terbenam. Observasi saya lakukan sendiri di belakangrumah, namun sampai berkumandang iqomah masjid, kondisi horizon barat tertutup awan tebal, bahkan sampai bulan terbenam berdasar hisab SNPP 6 Hilal 1 Muharram 1429 H Tidak terlihat juga.

Semoga bulan depan berhasil melihat…

Berikut gambar saat matahari beberapa menit setelah terbenam:

1muh1429h_pakarfisika.jpg

Iklan

6 Tanggapan

  1. gimana ya, Indonesia puasa lebih awal, sedangkan negara jiran Brunei Darussalam dan Malaysia lewat satu hari menyambut puasa?????

    Suka

  2. adakah benar hari kiamat 2012?

    Suka

  3. assalamualaikum… saya ingin bertnya, jika pada saat” bulan ramadhan dan saat menentukn hilal tapi ternyta hilal tdk bisa terlihat.. bagaimana dg keadaan seperti itu apkh kita sebg umt islm dapt tetp menjalnkn puasa ramadhan, walaupn hilal tdk bisa terliht dan bagaimna hukumnya..??? wasslm

    menurut syari’at Islam, maka istikmal…jadi puasa bukan besok namun lusa….salam

    Suka

  4. Saya ingin tahu apa bisa alat tsb mendeteksi awal bln ramadhan

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: