WhorkShop Astronomy

whorkshop_astronomi2.jpg Di tengah suasana pemberitaan Media yang masih hangat seputar ‘kekerasan’ di Pondok, santriwati sebagai bagian yang tak terpisahkan dari PPMI Assalaam serasa tidak terusik keberadaannya.

Sejak dibukanya ASIAN Fair oleh Mudir Selasa (21/8) lalu, hingga hari ini seluruh aktifitasnya tetap berjalan lancar. Hanya sanyang media yang diundangpun belum sempat muat beritanya.

Salah satu agenda ASIAN Fair Jum’at malam (24/8) di lantai 2 Kantor Assalaam adalah Whorshop Astronomi. Acara ini diikuti sekitar 100 santriwati yang kebanyakan santri unit MTs.

Tujuan panitia menyelenggarakan acara ini adalah, agar santriwati Assalaam lebih mengenal dan memahami betapa kecilnya ummat manusia ini. Selanjutnya menyadari bahwa Allah sang Kholiq yang Maha Besar dan Maha Kuasa.

Kebesaran Allah dapat dilihat dari betapa luasnya alam semesta ciptaan-Nya ini. Sejak dari kita melihat diri kita lalu kita menengok teman kita lalu melihat seputar kita, melihat tempat kita berada, lalu ke luar gedung, lalu ke luar kota, lalu ke luar pulau dan seterusnya kita diajak untuk melihat dengan mata kepala, bumi kita yang sedang berputar pada porosnya.

Tidak hanya sebatas itu, kita juga diajak melihat bumi kita sebagai bagian kecil dari Tata Surya, lalu kita melihat Tata Surya ternyata hanya setitik di kumpulan bintang yang disebut Galaksi Bimasakti. Bahkan Bimasakti ternyata seberkas debu di Cluster Virgo. Melalui visualisai komputer, seluruhnya terasa nyata dan seluruhnya berputar serasi.

whorkshop_astronomi1.jpg Sebelum berakhir, seluruh peserta diajak untuk bersiyahah / berwisata ke Bulan yang saat itu berada di rasi Sagittarius. Setelah menempuh perjalan sejauh 381.660 km antara Bumi-Bulan, lalu tibalah semuanya dipermukaan Bulan, tepatnya di Mare Transquilitatis tempat Neil Amstrong menginjakkan kaki pertama di sana.

Dari sana kita melihat bumi kita ternyata memang kecil tapi indah, laksana “The Giant BlueBerry”…

Ya Allah, Engkau Maha Besar, Engkau Maha Agung. 

Iklan

Satu Tanggapan

  1. sekali kali bikin workshop di mojokerto dong Pak . Tempat saya bekerja juga di MTsN Mojokerto, atau kalau bisa pinjam software nya dong Pak biar saya demo ke anak-anak untuk pengenalan Astronomi.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: